Apa Saja Syarat Mengajukan Isbat Nikah di Pengadilan Agama?

Apa Saja Syarat Mengajukan Isbat Nikah di Pengadilan Agama?

Itsbat Nikah atau yang biasa disebut Pengesahan Perkawinan adalah permohonan pengesahan nikah yang diajukan ke pengadilan untuk dinyatakan sahnya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum. Sesuai dengan ketentuan di atas, Itsbat Nikah hanya dapat diajukan melalui Pengadilan Agama, di wilayah tempat tinggal Saudara, bukan melalui Kantor Urusan Agama (KUA). Tujuan dari pengajuan itsbat nikah ini adalah agar perkawinan yang telah dilakukan dinyatakan sah, dan dicatat sesuai dengan keputusan pengadilan. Akta Nikah merupakan bukti dari adanya perkawinan, dan merupakan jaminan bagi suami atau istri serta hak-hak anak yang lahir dari hasil perkawinan, seperti pengurusan akta kelahiran, waris, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, pengesahan perkawinan atau isbat nikah juga biasanya diajukan dengan alasan-alasan seperti hilangnya akta nikah, adanya keraguan tentang sah atau tidaknya salah satu syarat perkawinan, perkawinan dibawah tangan, tidak mempunyai biaya untuk mencatatkan pernikahan di KUA, atau bahkan karena tidak mengetahui bahwa sebuah pernikahan harus dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Dengan tidak dicatatnya pernikahan anda di Kantor Urusan Agama (KUA), maka nantinya anda akan kesulitan ketika anda akan mengajukan keperluan administrasi seperti pembuatan akta cerai anak, pendaftaran ibadah haji, pencairan dana pensiun PT Taspen, penetapan ahli waris, dan keperluan lainnya.

Lalu apa saja syarat-syarat pengajuan pengesahan perkawinan atau itsbat nikah tersebut?

  1. Photocopy KTP (Pemohon dan Termohon) Itsbat Nikah.
  2. Photocopy Kartu Keluarga (KK).
  3. Surat keterangan dari Kantor Urusan Agama (KUA) setempat yang menyatakan bahwa pernikahan tersebut belum dicatatkan.
  4. Surat keterangan dari Kepala Desa / Lurah yang menerangkan bahwa Pemohon telah menikah.

Setelah melengkapi persyaratan di atas, ikuti langkah-langkah dibawah ini

  • Silahkan anda datang ke Pengadilan Agama untuk mendaftarkan sesuai dengan tempat Pemohon, misalkan anda berada di Kota Cimahi, maka anda harus datang dan mengajukannya di Pengadilan Agama Cimahi.
  • Membuat Surat Permohonan Itsbat Nikah. Surat Permohonan tersebut dapat anda buat sendiri atau anda bisa meminta bantuan kepada petugas pusat bantuan hukum atau POSBAKUM yang berada di Pengadilan Agama dengan biaya cuma-cuma alias gratis.
  • Setelah anda mendapat Surat Permohonan Itsbat Nikah, silahkan foto copy berkas berkas berikut: KTP 2 Rangkap, KK 2 Rangkap, Surat Penolakan dari KUA 2 Rangkap, serta dokumen dokumen pendukung lain.
  • Silahkan daftarkan permohonan anda ke petugas yang berada di pengadilan.
  • Membayar panjar biaya perkara. Apabila pemohon tidak mampu membayar panjar biaya perkara, Pemohon dapat mengajukan perkara tersebut dengan cuma-cuma atau prodeo dengan membawa Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa setempat. Apabila pemohon mendapatkan fasilitas prodeo, maka seluruh biaya perkara pemohon akan di tanggung oleh pengadilan.
  • Menunggu panggilan sidang dari pengadilan sekurang-kurangnya 3 minggu setelah pendaftaran perkara.
  • Menghadiri persidangan. Datanglah ke Pengadilan Agama sesuai dengan yang telah di jadwalkan dalam surat panggilan, upayan untuk datang tepat waktu dan tidak terlambat. Untuk sidang pertama bawa dokumen seperti surat panggilan sidang, serta dokumen-dokumen seperti yang disebutkan di atas. Dalam sidang pertama ini hakim akan menanyakan identitas para pihak misalnya KTP, KK, atau kartu identitas lainnya yang asli. Untuk  sidanhg selanjutnya, hakim akan memberitahukan kepada Pemohon serta Termohon kapan tanngal untuk sidang selanjutnya. Untuk sidang kedua dan seterusnya ada kemungkinan Pemohon harus mempersiapkan dokumen-dokumen sesuai dengan permintaan hakim.
  • Jika permohonan yang diajukan dikabulkan oleh pengadilan, maka Hakim akan mengeluarkan Penetapan Itsbat Nikah. Salinan itsbat nikah baru bisa diambil setelah 14 hari setelah persidangan terakhir.
  • Setelah mendapat salinan putusan penetapan itsbat nikah tersebut, Pemohon dapat meminta KUA setempat untuk  mencatatkan pernikahan Pemohon dan Termohon dengan menunjukan bukti salinan penetapan pengadilan

Baca Juga: Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum advokatkita.com

Yang perlu diperhatikan adalah, permohonan Itsbat Nikah tidak selalu dikabulkan oleh Hakim, jika permohonan tersebut dikabulkan, maka Pengadilan akan mengeluarkan putusan atau penetapan Itsbat Nikah. Dengan dikeluarkannya putusan penetapan itsbat nikah, maka secara hukum perkawinan tersebut telah sah yang berarti telah jaminan ataupun perlindungan hukum bagi hak-hak suami/istri maupun anak-anak dalam perkawinan tersebut ditelah diakui dimuka hukum.

Demikian informasi dari kami.

Salam Hangat Advokatkita.com

AdvokatKita

Kini hadir di tengah-tengah anda untuk membantu memberikan Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami siap membantu anda menyelesaikan permasalah hukum anda seperti Masalah Perceraian, Hak-hak Bekas Istri, Nafkah, Hak Asuh Anak, Pembagian Harta Gono Gini, Waris, Izin Poligami, Itsbat Nikah, Dispensasi Nikah, Pembatalan Nikah, Wali Adhol, Sengketa Wakaf, Wasiat, Hibah, Sengketa Ekonomi Syariah dll.

This Post Has 22 Comments

  1. Alasan sidang isbat di terima maupun di tolak itu apa pak….
    Tolong penjelasannya

  2. Asalamualaikum sya mau tnya ap sja prsyaratan itsbat nikah untuk keperluan bikin akta kelahiran anak sya trima ksh

    1. Pak, klo ingin daftar isbat nikah, tapi ada masalah di surat kk dan ktp. Apa masih bisa daftar pak. Mohon di bantu

  3. Kalo kita istri siri, terus mau gugat cerai gimana caranya pak?

  4. Jalan waren no 74 gandul cinere

  5. Mengajukan isbat cerai langsung k pengadilan kah pak?? Syarat nya apa saja?

  6. Jln.Daeng Mangatta

  7. pak apakah nikah kabar itu ada buku nikah, kalo dari warga tidak mampu gimana cara ya pak

  8. Rolobg donk di bantu… sya minta penjelasannya
    Saya tdk punya surat nikah tapi sya menikah sudah 15 tahun dan dulu saya menikah di kampung dan tidak di kua,
    Trus saya mau bikin surat nikah di tempat tinggal suami karna saya sudah pindah ikut suami..
    Bagaimana kalo mau bikin surat nikah sedangkan sya menikah di kampung.

  9. sya minta penjelasannya
    Saya tdk punya surat nikah tapi sya menikah sudah 15 tahun dan dulu saya menikah di kampung dan tidak di kua,
    Trus saya mau bikin surat nikah di tempat tinggal suami karna saya sudah pindah ikut suami..
    Bagaimana kalo mau bikin surat nikah sedangkan sya menikah di kampung.

  10. Bisakah mengajukan itsbat nikah di pngadilan agama di beda kota?
    Misalnya saya nikah siri di kota A
    Lalu saya mengajukan itsbat nikah dikota B??
    Mohon penjelasannya

  11. Maff pa saya mau tanya saya sudah cerai 3 thn yg lalu tapi saya hanya punya surat cerai biasa saja apakah saya bisa ambil akte cerai saya sndiri dan syartnya apa …tpi skrng saya sdh mnkh agama saya ingin punya buku nikah tapi say blm punya akte bagaimna caranya nya trmksh

  12. Maff pa saya mau tanya saya sudah cerai 3 thn yg lalu tapi saya hanya punya surat cerai biasa saja apakah saya bisa ambil akte cerai saya sndiri dan syartnya apa …tpi skrng saya sdh mnkh agama saya ingin punya buku nikah tapi say blm punya akte cerai bagaimna caranya nya trmksh

  13. Bagaimana persyratan sidang isbat nikah istri ke 2 (nikah siri) yg mana sdh punya anak 1 ..sdg kan surat pernyataan dri istri 1 sdh ada *surat penyataan bersedia di poligami*
    PERTANYAAN ; bagaimana dgn istri 1 di dlm sidang isbat dgn istri ke 2..???

  14. dulu nikah ternyata buku nikah palsu ,baru tau setelah mau ajukan cerai ke PA… sdh 6 tahun mau ngurus nya jg saya bingung. Kk dn ktp jg sdh tdk berlaku lg sejak 2012…dn si mantan suami tidak tau dimana tinggalnya, bertahun2 tdk komunikasi.. jd bagaimana ya pak.

  15. Assalamualaikum….
    Sya telah menikah scra siri..udah brjalan 8 thn dikaruniai anak 2..sya rencana mau meresmikan pernikahan ini…yg akan sya tanyakan..jk lami sah menikah.kira2 anak kami utk mngajukan akte kelahiranya gmna cara dn syaratnya…krn merka lahir pernikahn sya msh siri…
    Mohon pencerahan dn penjelasanya…
    Sb lmnya rrima kasih…

  16. Bagaimana cara mengajukan it’sbat nikah… Sedangkan suami saya asli orang Singapore dan dia sudah berkeluarga… Apakah bisa melakukan itsbat nikah tanpa sepengetahuan istri sah pertama? Mohon penjelasannya

  17. Syarat2 minta pengantar kua buat isbat nikah, karena adek saya dipersulit pihak kua.. KUA KLOJEN, MALANG

  18. Pengajuan isbat nya di pengadilan Daerah kita me nikah atau PA domisili swami? Misal suami ktp dki, istri ktp Daerah. Menikah di Daerah istri. Makasih

    1. Pengajuan itsbat nikah sesuai dengan domisili Pemohon.

  19. Saudara saya dulu nikah siri kerena dibawah umur, dan mempunyai anak, dan dia mengurus surat nikah palsu untuk mendapatkan akte kelahiran anak. Setelah itu dia ingin meresmikan pernikahan di hukum. Jadi bagaimana ini pak, karena sudah terlanjur membuat surat nikah palsu.

Leave a Reply

Close Menu