BAGAIMANA CARA MENGURUS AKTA CERAI YANG HILANG?

BAGAIMANA CARA MENGURUS AKTA CERAI YANG HILANG?

Dari sekian banyak klien yang konsultasi pada advokatkita.com, banyak sekali yang mengeluhkan tentang bagaimana cara mengurus akta cerai yang hilang, serta bagaimana cara mengurus dan membuatnya kembali.

Banyak sekali kejadian-kejadian yang melatar belakangi mengenai hilangnya Akta Cerai, bisa karena rusak, bisa karena terbakar, bisa karena banjir, namun apapun yang melatarbelakanginya, anda tidak perlu khawatir lagi, karena kali ini kami akan memberikan cara bagaimana cara menanggulangi hal tersebut, mengingat akta perceraian merupakan dokumen yang sangat penting yang menjadi bukti yang sah telah terjadinya peristiwa perceraian.

  • Datang ke kantor polisi setempat, tempat dimana akta cerai tersebut hilang dan mintalah kepada petugas kepolisian untuk dibuatkan surat keterangan kehilangan akta cerai.
  • Datang ke kantor desa atau kelurahan masing-masing untuk meminta surat keterangan belum pernah menikah lagi sejak terjadinya perceraian.
  • Bawa KTP, Surat keterangan kehilangan akta cerai dari kepolisian dan surat keterangan belum pernah menikah lagi dari kelurahan (desa) tersebut ke Pengadilan yang dahulu menerbitkan akta cerai.
  • Komunikasikan dengan pihak pengadilan, dan ikuti arahan-arahan yang diberikan oleh pihak pengadilan.

Baca juga: PROSEDUR PENGAMBILAN AKTA CERAI DI PENGADILAN AGAMA

Demikian cara untuk mengurus akta cerai yang hilang, intinya, kami menyarankan agar selalu menjaga dokumen-dokumen penting yang anda miliki.

Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Salam hangat advokatkita.com

AdvokatKita

Kini hadir di tengah-tengah anda untuk membantu memberikan Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami siap membantu anda menyelesaikan permasalah hukum anda seperti Masalah Perceraian, Hak-hak Bekas Istri, Nafkah, Hak Asuh Anak, Pembagian Harta Gono Gini, Waris, Izin Poligami, Itsbat Nikah, Dispensasi Nikah, Pembatalan Nikah, Wali Adhol, Sengketa Wakaf, Wasiat, Hibah, Sengketa Ekonomi Syariah dll.

This Post Has 8 Comments

  1. Sy sudah bercerai 7th yg lalu ,,dn akta cerai belum di ambil sy cma punya surat panggilan sidang saja ,,apakah akta cerai saya masih bisa di ambil???sedangkan sya sudah pindah domisili???trimakasih

    1. Bisa, silahlan datang ke pengadilan

  2. Bagaimana jika akte cerai sudah sangat lama tidak diambil apakah jika ingin diambil akte tsb masih ada?

  3. Mau tanya pak, kalau akte cerai saya nda diambil selama 22 tahun, apakah masih bisa diambil kembali, krn waktu itu saya nda tahu proses cerainya, trima kasih

  4. Maaf pak saya mau tanyaa apa kh bisa pngambilan akte cerai berbeda daerah..misalnya pak akte cerai ada di lampung krna sya skrang disurabaya n wktu.mepet bngt mau ksanaa gk ada waktu apakah bisa saya urus di pngadilan agama surabaya pak..terimakasih

  5. Ass bapak…..saya mau brtanya apakah pengambilan akte cerai bisa di pngadilan agma mana sajaa..misalnyaa akte cerai dipengadilan lampung krna dlu cerai dsana dan sekarang saya disurabaya apkah bisaa saya buat disurabaya pak trimakasih pak..

    1. Harus di Pengadilan tempat dahulu mengajukan perceraian

      1. maaf pak saya ingin bertanya istri saya menggugat saya sementara buku nikah bersama saya ke dua nya dan bisakah mengajukan permohonan di pengadilan tanpa tanda tangan saya, dan saya pun tidak menerima surat pemanggilan dari pengadilan karena status tempat tinggal saya berbeda dengan kartu keluarga. saya saat ini ikut bersama orang tua saya

Leave a Reply

Close Menu