Mon. Dec 5th, 2022

Banyak sekali yang menanyakan kepada tim dari advokatkita.com mengenai “bagaimana cara cerai paling cepat di Pengadilan Agama?”, ada juga yang menanyakan “mengapa ada orang yang dapat menyelesaikan proses persidangan dengan cepat, namun ada juga yang menyelesaikan proses persidangan dengan waktu yang relatif lama?”. Sebenarnya jika kita mengacu kepada hukum acara peradilan, disana tidak terdapat jalan pintas, karena memang semua prosedur mengenai proses persidangan di pengadilan terkhusus untuk perkara perceraian semuanya telah ada aturannya.

Namun mesikipun demikian, kali ini kami akan membahas mengenai hal apa saja yang dapat mempercepat proses persidangan, terkhusus untuk perkara perceraian.

  1. Perhatikan Alasan Perceraian

Perceraian yang berlangsung dengan lama atau bahkan dapat ditolak oleh hakim dapat disebabkan oleh alasan perceraian yang digunakan oleh para pihak tidak sesuai dengan alasan perceraian yang sesuai dengan peraturan undang-undang. Misalnya pasangan suami istri yang saling bertengkar, dan mereka memutuskan untuk pisah ranjang selama 2 (dua) bulan, lalu dengan latar belakang permasalahan tersebut salah satu pihak memutuskan untuk mengajukan perceraian, maka sudah dipastikan bahwa pengajuan gugatan atau permohonan tersebut tidak dapat di proses.

Lalu, apa saja alasan-alasan perceraian yang dapat diterima dan sesuai undang-undang tersebut? Sesuia dengan Kompliasi Hukum Islam Pasal 116 dan pasal 39 ayat 1 UU No. 1 / 1974, disana menerangkan bahwa alasan perceraian antara lain:

  • Suami atau istri terbukti sudah melakukan aniaya seperti: zina, mabuk-mabukan, berjudi dan lainnya.
  • Suami atau istri telah meninggalkan anda selama dua tahun berturut turut tanpa ada keterangan atau argumen yang jelas.
  • Suami atau istri dikenai sanksi penjara selama lima tahun.
  • Suami atau istri melakukan kekerasan secara fisik maupun non fisik.
  • Suami atau istri tidak bisa menunaikan kewajibannya dikarenakan cacat fisik.
  • Terjadi percekcokan terus menerus tanpa menemui jalan keluar.
  • Suami telah sengaja melanggar shigat talik talak sesuai yang diucapkannya saat ijab kabul.
  • Suami atau istri berpindah agama atau murtad yang menyebabkan rumah tangga menjadi tidak harmonis. (Pasal 116 Kompilasi Hukum Islam jo Pasal 19 PP No 9 tahun 1975)
  1. Membuat Surat Gugatan atau Permohonan dengan benar

Hal mendasar yang biasanya di jadikan kendala adalah surat gugatan atau permohonan tidak dibuat dengan benar. Buatlah surat permohonan atau gugatan tersebut dengan teliti, hindari kesalahan ketik, maksud dari gugatan atau permohonan kabur, atau kesalahan lainnya, agar nanti ketika anda mendaftarkan perkara atau bahkan dalam persidangan berjalan dengan lancar. Untuk membuat surat gugatan atau permohonan anda bisa membuatnya sendiri, atau anda juga bisa langsung mendatangi Pusat Bantuan Hukum di Pengadilan Agama di tempat anda tinggal.

  1. Sidang Tanpa atau Tidak dihadiri oleh Tergugat atau Termohon

Jika anda sebagai suami dan ingin mengajukan perceraian, maka anda disebut sebagai pemohon, sedangkan istri anda disebut sebagai termohon. Lalu, jika anda istri ingin mengajukan perceraian, maka anda disebut sebagai penggugat, dan suami anda disebut sebagai tergugat. Jika pihak dari Tergugat atau Termohon tidak hadir dalam persidangan walaupun sudah ada surat panggilan dari pengadilan, maka majelis hakim bisa langsung memutuskan perceraian dalam sidang pertama. Istilah putusan tersebut dalam dunia hukum disebut dengan putusan verstek. Meskipun hakim bisa memutuskan pada sidang pertama, namun biasanya majelis hakim akan memerintahkan juru sita untuk memanggil kembali Tergugat atau Termohon satu sampai dua kali, apabila dari panggilan tersebut Tergugat atau Termohon masih tetap tidak hadir, maka majelis hakim akan memutus perkara tersebut.

Namun, jika memang pihak dari Tergugat atau Termohon hadir dalam persidangan, maka proses persidangan akan panjang, akan ada proses-proses lain seperti sidang mediasi, replik, duplik pembuktian dan lain sebagainya.

Namun, jika anda ingin lebih mudah mengurus semua proses persidangan, seperti mengurus administrasi, datang ke persidangan, mengambil akta cerai, dan lain-lain, kami sarankan agar anda menggunakan jasa advokat pengacara.

Baca Juga: KISARAN BIAYA MENGGUNAKAN JASA ADVOKAT PENGACARA

Demikian yang bisa kami informasikan mengenai cara cerai paling cepat di Pengadilan Agama, pada akhirnya semua proses persidangan di pengadilan akan berjalan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.

Salam Hangat Advokat Kita .Com

By AdvokatKita

Kini hadir di tengah-tengah anda untuk membantu memberikan Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami siap membantu anda menyelesaikan permasalah hukum anda seperti Masalah Perceraian, Hak-hak Bekas Istri, Nafkah, Hak Asuh Anak, Pembagian Harta Gono Gini, Waris, Izin Poligami, Itsbat Nikah, Dispensasi Nikah, Pembatalan Nikah, Wali Adhol, Sengketa Wakaf, Wasiat, Hibah, Sengketa Ekonomi Syariah dll.

183 thoughts on “Cara Cerai Paling Cepat di Pengadilan Agama”
    1. Jika saya istri yang digugat.dan kita nikah secara Kristen saya dipukul oleh suami dan suami yang menggugat saya dan saya ingin minta uang nafkah dan uang psikis karena saya dipukuli didepan umum,dan biasanya pengadilan mengabulkan berapa nominalnya

  1. Sya penggugat sudah trus menerus datang sampai sidang yg kedua. Tpi sidang yg pertama dan yg kedua,tergugat tidak datang jg.

    Untuk alasan sya bercerai,saya di tuduh/di fitnah dan ia minta cerai. Yg jd pertanyaan,Apakah untuk sidang yg ketiga bisa dikabulkan permohonan sya untuk bercerai sesuai alasan sya?trmksh

      1. Maaf pak mau nanya,saya kpengin ngurus cerai,sedangkan saya sudah berpisah selama 6 tahunan,aq gk ngasih nafkah buat istri,tpu saya ngasih nafkah buat anak,saya kpengin pisah dari istri karena istri sering selingkuh,

    1. Salam hormat Bapak/ Ibu,,
      Saya minta solusi dan jalan keluar dari masalah saya,, saya bercerai sama mantan suami saya sudah lama -+ 6 tahun, tapi dulu kita belum sempat membuat akta perkawinan, dan kita resmi cerai sampai di adat saja,(kebetulan saya orang bali). Dan mantan suami saya sudah menikah lagi sekitar 4 tahun lalu, tapi pihak dia tidak ada mengurus surat cerai di sipil, dan sekarang saya baru menikah dan ingin membuat akta nikah sama suami saya, tapi harus ada akta cerai, bagaimana ini cara nya? Apa bisa tanpa melibatkan kluarga mantan suami saya buat??

      1. Jika buku nikah hilang apa dibutuhkan surat lapor hilang di kepolisian untuk meminta Register Kutipan Akta Nikah ke KUA tempat dulu menikah.

  2. Saya ingin bertanya. Kemarin saya mengajukan gugatan cerai kpd suami sy, apakah panggilan yg pertama saya harus membawa saksi? Berapa saksi yg harus sy bawa?? Terimakasih

    1. Saya sudah berpisah selama kurang lebih 7tahun. Suami saya pergi keluar negeri dan tak pulang2,, akhir2 ini saya mendengar kabar dy sudah menikah lg dengn perempuan lain..
      Saya ingin mengajukan surat cerai ke pengadilan agama tp saya tidak tahu bagaimana caranya.. Dan saya sama sekali tidak mempunyai surat pernyataan pisah seperti org bilg surat cerai sepotong. Mohon solusinya?? Terimakasih

  3. Saya memasukkan gugatan cerai 1 bulan yang lalu, apabila saya tidak bisa hadir dalam sidang dan suami saya juga tidak bs hadir, apakah bisa di dapat putusan cerai, dgn kasus sudah lama tidak pernah dinafkahi, pertengkaran yang terus menerus dan dia kabur 6 bulan yang lalu.

      1. Selamat sore….saya mau tanya,saya sudah d tinggal sama suami saya hampir 2 tahun ini…..sya menikah dengan suami saya 2 kali…maksud menikah 2 kali,pertama sya dan suami saya menikah secara muslim,tapi setelah kita berumah tangga selama 4 tahun saya pindah kenyakinan (kristen )dan kami menikah d gereja tapi kami belum bikin surat d catatan sipil,trs bagaimana caranya kalau mau urus perceraian nya

  4. Pak, saya mau tanya nih…saya ingin menggugat cerai istri saya..krna saya slalu dipermainkan, dibohongi, diselingkuhi dgn laki2 lain. Saya udh ga tahan krna saya slalu mengalah dan slalu bersabar… Menghadapi istri saya yg mempunyai sifat egois. jika saya melarang istri pasti’x diabaikan trus. Saya udh tahu smua kebusukan istri saya. Selingkuhan’x dia tmn krja’x…dan sering bohong jika minjam uang ga prnh konfirm ke suami. Stlh ada yg nagih ke saya tentang utang istri. Saya pun ga tau prmasalahan’x.. krna ke dua belah pihak ga ad konfirmasi ke saya. Dan yg paling saya benci jika pinjam uang ke rentenir alasan’x slalu bw2 nama.saya/saya jd dibikin jelek nama’x. sampai saya prnh ribut SM rentenir dan dikatain anjing oleh rentenir itu. Dan prnh juga saya dibilang oleh rentenir yg lain. saya ga prnh kasih uang blanja ke istri. Sakit hati banget pas denger’x. Padahal setiap hari slalu saya kasih uang untuk blanja. Kira2 alasan itu cukup kuat ga untuk menggugat cerai istri saya. Bls

  5. Apakah istri berzina itumasih mendapatkan biaya iddah dan apakah seoeang istri itu bisa menuntut biaya hidip sedangkan sufminya masih dalam proes mencari nafkah ( USAHANYA BELUM ADA YG MENGHASILKAN

    1. Malem pak saya mw tnya apa bisah beercrai tnpa buku nikah n saya gk mberikn buku nikah k istri saya allasan krna saya ingin memperthkn perkhn saya alasan ke dua gak mw bercerai krn gmn nasib anak saya nanti cooalyya dr balita umur 2 bln anak saya aku bwh n saya juga yng merawat ya hingga sekarngg berumur 4 thn ini n istri saya sekalipun ngk mw mnjenguk y gmn mnrut anda coal mslh yg saya alami ini n gmn solusi y

  6. saya mau tanya.
    saat sidang pertama pihak suami tidak hadir .
    dan saat akan sidang ke 2 . pihak suami akan datang dan akan melawan saya d pengadilan .
    yg saya mau tanyakan .. bagaimana cara melawan suami saya d pengadilan ?? sedangkan suami saya tidak mau bercerai .
    dan mengancam akan menggagalkan perceraian??

    1. di sidang kedua nanti akan ada agenda mediasi, yaitu upaya untuk mendamaikan kedua belah pihak.
      Yang akan memutuskan putusnya perkawinan nanti adalah hakim, yang didasarkan pada kronologis serta bukti bukti saat persidangan.

      1. Saya ingin bertanya pak,apakah bisa saya menggugat cerai suami atas alasan saya menikah karna perjodohan,dan saya benar2 tidak mengingin kan pernikahan ini,dan ketika umur pernikahan kami baru berusia 10 hari,saya yang pergi menonggalkan rumah,atas alasan saya sudah tidak tahan,karna saya benar2 merasa tidak knl dengan org yang skrng ini sudah menjadi suami,pertanyaan saya apakan saya masih bisa menggugat pihak lelaki,dan bagai mana caranya..

  7. assallammuallaikum wr wb

    saya ingin bertanya bagaimana cara mengetahui surat talak itu bakal keluar atau sudah ada surat talak

  8. Mau tanya pak, Saya sudah pisah hampir 6 tahun.Tanpa nafkah lahir bathin. Anak umur 8 tahun dengan saya. Apakah bisa proses cerainya cepat ya..
    Terimakasih…

    1. Pak saya mau tanya brpa kira2 biaya yg harus sy sediakan karna sy mau gugat cerai istriku ….dan surat2 apa yg harus sya bawa ke pengadilan

  9. Saya mau tanya…saya mau gugat suami krna gk nafkai lahir batin.ap prosesnya bisa cepat..trus ap perlu pkai saksi…ap saya perlu datang juga

  10. Salam hormat’izin bertanya: siapakah yg dimaksud dengan atasan PNS sebagai tergugat dalam hal yg bertanda tangan pada surat keterangan atas pemberitahuan adanya surat gugatan perceraian,apakah Kasi,Sekdin/kepala dinas apakah BKD/Bupati?trima kasih

  11. Mohon maaf, saya ingin bertanya. Dalam proses gugatan, apabila penggugat tidak hadir sampai 2x apakah namanya akan blacklist otomatis oleh instansi terkait kemudian sudah tidak bisa mengajukan gugatan lg sampai kapanpun?
    Dalam hal ini proses belum sampai ke pengadilan tp di KUA (meminta surat pengantar) tp oleh pihak KUA disarankan untuk mediasi terlebih dahulu. Terima kasih

  12. Salam hormat. Mau tanya kalau alasan gugat cerai saya ke suani karna dia sudah sering bersikap kasar bahkan pernah pukul saya dan hingga saat ini saya sering di ancam untuk pukul saya. Kami sering bertengkar jadi saya merasa suami saya tidak benar-benar mencintai saya dan saya merasa tidak bahagia dengan pernikahan kami. Usia pernikahan kami 7th 10bln dan hingga saat ini kami tidak mempunyai anak. Apakah dengan alasan2 di atas bisa diterima majelis hakim?
    Mohon penjelasannya.. Terima kasih.

  13. Bok/Ibu tim advocate yg terhormat. Mohon penjelasannya. Saya menggugat cerai isteri atas dasar peselingjuhan/zinah. Bukti yg saya miliki chat antara isteri dan selingkuhan nya yang berisi tentang persetubuhan merekamereka berikut pengakuan isteri yang saya rekam dg smartphone. Saya juga memperjuangkan hak asuh anak. Apakah bukti saya tersebut memadai utk memenangkan gugatan., terimakasih atas kesediaan Bapak/Ibu menjawab pertanyaan Saya

  14. penggugat (istri) minta cerai alasannya mengada-ada, terjadi cekcok hebat, padahal kehidupannya biasa-biasa saja, jarang cek-cok. di telisik istri punya Pria Idaman Lain (PIL). bagaimana supaya suami bisa mempertahankan biduk rumah tangganya.

  15. saya mau nanya saya mau menggugat suami saya karna kdrt (kena pukul)
    bagaimana kalau saya tidak hadir hanya advokatnya saja
    lalu apa saja syarat untuk menggugat suami

  16. hallo selamat malam , maaf menganggu ^^ saya ingin bertanya soal perceraian yang sudah berlangsung lama tetapi tidak kunjung selesai , itu alasannya apa ya bosku ?

    begini masalahnya , kedua pihak sudah setuju untuk melakukan pengajuan ke pengadilan , sementara pihak laki2 yang memberikan biaya , dan benar pihak perempuan sudah mengajukan , namun sudah 3 bulan berjalan ,, pihak wnaita mengatakan mereka memilih proses sidang 4 bulan dan akan putus dalam 1 x sidang
    Tiffany
    namun itu tidak benar , kami sudah menunggu hingga 4 bulan , pihak wanita tidak ada kabar sama sekali , bahkan surat panggilan juga tidak kunjung datang ini sudah bulan ke 7 hal ini tak ada ujungnya ,, malah si pihak wanita di kabarkan telah pergi ke luar negri untuk bekerja
    sudah bulan ke 7 1 surat panggilan dari pengadilan tidak kunjung datang juga ke pihak laki laki
    pihak wanitya terbang ke luar negri seakan ingin memperlambat dan menunda hal ini
    tolong solusinya

    sementara kami sudah ke pengadilan dan bertanya jelas sudah terdaftar
    tetapi mengapa hal ini tidak ada ujungnya 🙁
    kedua pihak memang tidak pernah hadir ..
    mohon bantuannya bosku

  17. Apa bisa perempuan menggugat cerai suami alasan nya suami tidak memenuhi tanggung jawab dan saya sudah merasa tidak cocok… Makasih

  18. Saya mau tanya, saya sudah ditalak 1 sma suami , dan masa saidahnya sudah berakhir, dan saya mau ngurus suratnya, kebetulan ktp blm dirubah masih status lajang dan saya jg blm bikin kk karna saya blm pny anak. Pertanyaan saya mengurus suratnya apakah harus dipengadilan agama atau hanya bisa diKUA. Terimakasih

    1. Selamat pagi Bapak/Ibu Advokat yang terhormat,

      Mohon maaf mengganggu waktu nya, begini Pak/Ibu; Saya seorang Ibu dari dua orang putri. Saya menikah pada Bulan Mei 2010. Kehamilan pertama pada bulan September dan melahirkan putri pertama pada bulan Juni 2011. Tahun pertama pernikahan kami baik baik saja hingga tahun ke – 6. Ketika usia pernikahan kami mulai menginjak usia tahun 2017 (tahun ke – 7) yaitu bulan April pernikahan kami sudah mulai dibumbui percekcokan. Awal dari perselisihan antara saya dengan suami adalah sejak awal April tahun tersebut ketika pemilu akan berlangsung dimana suami saya ditugaskan menjadi panwas dalam pemilu tsb. Saya pernah mendapatkan chat antara suami saya dengan perempuan lain yang bertugas sebagai panwas juga pada RT dan RW berbeda tapi kelurahan nya sama. Karena saya tidak pernah terpikir bahwa mereka akan melakukan hal hal lebih jauh jd saya abaikan dan saya tepis hal hal buruk yg terbesit dlm pikiran saya. Beberapa bulan berikut secara tidak sengaja tetiba saya ingin sekali meraih handphone suami saya di atas kasur. Waktu itu adalah bulan ramadhan (bulan puasa) saat subuh setelah selesai sahur. Begitu saya cek ternyata chat itu adalah chat yang diterima dari perempuan itu lagi, saya gemetaran n hati berkecamuk ga karuan. Isi chat itu adalah “halo Abang sayang, Abang lagi ngapain?” . Terbesit dalam otak untuk bertanya ttg hal itu lgsg kepada suami tp saya takut karena saya ga mau adu argumen atau ribut didepan kedua putri saya. Belum juga saya tanyakan hal itu kemudian masuk lagi chat terbaru dengan foto perempuan itu hanya mengenakan handuk putih dalam keadaan rambut basah dan sedang duduk di atas kasur seolah foto itu memang benar benar dipersiapkan untuk dikirim ke suami saya dengan senyum dan seperti sedang berada dikamar hotel. Hati saya memanas lalu saya langsung terperanjat dan menanyakan hal tsb kepada beliau. Apa maksud dari semua ini? Beliau coba menjelaskan dengan muka kaget dan bingung seolah bertanya bgmn bisa saya bs mengetahui hal ini. Beliau menjawab dengan terbata bata seolah ingin mengatakan sesuatu hal tp bingung apa yg harus disampaikan. Beliau bilang itu teman dari panwas. Lalu saya tanyakan kalau teman kenapa harus panggil sayang dan kirim foto seperti itu? Beliau menjawab lagi dengan gugup. “Kalau qm ga percaya tanya langsung aja orangnya” saya bilang kenapa harus saya yang bertanya ttg hal itu. Jelas jelas itu dikirim ke no kamu. Bodohnya saya karena kepanikan dan tkt suami saya marah, foto itu lgsg saya hapus. Suami saya coba menenangkan saya dengan kalimat ya sudah sini q yang chat dia. Saya ngotot kepada suami untuk video call supaya saya bisa lihat bagaimana reaksi dan ekspresi nya ketika suami saya tlp. Suami saya bilang janganlah nanti dia bisa ribut sama suaminya kalo q tlp video call. Akhirnya saya bilang ke suami, chat lgsg hub dia apa mksd tujuan dia kirim chat dg foto itu? Tapi suami saya malah chat seperti ini dengan tangan gemetar. Beliau chat Bu jangan chat begini istri saya jadi marah n nanti saya jd ribut. Saya tlp perempuan itu lalu saya bilang kenapa anda chat suami saya seperti ini? Lalu dia jawab tanya suami u dulu jangan kegeeran. Lah pikir saya berarti ini kedua belah pihak seolah sering interaksi atau komunikasi. Keesokan harinya saya minta kepada suami saya untuk bertemu lgsg dg perempuan itu tapi suami saya lgsg marah dan melotot. Beliau bilang kenapa jd perpanjang urusan sepele seperti ini? Kalo kita kerumahnya nanti suaminya marah terus kita digugat gimana? Lah koq suami saya aneh kenapa jd kepikiran kalau kami akan digugat? Itu seolah menandakan mereka memang ada hubungan kan. Akhirnya saya memutuskan untuk meminta pisah dari suami saya karena saya ga bisa menerima penghianatan ini. Suami saya minta maaf dan berjanji tidak akan lagi berhubungan dg perempuan itu. Beliau bilang kasihan anak anak lalu kita berpisah. Lalu saya seolah dihipnotis lgsg diam dan memaafkan hal tsb. Bulan bulan berikut kami mulai tenang hingga awal tahun 2018. Bulan Januari 2018 mulailah kembali chat itu berlangsung berangsur. Saya ribut terus dan seperti biasa suami saya bisa menenangkan hati saya seolah tidak tejadi apa apa dan saya memaafkan suami saya lagi ketika saya memutuskan ingin berpisah. Tahun berikutnya yaitu tahun 2019 terus berlangsung dan berlangsung hingga awal tahun ini pada Januari tryata mereka masih berhubungan dan kontak melalui handphone saya. Menurut pengakuan suami saya handphone yang di miliki nya hilang sebanyak 2 kali. Saya masih percaya karena saya berpikir namanya musibah mau apa lagi. Tapi hal itu terus saja masih berlanjut hingga skrg dan kali ini saya benar benar sudah tidak bisa mentolerir hal itu selama bertahun tahun. Saya hanya perempuan biasa yang memang tidak memiliki apa apa selain harta saya yang paling berharga yaitu kedua putri saya. Saya ingin bercerai, hanya saja saya tidak memiliki uang untuk melakukan gugatan cerai. Saya sama sekali tidak memiliki tabungan. Apakah hal ini bisa dijadikan bukti kuat untuk menggugat cerai suami saya Pak/Ibu? Saya tidak mau psikis anak anak saya terganggu karena kedua orangtuanya selalu ribut. Saya ingin mengajukan perceraian tapi seolah kaki saya dirantai untuk tetap disini. Seolah ada sesuatu yang mengikat kaki dan mulut saya untuk melakukan dan mengajukan gugat cerai kepada suami saya. Saya benar- benar sudah tidak bisa mempertahankan rumah tangga ini. Saya mohon penjelasan beserta jawaban yang bisa membantu saya untuk melakukan gugat cerai ini.

      Hormat saya,

      Nur

  19. selamat siang, sy mau tanya jika keluarga istri mempersulit memberikan surat nikah asli, apakah bisa suami lapor kehilangan supaya bisa ambil duplikat di KUA ?
    syarat lapor nya apakah harus di polsek yg se daerah dengan KUA ?

  20. Salam.pk
    Sy mau nanya,bisa kh ajukan gugatan cerai suami,dipengadilan agama daerah lain????misalnya nikahnya disamarinda,nah penggugat dimakassar..terima kasih

  21. Mohon maaf, saya mau tanya, saya dapat undangan sidang 2 x, saya tidak datang. Yg mengantar surat sidang adalah juru sita. Pada saat ke rumah saya yang menemui suami siri saya. Apa saat sidang akan di permasalahkan juga oleh hakim keberadaan suami siri saya? Sedangkan di dalil-dalil permohonan pemohonan hanya mengenai hutang piutang bukan karena pihak ketiga

  22. Ass
    Pa saya mau nanya kmren saya masukan gugatan cerai kepada suami saya,nah sidang pertama mediasi trus nanti sidang lagi tgl 6 saya tetap bersikukuh ingin bercerai karna sering selisih paham kira2 bakal brp kali sidang lagi ya pa

  23. Asalamuakaikum. Mohon bantuannya..
    Saya ingin menggugat cerai suami saya . Alasanya karna kami sering cecok sudah tidak sepaham segala hal jadi jalan kami bertengkar dia seorang pemabuk juga. Tapi sampai saat ini saya dan anak saya masih di beri nafkah hanya saja tidak tinggal bersama. Apakah jika seperti itu saya bisa tetap mengajukan gugatan cerai terhadap suami saya. Saya sudah sering kali kecewa dengan sikapnya . Perselingkuhan”nya. Saya ingin mulai hdup baru sendiri dengan anak saya. Dan jika bisa alasan apa yang mungkin saya ajukan?? Mohon bantuannya

  24. Pak gimana klo istri menggugat,dgn alasan yg gak sesuai fakta,seperti sudah d mediasi oleh pihak kluarga tp g berhasil,padahal blm sama sekali
    Sy d bilang sudah ikrar talak lebih dari 5kali
    Padahal sekalipun blm pernah mengikrarkn talak,mohon penjelasanya,terimakasih

  25. Assalamualaikum warohmatuwlohi wabarakatu
    Maaf pa saya Mau bertanya apa kah bisa perceraian di wakilkan oleh pihak keluarga ayah atau kakak2 laki2 saya .sedangkan saya posisi bekerja di luar negri suami sudah lama tak kasih saya napkah lahir batin bahkan dia sudah menikah lagi dengan wanita lain Maknya saya pergi ke luar negri

  26. Suami saya berulangkali selingkuh saya mengetahui dr sms dan pernah orabg tua si cewek datang juga kerumah, akan tetapi suami saya tdk terus saja selingkuh dengan bergantingan pasangan, suatu hari saya membaca oesan di wa dr si cewek kemudian saya foto, aoa foto chattingan itu bisa digunakan sbg bukti perselingkuhan jika saya mengajukan cerai ?

  27. Selamat sore,
    Maaf menggangu saya ada permasalahan tentang perceraian saya baru menikah tapi antara saya dan suami saya selalu selisih paham dan prinsip jadi dalam rumah tangga kami tidak ada ketenangan jadi kami memutuskan untuk bercerai atas keinginan saya dan suami saya meng iyakan bagaimana caranya agar kami bisa cepat menyelesaikan percerian dengan cepat kami baru menikah belum ada 2 bulan pernikahan kami

  28. maaf pak mw tny klo misalkn istri sbg penggugat dn suami sbg tergugat dn pd wkt persidangan kami berdua hadir apa sidangnya berlarut2?

  29. Dengan hormat.. Saya ingin mengajukan perceraian tp krn berhubung lokasinya jauh dr tempat tinggal istri dan istripun tidak mau diceraikan padahal saya sudah tidak nyaman karena sekian tahun selama 10 tahun hidup berumah tangga tidak serumah dan sudah dicoba untuk diajak tapi istri kuu lebih senang tinggal di rumah ibunya atau daerahnya.. Yang ingin saya tanyakan apakah bisa dalam hal ini diserahkan langsung k advokat tanpa dihadiri penggugat?.

  30. pemisi, saya mau bertanya soal cerai talak. dalam proses di Pengadilan Agama jika mengajukan percraian, letak talak satu dan talak dua pada sidang keberapa ya ? soalnya tidak ada keterangan talak satu atau dua, saya hanya menemukan ucapan ikrar talak di akhir saat tidak dapat di damaikan.

  31. Saya mau bercerai dengan suami saya tapi saya binggung karna alasan yang kurang tepat. Saya nikah dengan suami saya karna terpaksa karna saya telah meminta uang 10 juta lebih sebelum menikah dan saya pinjamkan ke tante saya. Setelah beberapa bulan saya mnta uang nya di kembalikan tpi tante saya bilang gk ada utang sama sekali. Akhir nya saya terpaksa menikah dengan dia karna tidak bisa mengembalikan uang tersebut. Saya udah capek berbohong seperti inii.. Saya binggung apa yg harus saya lakukan…

  32. Sya mau tanya klo cerai nikah ya di salatiga dn skrg domisilin istri ikut suami di kota cerbo apa bisa pngajuan gugt/pngadilan cerbon mas….

  33. Klau istri yg berselingkuh Dan Dia Pulaski yg pergi tinggalin saya suamix Dia lbh milih tnggal Di rmh orng tuax apkah kta msh wajib kita biayain n ap kah kta bs mnta hak asuh atas Anak2 sy sepenuhx???
    Terimakasih. Wassallam.

  34. Selamat pagi tim advokatkita, saya sudah ditinggal suami hampir 3 tahun, selama berumah tangga hanya diwarnai pertengkaran, beberapa bulan yg lalu dia mengirim surat talaq lewat email, tetapi isi surat talaqnya hanya ditanda tangani tanpa bermaterai, saya tidak tahu keberadaan dia. Kalau saya mau mengajukan gugatan cerai resmi ke pengadilan agama, proses yang paling cepat gimana ya? Dia wna, mohon penjelasannya. Terima kasih

  35. Assalamualaikum pak mau tanya kalau suami yg ajukan dengan alasan istri selingkuh,tdk plng krmh,trs alasan itu tdk diterima sama istri,karena yg selingkuh suami,istri bawah bukti2 .sedangkan yg salah suami dan bawah pengacara,apakah istri bisa meminta haknya,jg hak asuh anak gt terimakasih pak assalamualaikum

  36. Assalamualaikum pak mau tanya kalau suami yg ajukan dengan alasan istri selingkuh,tdk plng krmh,trs alasan itu tdk diterima sama istri,karena yg selingkuh suami,istri bawah bukti2 .sedangkan yg salah suami dan bawah pengacara,apakah istri bisa meminta haknya,jg hak asuh anak gt terimakasih pak assalamualaikum

  37. Maaf mau nanya..dalam sidang perceraian haruskah ada saksi…klo tidak ada saksi bagaimana ???bisa di putuskan atau tidak

  38. Saya mengajukan gugatan cerai… Gimana cara cepat tuk dapat keputusan… Istri saya selingkuh… Saya kerja sopir… Apakah bisa cepat prosesnya… Gimana cra cepat proses perceraian tersebut…

  39. Jika tergugat sdh tdk pernah hadir sejak sidang kedua atau stlh mediasi, apakah sdh pasti di verstek? dan apakah putusan verstek akan selalu memenangkan pihak penggugat? mohon bantuannya. terimakasih 🙂

  40. Saya mau tanya,
    Saya dibilang baru menikah, saya mendapati istri saya tidak perawan lagi pada saat mlm prtama. Jd saya meninggalkan istri saya, jd apa alasan saya yg pas untuk bisa diterima hakim . Mohon pencerahnya

  41. Pak saya sudah,lama menikah dalam pernikahan di awal2 suami saya ketahuan selingkuh dan pas saya hamil dia malah ber zinah dan menelatar saya sama anak saya dia lupa malah sama selingkuhan nya setelah anak saya besar pun masih sampe belum sadar2 punya anak yg ke 2 ini sekarang malah ngk jujur dalam ke uangan nya ngasih semau nya saya mau gugat cerai pak karna selalu ribut trus selama 12 tahun ini

  42. saya menggugat cerai suami saya,,,,karena kami selalu terjadi perselisihan dan pertengkaran,saya sudah tidak tahan hidup dengan dia,dia meminta saya yang mengurus semuanya,hampir setahun pisah rumah dan tidak dinafkahi lahir maupun batin,dari PA meminta Akte anak,tp ditahan sama suami,dan di persidangan yang pertama dia mau hadir dan mau mengacaukan semuanya/mempersulit,dia mau mengatakan bahwa gugatan saya tidak ada yang benar,kira2 langkah bagaemana yang harus saya lakukan agar jaksa tetap mengabulkan permohonan saya,terimakasih

  43. Mau tanya.. Jika suami dipenjara 15 thn.. Sdh berjalan hmpir 5 thn.. Apakah boleh mengajukan perceraian? Spy proses tdk berbelit2..krn sata yg mencari nafkah skr.. Apakah bisa cepat putusan turun.. Saya tdk mampu byr pengacara? Posis suami di sel kalimantan dan saya dijkt…harus mengajukan gugatan dimana? Trus kmi punya rmh atas n as ma berdua..bagaimana dgn rmh tsbt?

  44. Jika suami terbukti selingkuh dan saya tidak mau melanjutkan pernikahan kami,berarti kalo mau cepat pakai jasa advokat ya?

  45. Selamat pagi, saya ingin bertanya apakah saya bisa membuat surat cerai tanpa di hadiri pihak yg tergugat. Karena kami sudah lama berpisah surat cerai belum kami urus

  46. Yth Bpk/ibu Advokat kita…sya ingin mengurus surat cerai,prosedur dan syarat2nya apa saja.kronologisnya pd thn 2013 sya menjatuhkan talak cerai kpda istri,seminggu kemudian si istri pergi diam2 tnpa kabar hingga thn 2018 meninggalkan sya dan anak yg pd saat itu berumur 1thn 6 bln….tnpa komiunikasi,tnpa kbr,tnpa ada pebicaraan antara pihak klrga istri. baru2 ini dpt kbr dr medsos bhwa istri sdh menikah sirih,yg saya pertanyakan apakah hakim akan memutuskan cerai dan apakah hak asuh anak akan tetap ke saya ( suami ) krna sejak istri pergi sya yg merawat anak. dan apakah proses percerai lsg terkabulkan..krna saya baru skrg bs urus surat perceraian utk kepentingan ke depaanya sang anak.terima kasih atas waktunya.

  47. Selamat siang pak,
    Saya mau tanya untuk proses perceraian yg sudah disetujui kedua belah pihak [22nya sudah sepakat untuk bercerai] bagaimana prosesnya
    Terima kasih

  48. Saya ingin nanya saya kan mau ceraikan istri tp istri saya di sleman jogja dan saya d magelang ,,apa saya bisa ngurus di magelang????

  49. Assalamuaikum..
    Saya mau bertanya.kemaren saya dapat surat pemberitahuan putusan.itu maksutnya apa..kalau tidak hadir bagaimana..dan sidang ke 1 ke 2 tidak hadir..apakah udah selsai ..tinggal tunggu surat panggilan untuk pengambilan surat cerai..kita sudah sepakat untuk cerai.dari pihak saya gak hadir.yang mengajukan pihak suami.apakah ini termasuk sudah selsai..terima kasih

  50. Mohon solusi pak, saya ingin mengajukan cerai tetapi di kota kami tidak Ada pengadilan Agama .Menurut bapak langkah apa yg harus saya ambil,

  51. Saya mau tanya, saya dan anak saya sudah tdk dinafkahi selama 1 tahun oleh suami saya, padahal suami saya mampu. Lalu saya mendesak dia untuk mengurus cerai ke pengadilan, tapi dia takut saya minta hak uang masa Iddah dan hak nafkah yang layak untuk anaknya sendiri. Sekarang dia mau ngurus cerai tapi menggunakan (calo), pertanyaan saya pak, apakah jika suami saya mengurus menggunakan CALO saya tdk bisa mengambil hak uang masa Iddah saya, dan tdk bisa menuntut nafkah yang layak untuk anak saya? Dan apabila suami saya mengurus perceraian dengan cara yang instan, saya tdk akan dipanggil oleh pihak pengadilan untuk datang ke sidang tersebut? Dan bisakah suami saya menggugat saya tanpa sepengetahuan dan tanda tangan saya? Tolong bantu jawab, saya butuh bantuan agar bisa memperjuangkan hak nafkah dari suami saya untuk anak saya agar mendapatkan nafkah yang layak. Terimakasih.

  52. Saya mau tanya pak , saya digugat cerai oleh suami karna alasan kesalahan yg saya lakukan di 2 tahun laku sedangkan suami saya telah berselingkuh selama 1 tahun belakangan ini . Saya pernah buat perjanjian diatas materai jika dia berselingkuh lagi kita akan bercerai dan dia hrs menyerahkan sejumlah nominal uang utk kebutuhan anak2 . Nah apakah kalau dia yg mengajukan gugatan cerai , saya bisa menggugat balik dan apa yg ada disurat perjanjian tsb bisa terkabul ?

  53. Assalamualaikum wr WB.maaf pak saya mau bertanya ,kalau suami sudah bilang (mulai sekarang kita udah gak ada hubungan lagi ) apa itu id termasuk dia mentalak saya.? Tapi dia gak mau mengurus surat-surat kami.apa yg harus saya lakukan.? Terima kasih.

  54. .kalau memakai jasa pengacara itu sampai berapa kisaran ya ? Karna saya ingin mengajukan perceraian dengan bantuan pengacara

  55. Isteri mengajukan gugatan cerai kpd suami yg kt nya berselingkuh dan berzinah kejadiannya sdh 5 tahun yang lalu,krn si isteri sdh punya pacar dan akan menikah saat ini…bagaimana dengan gugatan tersebut?

  56. Mengapa akta cerai lama rampungnya hrs nunggu 3 bulanan emang susah yah bikin akta pdhl sdh ketuk palu 2 bln yg lalu …

  57. Selamat sore Bapak ..mohon info sy telah menikah dgn WNA prancis dan menikah di indonesia dan pernikahan kami jg telah di daftarkan ke negara prancis yg sy mau tanyakan apakah bisa suami sy yg mendaftarkan perceraian d negara prancis sedangkan waktu menikah dulu d kantor KUA dan apabila nanti sy telah mendapatkan akta cerai dr prancis apakah itu sah secara hukum indonesia ..trima kasih

  58. apabila ada orangtua yang ikut campur dan tidak membolehkan saya bertemu untuk menyelesaikan masalah ini bagaimana pak ? saya mau pertahankan

  59. Saya ingin tanya ,
    Adik ipar saya (cewe) ingin bercerai sama suaminya, karna sudah lama pisah ranjang dan gk pernah di nafkahin, permasalahan Pisah ranjang karna cekcok, dan sekarang adik ipar saya nikah sirih sama lelaki dan udah punya anak, yang ingin saya tanyakan, Bagaimana cara menceraikan suami ipar saya, yg gk mau bercerai, sedangkan nasib si anak (sirih) perlu identitas jelas( membuat akte) terhalang karna masih terganjal sama suami yg dulu (gk mau cerai) ??

  60. Ass,, sy mau bertanya pak/ ibu.. Sy mau mneggugat istri sy.. Sementara domisili kmi nikah dlu di kota batam.. Dan skrng istri sy tinggal di kota pangkal pinang. Tpi ktp nya msih domisi batam..dan sy jg skrng kerja di pangkal pinang.tpi ktp sy domisili kota batam, ke pengadilan mana sy harus ajukan gugatan cerai.. Ke pengadilan kota batam. Apa ke pengadilan pangkal pinang. Babel… Trimkasih

  61. Maaf sya mau tanya…jika saya sudah merasa tidak nyaman dgn suami sya krna dia tidak bisa memenuhi nafkah batin..dan juga sering terjadi cek cok…apakah sya bisa mengajukan gugat cerai di pengadilan?

  62. selamat mlm saya mau bertanya
    saya sdh berpisah secara agama dgn mantan suami selama 5thn dan mendapatkan surat keterangan cerai dari rt setempat
    sekarang saya ingin mengajukan gugatan secara sah apakah akan mudah proses nya bagi saya y
    alasan apa yg sebaik nya saya ajukan

  63. Selmat mlm… sya.Mau menceraikan istri yg sudah selingkuh..dan sya dh hidup masing2..selama 3 thun lebih…. ttpi sya tidak punya surat nikah dan dokumen lainya…bgaimana prossnya agar sya bisa bercerai ma istri sya…..dan di mna sya harus mendaftarkanya…trimaksih…

  64. Mohon petujuk sy istri sdh 4 bulan lebih pisang rancang dgn suami kami bertahan krna anak apakah sy sdh bisa mngajukan gugatan cerai. Mohin petuntuk

  65. Selamat sore…saya mau tanya suami sya mau menceraikan sya krna msalah kecil..dan mau menngajukan percereian…kta ny dg byar pengacara proses ny bisa cepat..sedang kan msalah hnya krna sy di bilang tidak menghargai suami sya..
    Mohon info ny apa ini bisa untuk d jadika alasan d perceraian…sedangkan sya g mau cerei..
    Terimakasih

  66. Saya ingin mengajukan gugatan cerai kepada suami krn dia selingkuh dan menikah lagi (secara agama dan negara) di Indramayu tanpa sepengetahuan saya. kemudian saya minta ditalak dan suami kemudian men talak saya melalui chat WA. Saya dan suami memiliki alamat yg sama di KTP kami (surabaya). Yg ingin saya tanyakan, ke alamat mana saya harus mengirimkan surat gugatan cerai pd suami mengingat dia jarang sekali pulang? Apakah bs ke alamat asal suami (madiun)? Terima kasih sebelumnya.

  67. Selamat pagi advokat kita.. saya mau nanya kalo sdh memasukkan berkas cerai tp sdh lebih 1 th belum ada panggilan dr pengadilan apa yg harus dilakukan? Padahal sdh sering di datangi pengadilannya sering hmpir setiap bulan bisa sampe 2-3 kali. Jawabannya antrian panjang. Benarkah demikian. Sedang Mnrt pasal yg saya baca di PP no 9 th 1975 ada disitu tertera pemeriksaan berkas gugat cerai oleh hakim selambat2nya 30hr stlh di masukkan berkas. Terimakasih

  68. Assalaamualaikum. Mohon penjelasan pak. Suami saya selingkuh sdh 4 th yg lalu. Saat itu Sy meminta dia untuk ceraikn sy tapi dia tidak mau. Kemudian dia sakit. Saya kasian untuk menggugat cerai. Saya maafkn dan terima dia kembali. Tapi kejadian perselingkuhan nya terus teringat oleh saya sehingga kami sering ribut sampai sekarang. Dgn kejadian itu apa alasan saya untuk menggungat cerai suami dgn alasan zina di terima karena kejadiannya sydah lama

  69. sya mau menggugat istri sya krena sya sudah tdak sanggup dengan sifat nya yg overoprotektif terhadap sya..kerana sifat nya itu kami selalu ribut dan bertengkar yg akhir nya timbul KDRT..yg sya tanyakan apakah bisa sya menggugatnya…

  70. Saya ingin mengajukan cerai kpd suami saya dgn pasal 116 kompilasi hukum islan jo pasal 19 PP no.9 th 1975, setelah mengajukan bukti dan saksi apakah dapat diputus pada sidang pertama…. trima kasih

  71. Saya digugat cerai istri saya dikarenakan sudah tidak bisa mempertahankan rumah tangga kami, kami menginginkan agar cepat selesai proses cerainya langkah apa saja yang harus saya lakukan ?

  72. ada permasalahan sebelum nikah kira2 H-3 hari pernikahan. sempat ingin membatalkan tp ada peetimbangan klrga besar. sampai akhirnya suami berjanji “max 1 thn pernikahan sy akan lepaskan km” skrg sy proses menagih janjinya agar dia yg memberi talak… tp sepertinya dia berbohong n mengelak. ini bisa dimasukkan tidak pak advokat kedalam point2 yg sudah disebutkan ? nantinya pada akhirnya jika sy yg harus buat gugatan cerai “bagaimana laporan yg tepat sy sebutkan dg gambaran kejadian ini” pak advokat ??
    mohon bantuannya. terimakasih

  73. met siang ijin bertanya saya digugat cerai dgn istri
    1.dalil permasalahan dunia/ ekonomi kurang terpenuhi dgn full
    2.dalil sifat egois saya yg g buat nyaman istri
    yang saya mau tanyakan kata 2 apa yg tepat tuk bela perkataan dalil ini sedangkan saya nikah aja baru 2 thn apa y suami langsung sempurna dengan keinginana istri
    saya dipanggil persidangan ini tgl 30 mei 2018 mohon minta pencerahaan y

  74. Assalamualaikum pak saya mau tanya nih saya sebagai suami di tingal kabur istri dan anak juga di tingal sudah hampir 17 tahun gak ada kabr tu proses cerainya gimana pak. Wassalam

  75. Mohon penjelasan nya, saya ingin menggugat cerai suami saya krn sdh berzinah. Kl hny dgn pengakuan dr suami saja apakah bs dikabulkan permohonan cerai nya??

  76. Permisi sya ingin bertanya sya ingin melapor kan bwa sya akan bwa istri ke pengadilan karna sya tidak ada kecocokan kan lagi dalem rmh tangga lagi apa dengan proses ini cepat pertanyaaan sya adalah kira2 buat ngurus surat cerai habis brpa pak terima kasih

  77. Saya nikah di kota kelahiran saya,, ap saya bisa mengajukan urus surat cerai dijakarta,, sekarang saya tinggal dijakarta, ktp kk sudah alamat Jakarta. Tolong bantuannya. Trimakasih

  78. jika dikatakan setelah tergugat dipanggil tapi tetap tidak hadir kemudian hakim memutus verstek, apakah sama artinya dengan saksi tidak wajib ada/hadir dalam persidangan perceraian verstek, begitu? terima kasih.

  79. pak,saya ingin menggugat cerai suami saya,dengan alasan 1.3 bulan pernikahan kita sudah pernah pisah rumah selama 7bulan,sama sekali suami tidak memperdulikan istri,2.kebutuhan ekonomi yang selalu dibebankan kepada istri sementara dia kerja (tp gaji hanya untuk membayar hutang2nya),3. sering terjadi pertengkaran yg membuat saya tidak tahan dengan ulah suami seperti (mengadaikan barang2 istri dan berhutang setiap tidak ada uang),4.tidak pernah mencukupi kebutuhan rumah tangga,kira2 dengan pengajuan ini apa bisa disetujuin dan di peroses dengan cepat

  80. Saya mau tanya. Proses cerai dengan alasan perselingkuhan atau kdrt yg lebih cepat diputuskan hakim? Terima kasih

  81. selamat siang,
    saya dulu sempat mengajukan perceraian ke pngadilan dan hanya ada surat dr pengadilan dan sidang pertama suami datang dan istri gak dateng. sidang ke dua si istri datang. dan sampai sekarang akte cerai belum keluar karna sidang tertunda sampai sekarang. dan dr pihak suami mau mengajukan cerai lagi dan suami punya buku nikahnya. mohon penjelasannya pak

  82. Saya sudah menikah dgn istri 6 tahun. Alasan pertama saya menikah dengan nya karena hamil duluan. 2 tahun setelah menikah saya tinggal di kota yg berbeda dgn istri. Saya menjalani pernikahan tsb dgn setengah hati, dan jg tidak pernah benar2 setia dgn istri. Saya sudah lama ingin mengajukan permohonan cerai tapi berat pertimbangan karena keluarga sayapun tidak mengizinkan. Diterimakah permohonan cerai saya dgn alasan tidak cinta?

  83. selamat sore pak…saya punya keponakan perempuan mau gugat cerai suaminya yang mana dia tidak mampu melayani nafkah batin, sedang suaminya mengancam apabila istri minta cerai, apakah bisa permohonan d limpahkan ke advokat dan penggugat tidak hadir dalam pesidangan karena demi keselamatan dari ancaman suaminya tsb terimakasih

      1. Sore, saya mau bertanya, saya sedang Hamil, tapi saya ingin mengugat cerai suami dgn alasan selama memilah semua beban di bebankan kepada istri Dan kluarga istri, suami be kerja tapi selalu berhutang di mana2, apakah proses ini bisa cepat slesai jika saya gugat cerai suami.

  84. assalamualaikum, sy mw bertanya, jika suami sudah mentalak istri sebanyak 3 kali dan sekali menyetujui istri meminta cerai slama 8 thun?? Dan istri tidak memberikn hak suami slama setahun?? Mendapatkan tekanan secara fisik dan mental dari keluarga?? Apakah perceraian bs terjadi???

  85. Selamat siang pak..Saya digugat suami saya atas perkara kekerasan dan alsan kekerasan lainnya. Pdhl kenyataanya tidak seperti itu..dia yg sllu main KDRT selam 1 Thun menikah dan perkara ini saya masukkan dipolres.dan dia slm hamil saya sllu dipukuli dan anak lahir prematur dan kelainan tulang…tapi dia laporkan saya di pengadilan agama jika saya yg memukulnya..itu gimana ya pak..sdgkn panggilan pertama saya penuhi katanya ditunda..mohon bantuannya.yrimksih

  86. Saya sepakat untuk bercerai dngsuami saya sekitar 4th yg lalu, saya tidak pernah datng ke pngadilan karna suami saya tdk pernh memberitahukan atau menyampaikan surat panggiln untuk sidang krna suart ditujukan ke alamat rumah dimana dmn tmpt kami tinggal sdngkan pada saat itu saya sdh tinggal d rmh orng tua sya,dia selalu bilang gugatan cerai nya tdk dilanjutkan dan tdk ada panggilan, , secara diam2 dia rutim dtg ke pangadilan smpe sethun kemudian dia resmi menikah lagi dng perempuan lain secara hukum krna dia sudah menrima akte duda nya dari pengdilan.rumah yg hrusnya mnjadi harta gono gini dia kuasain, walaupun anak2 ikut saya dia tdk pernah menfkahi anak2 selama kami berpsah. apakah pd kasus seprti ini saya bisa menggugat nya kembali, mohon jwb nya.saya mau minta keadilan

  87. saya sudah cerai Secara agama 3 thn yang lalu,suami sudah nikah lagi sekarang saya ingin mengurus perceraian secara hukum negara.. akan tetapi tgl lahir d buku nikah sama KTp saya berbeda karena di buku nikah sempat salah penulisannya..sekarNg apakah bisa saya mengurusnya secara tgl lahir di ktp dgn buku nikah berbeda…

  88. Pak mau tanya, sy pns suami pns, suami minta cerai dan udh ngasih surat talk nya tapi suami gak mau ngurusin kepegadilannya, kl sy yg ngurusin itu gimana. Sy bingung.

  89. untuk masalh saksi bagaimana pak kalo saya sebatang kara disini, semua keluarga di kampung, dan saya tidak pernah membicarakan masalah keluarga saya kepada orang lain?

  90. malam Pak, saya ingin sekali Dan sudah Bernita menguggat suami karna suami gila Judi online Dan sering ribut berkata kasar sama saya nafkah juga gak pasti gimn saya mendapat bantuan pengacara karna saya kerja

  91. kalo saya ingin mengugugat cerai karna alasan sudah tidak ada kenyamanan dan cape terlalu banyak kebohongan.dan saya mendapati bukti chat perselingkuhan dengan perempuan lain.tapi selama kita menikah saya tidak bisa menjalakan kewajiban saya sebagai istri karna itu saya ingin bercerai karna demi kebaikan kita berdua.apakah akan sulit?dan lagi suami saya tidak mau bercerai.

  92. kalo saya ingin mengugugat cerai karna alasan sudah tidak ada kenyamanan dan cape terlalu banyak kebohongan.dan saya mendapati bukti chat perselingkuhan dengan perempuan lain.tapi selama kita menikah saya tidak bisa menjalakan kewajiban saya sebagai istri karna itu saya ingin bercerai karna demi kebaikan kita berdua.apakah akan sulit?dan lagi suami saya tidak mau bercerai.

  93. Saya sudah dtnggl slma hampir 2 tahun.. lalu saya mau mengajukan perceraian .. sedang kn buku nikah kami msng2 memegang nya.. jika saya mengajukan tanpa buku nikah suami, bisa atau tidak ia.??
    Mksh..

  94. 1. Bagaimana kalau buku nikah dikeluarkan di Batam sedangkan domisili sekarang di Bekasi, apakah bisa mngurus dari PA di Bekasi ?
    2. Bagaiamana caranya kalau memang bisa di Bekasi?
    3. Suami dan istri sudah membuat surat pernyataan bahwa mereka setuju untuk bercerai di atas materai., apakah surat tersebut bisa digunakan untuk mempercepat proses?

    Mohon jawabannya ..tks

  95. Saya sudah berpisah selama kurang lebih 7tahun. Suami saya pergi keluar negeri dan tak pulang2,, akhir2 ini saya mendengar kabar dy sudah menikah lg dengn perempuan lain..
    Saya ingin mengajukan surat cerai ke pengadilan agama tp saya tidak tahu bagaimana caranya.. Dan saya sama sekali tidak mempunyai surat pernyataan pisah seperti org bilg surat cerai sepotong. Mohon solusinya?? Terimakasih

  96. saya telah mengajukan gugatan perceraian dengan menggunakan jasa pengacara, tergugat istri saya saat ini divonis 14 tahun penjara,apakah tergugat apabila tidak mau menandatangani surat panggilan yang di terimanya dilapas apakah gugatan saya ini bisa di batalkan oleh hakim pengadilan? terimakasih

  97. Assalamualaikum Alaikum.Istri saya beberapa kali meninggalkan rumah tanpa izin saya sebagai.suami.Beberapa.kali juga pergi tanpa ijin ketika anak2 saya pada perkawinan sebelumnya menikah dan saya sebagai ayah harus turut dalam ijab Qabul mereka. Istri tak ingin saya menghadirinya dan dia pergi tanpa saya ketahui.Bahkan pernah pergi dan kembali ketika hamil oleh lelaki lain sampai melahirkan. Terakhir kali ia pun pergi dan lagi2 hamil oleh lelaki lainn . Saya ingin menceraikannya tapi sangat sulit. Sementara saya sudah ingin menikah lag karena takut zina berkepanjangan. Bahkan saya sdh hampir setiap hari berada di rumah wanita yg ingin saya nikahii. Sebagai catatan bahwa wanita itu adalah janda cerai mati dan seorang PNS. SAYA SUDAH MENGAJUKAN PERMOHONAN DUA BULAN LALU. ISTRI SAYA MEMENUHI PANGGILAN, NAMUN SAYA TAK MAU LAGI BAHKAN BERTEMU DENGANNYA KARENA PERBUATANNYA. APAKAH SAYA BISA MENIKAH SEKARANG INI? SYA TAKUT DENGAN ZINA. TOLONG BBERILAH JALAN KELUAR.

  98. Assalamualaikum .maaf mau tanya apa bisa kita bercerai tetapi masih dalam 1 rumah yg sama .sedangkan pernah suami saya ngomong cerai .dan saya yg di suruh mengurus semuanya ke pengadilan . Apa bisa aku mengajukan ke pengadilan . Karna suami saya juga tempramental .slalu kasar mau pun sikap dan perkataan .

  99. Mlm,mnta solusinya.kkak sya sblm nikah krj di luar,plng2 nikah&krja ke luar lgi.kmrin bru plg&ad prtngkaran trus tdk ad penylesaianya.slma ini biaya hidup mertua,suami dkrimi uang.rumah mertua di bgun,bli prabot jutaan gk bilang istri,bilang2 brg udah bli bru blng,yg trakir motor udah dblikan bru mlah gk dirawat dan pkok permasalahanya bpkb di gadaikan sma suami,ktauan saat plng ke indo.alsanya ktny dpinjamkan ke tman,tpi saat dtny lgi bwat mkan shari hari sama modalin ortu jualan.gk msuk akal,pdahal sblm plg kkak sya brusan kirim uang banyak.tpi alasanya ber belit2.suaminya memilih mmbela ortu&yg minjam bpkb,tdk mnafkahi lhir&batin.mertua brusaha nutupin.slma krja cma diporotin.kakak sya sudah gk prcya lgi sma suami maupun mertuanya.ap kkak sya bsa gugat suami dngan alasan sprti ini.mint solusinya..

  100. Kalau Istri menggugat cerai tetapi suami tidak mau,, dan berkas Pernikahan (buku nikah dan lain) tidak di serahkan apakah oleh pihak dari suami.. Apakah kasus perceraian masi bisa berjalan..

  101. saya ingin bertanya saya bercerai dengan suami hanya di kasih surat talak, jika saya ingin mengurus surat akte ceraibagaimana yah

  102. Saya akan menggugat cerai suami dgn alasan suami sudah bertahun2 kecanduan video2 porno dihp sampai lupa dgn anak istri, sudah di ingatkan berkali2 tapi tidak berubah dan masalah ini bertahun2 tidak ada penyelesaiannya sampai anak2 pun tau masalah ini,sy merasa rumahtangga sudah hambar, apakah alasan diatas bisa menjadi alasan saya untuk mengajukan gugatan cerai?
    Untuk syarat2 gugatan cerai yaitu fotocopy buku nikah yg sudah dilegalisir fotocopy kartu keluarg legalisir yg sy mau tanyakan legalisirnya oleh siapa/kmna?

  103. Saya mau mengajukan percerian.. saya pun pempunyai surat talak 3 dari pihak suami .. dan saya tinggal di batam sedangkan suami sudah tidak ad kabar ..mohon jawabannya .. apakah prosesnya lama sedangkan saya mempunyai surat talak 3 di atas matrei ? Minta penjelasanya terimakasih

  104. Pagi pak, maaf saya mau tanya. Saya sebagai termohon sudah mendapat surat panggilan sidang pertama tgl 12 desember 2018. Agar mempercepat proses dan putusan, baiknya saya hadir ke persidangan atau tidak? Mohon jawabannya krn saya tidak pakai pengacara. Hatur nuhun.

  105. Surat gugat cerai di buata oleh pengacara kah pak?
    Jika ingin bercerai krena suami selalu sja berjudi dan di dukung oleh kerluarga atas perbuatan serta kekerasan ,apa sdah cukup menjadi alasan perceraian?

  106. Permisi saya mau tanya misalnya saya mau gugat suami saya tapi saya belum punya KTP karena saya menikah masih d bawah umur tetapi suami saya ktp nya berstatus belum kawin .. bisakah saya gugat cerai suami saya sedangkan saya belum punya KTP..terimakasih

  107. Pak saya sudah sah cere di pengadilan agama,tapi akte cere blom keluar,sedangkan saya mo nikah lagi,dan dari pihak advokat dikasih surat pernyataan bahwa sudah sah cere,akte cere dlam proses penerbitan,apa itu bisa buat mengurus surat”nikah lagi pak

  108. Jika istri ingin mengajukan gugatan tapi tidak memiliki kemampuan utk membayar biaya perceraian karena selama ini berstatus ibu rumah tangga dan tidak diberi nafkah uang setelah menikah berpuluh tahun, bagaimana? Apa ada lembaga bantuan hukum?

  109. Pak gimna yah sya sring cekcok dgn suami sya dan tdk prnah ada jlan kluar..sampai pernah ank saya diancam mau dubunuh sma dia..dan sampai skrang ank sya masih trauma…apa dgn alasan sperti ini bisa diajukan??

  110. asalamualaikum..saya mau tanya,sidang pertama saya udah datang ke persidangan
    terus skarang saya di suruh sidang lagi tpi saya tidak bisa hadirr.

    apa nanti hakim akan memutuskan keinginan sayah
    saya disini sebagai pemohon..

    mohon bantuan

    1. Jika Pemohon / Penggugat tidak hadir, kemungkinan terjadi adalah 2 hal, pertama perkara tersebut digugurkan karena Pemohon lalai akan kewajibannya, kedua di undur sesuai dengan waktu yang ditentukan majelis hakim, di periksa saja perkara tersebut langsung ke Pengadilan

  111. Saya mau menggugat cerai suami saya karena . Saya sering terjadinya percecokan dan kekerasan. Apa lagi di awal pernikahan dia sudah selingkuh . Dan dia tidak menafkahi saya juga anak saya . .apa hak asuh anak saya akan jatuh ke saya ? Karena selama ini yg biayain saya . Daya yg bekerja sedangkan dia tdk mencari kerja.apa bisa hak asuh anak jatuh ketangan saya karena anak saya baru 2 bulan

  112. Saya seorang istri, yg punya keinginan bercerai karena sudah ga tahan dengan semua percekcokan terus menerus, dan kata kata suami yg selalu kasar, sudah biasa saya dikatain tolol,bodoh,anjing dsb..bahkan dikatain turunan tai.. setaun pertama suami saya memberi nafkah 500rb sehari,dan ngontrak 1 kamar 1 juta sebulan.. tahun kedua pindah dah ga ngasih lagi karna biaya ngontrak mahal selebihnya semua pengeluaran saya yg tanggung dari hasil keringat saya sendiri,akhirnya kami cicil rumah sendiri uang muka dari saya, cicilan dia, selebihnya tidak mau tahu,kebutuhan anak sekolah,makan sehari hari dan uang bulanan untuk ayahnya dia sebesar 500rb menjadi tanggung jawab saya karena bagi dia bayar cicilan rumah sudah cukup,bagaimana saya mengajukan cerai dan bisa cepat proses perceraiannya.

  113. Saya mau menggugat suami saya karena SDH TDK ad rasa percaya lagi n dikarenakan selalu bohong ke saya…sudah cukup sering dari awal nikah sampai sekarang…saat ini saya sudah TDK tahan…sering bertengkar ….saya minta surat nikah n berkas lain nya dia bilang sudah dibakar biar saya tidak bisa melakukan gugatan cerai ke pengadilan….mohon solusinya….saya punya ank 5thn …..makasih

  114. Maf pak saya mau bertanya, saya rencana mau megungat suami saya , karena saya udah tidak kecocokan lagi , apakah ngungatan saya sah dan saya mau cepat terselesaikan dengan sidang satu kali saja

  115. maaf pak, saya mau tanya, untuk pengajuan gugatan bisa dilakukan di PA penggugat apabila istri meninggalkan kediaman tanpa ijin selama 2 tahun berturut turut. Apa harus menunggu 2 th? Atau boleh saya ajukan sebelum 2th?

  116. Saya ingin mengajukan perceraian karena suami pergi dari rumah sudah satu tahun dan tdk ada nafkah lahir bathin. Apakah sudah cukup alasan menggugat?untuk biaya advokat brp ya?terima kasih

  117. apakah dengan alasan sudah mengucapkan talak kepada istri ,masih akan ada proses mediasi juga..? sedangkan secara agama berarti sudah bukan suami istri lagi. tolong penjelasanya

  118. Asalamualaikum..
    Saya ingin mengajukan perceraian tapi saya tidak bisa ke pengadilan di karenakan kerja..apa bisa di wakilkan..

  119. slmt sore pak.maaf sy mau tanya istri sy meninggalkan sy sm anak”sudah 2 bulan lamanya gak ada kabarnya istri sy apakah tu bisa di namakan sdh becerai sy dgn istri sy pak.ttims

Leave a Reply to Merci Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *