HAK-HAK PEREMPUAN SETELAH PERCERAIAN –  Hak Asuh Anak atau Hak Pemeliharaan Anak

HAK-HAK PEREMPUAN SETELAH PERCERAIAN – Hak Asuh Anak atau Hak Pemeliharaan Anak

Setelah terjadinya perceraian, ikatan hukum antara istri dan suami tidak hanya berhenti sampai keluarnya akta cerai dari pengadilan, disana terdapat hak-hak yang harus didapatkan dan harus dipertahankan oleh masing-masing terutama bagi Istri, diantara hak-hak Istri setelah perceraian adalah Hak Asuh Anak atau Hak Pemeliharaan Anak.

A. Hak Pengasuhan Anak atau Hak Pemeliharaan Anak.

Hak Asuh Anak atau Hak Pemeliharaan Anak adalah Hak untuk mengasuh anak, memelihara dan mendidik anak hingga dewasa atau mampu berdiri sendiri dengan kata lain pihak yang mendapat hak asuh anak berarti akan tinggal bersama-dama dengan anak itu.

Ketentuan Tentang Pengasuhan atau Pemeliharaan Anak

  • Khusus untuk yang beragama Islam

Anak yang belum berumur 12 tahun atau belum mummayiz menjadi hak ibu untuk merawatnya, bila ibunya telah meninggal dunia maka kedudukannya diganti oleh: (1) Perempuan dalam garis lurus ke atas dari pihak ibu (Nenek dari pihak Ibu), (2) Ayah, (3) Perempuan dalam garis lurus ke atas dari ayah (Nenek dari pihak Ayah), (4) Saudara perempuan dari anak yang bersangkutan, (5) Kerabat perempuan sedarah menurut garis samping dari ibu (bibi/tante dari pihak ibu), (6) Kerabat perempuan sedarah menurut garis samping dari Ayah (bibi/tante dari pihak Ayah).

Untuk anak yang sudah diatas 12 tahun diserahkan kepada anak tersebut untuk memilih antara ayah atau ibu sebagai pemegang hak asuhnya.

  • Untuk yang non musli, bila ada perselisihan mengenai penguasaan anak, maka pengadilan yang akan memutuskan, yang disesuaikan dengan fakta hukum.

B. Apa Saja Syarat Untuk Mendapatkan Hak Asuh Anak?

Secara umum, biasanya hal-hal yang akan diperhitungkan hakim dalam menentukan hak asuh anak adalah sebagai berikut:

  1. Tingkah laku, apakah orang tua pemabuk, penjudi, atau bahkan penganiaya.
  2. Perhatian terhadap anak.
  3. Kemampuan ekonomi.

Untuk yang beragama Islam, walaupun Kompilasi Hukum Islam (KHI) menyatakan anak yang belum berumur 12 tahun atau anak yang belum mummayiz otomatis hak asuhnya jatuh kepada ibu, tetapi ada beberapa hal yang bisa membuat sang ibu tidak mendapat hak pemeliharaan tersebut, yaitu:

  1. Tidak beragama Islam / pindah dari agama Islam.
  2. Bertingkah buruh, seperti pemabuk, penjudi, pecandu narkoba, atau bahkan penganiaya.
  3. Mengalami gangguan jiwa.

C. Bagaimana Cara Mengajukan Permohonan Hak Asuh Anak?

Anda dapat mengajukan permohonan hak asuh anak atau pemeliharaan anak ke Pengadilan Agama atau ke Pengadilan Negeri tempat semula melakukan perceraian. Anda bisa langsung datang ke POSBAKUM atau ke Pusat Bantuan Hukum untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk pembuatan Permohonan Hak Asuh Anak. Atau anda bisa berkonsultasi dengan kami DISINI.

D. Kehilangan Hak Asuh atau Hak Pemeliharaan Anak.

Orangtua yang mendapat hak asuh anak dapat dicabut haknya apabila pihak yang memelihara melalaikan kewajibannya terhadap anak tersebut, dan melakukan perbuatan buruk seperti mabuk, judi, menjadi pecandu narkoba, bahkan menganiaya.

E. Bagaimana Cara Mengajukan Pencabutan Hak Asuk Anak?

Mengajukan permohonan pencabutan hak asuh anak ke Pengadilan Agama atau ke Pengadilan Negeri tempat permohonan perwalian dilakukan, yang hanya dapat dilakukan oleh

  1. Orang tua yang lain, atau
  2. Keluarga anak dalam garis lurus ke atas (kakek, nenek), atau
  3. Saudara kandung yang telah dewasa, atau
  4. Pejabat yang berwenang.

Catatan, pencabutan hak asuh tersebut tidak menghilangkan kewajibannya untuk memberi biaya pemeliharaan kepada anak tersebut.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Salam Gangat Advokatkita.com

AdvokatKita

Kini hadir di tengah-tengah anda untuk membantu memberikan Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami siap membantu anda menyelesaikan permasalah hukum anda seperti Masalah Perceraian, Hak-hak Bekas Istri, Nafkah, Hak Asuh Anak, Pembagian Harta Gono Gini, Waris, Izin Poligami, Itsbat Nikah, Dispensasi Nikah, Pembatalan Nikah, Wali Adhol, Sengketa Wakaf, Wasiat, Hibah, Sengketa Ekonomi Syariah dll.

This Post Has 103 Comments

  1. Apakah saatank minta sswatu pada obunya tpi ibunya hanya diam,itutermasuk menganiaya..

  2. Saya ingin bertanya, apakah hak asuh anak dapat sepenuhnya jatuh kepada ibunya? Jika ibunya seperti yang disebutkan diatas tidak memakai narkoba,namun beragama, dan tidak mengalami gangguan jiwa. Apakah hal tersebut dapat memperkuat jatuhnya hak asuh anak terhadap ibunya? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    1. Hak asuh anak yg masih dibawah usia 12 tahun sesuai dengan ketentuan diatas maka hak asuh anak akan jatuh pada ibunya.

      1. di pasal 105 KHI ayt (b) & (c) ya pak,

      2. Seandainya anak ikut suami setelah bercerai apa suami bs menuntut gono gini kepada istri,.sedangkan mantan suami seolah2 ingin mengandalkn mntan istri dan apa pihak mantan istri harus memberi uang kepada mantan suami untuk merawat anaknya

      3. Untuk hak asuh anak dibawah umur 12 tahun ketika ibu nya sudah menikah lagi bagaimana??
        Sumber hukumnya apa pak??
        Mohon pencerahannya

  3. Sy sudah di jatuhi talak 2, alasnnya krna mantan suami sering selingkuh bahkan sampai melakukan hubungan suami istri dg selingkuhannya,, klw sy ingin mengajukan percerain lalu apakah hak asuh kedua ank sy bisa jatuh ke sy sebagai ibunya..

    1. Ibu sudah mengajukan gugatan ke pengadilan agama sebelumnya?

  4. Saya ingin bertanya, apakah hak asuh anak akan diberikan kepada ibu jika dalam kasus perceraian ini si ibu selingkuh, namun skrg si ibu sudah berubah.
    Mohon jawabannya terima kasih

    1. Majelis hakim yang akan memutuskan perihal hak asuh anak ibu, dan dilandasi berdasarkan bukti bukti yang ada.

  5. bagaimana seorang ibu yg meninggalkan anaknya untuk berkerja keluar kota untuk waktu yg lama,apakah masih berhak mendapat hak asuh

    1. Hak asuh bisa saja gugur karena telah “ditelantarkan” oleh ibunya. Namun, yg menentukan hak asuh jatuh kepada siapa adalah majelis hakim.

  6. Saya mau tanya. Suami saya pemarah, dan ktika marah tdk hanya dgn ucapan tetapi tangan juga iku. Saat ini saya punya bayi usia 3bulan. Nah kmaren kami baru saja beetengkar. Kmudian saya disuruh minggat. Dan anak saya dibawa suami ketwmpat mertua. Karna saya takut dipukul dan dikata2in sama suami akhirnya saya tdk mnemui anak saya slama± 31jam. Apakah ini disebut menelantarkan anak?

    1. Ibu tidak menemui anak karena diluar kekuasaan ibu.

      1. Trz solusinya gmn pak,,lgsg dtg k pengadilan atau minta visum dulu ??
        Klo tidak pnya pengacara dan tidak ada biaya mengurus perceraian bagaimana pak
        Saya jg sama pak semalam dipukul dan ditendang suami trz anak saya dibawa masuk k rmh mertua saya
        Krna saya sudah tdk kuat saya pulng k rumah ortu

        1. Buat visum terlebih dahulu untuk alat bukti agar menguatkan pada saat sidang pembuktian,

  7. Dan apabila saya mengajukan gugatan cerai. Hak asuh anak, apakah akan jatuh ketangan saya atau malah ke suami saya?
    Mohon pencerahannya. Trimkasih..

    1. Hak asuh anak yang dibawah 12 tahun akan jatuh kepada ibunya, kecuali ada dalil dalil yg dapat menggugurkan hak asuh anak tersebut jatuh kepada ibunya.

  8. Terimakasih sebelumnya dengan bantuan advokadkita, begini saya ada masalah hak asuh anak. Sebenarnya saya yg memenangkan hak asuh anak, tapi mantan suami dengan dalil ingin bbroa saat menghabiskan waktu dengan sang anak akhirnya dibawalah anak saya (disembunyikan) sampai sekarang dan waktu saya untuk ketemu pun dibatasi dengan menyampaikan ke sang anak bahwa saya telah (alm), lalu bagaimana sosulinya untuk saya mengambil alih sang anak. Mohon bantuan nya terimakasih

  9. Bagaimana jika trjdi prtengkaran ada saling memukul antara suami istri..karena suami berkata kasar bahkan bisa di bilang pelecehan nama baik sperti pel***r kmudian istri reflek memukul suami.apakah itu trmsuk ringan tangan pak?

  10. jika anak blm berusia 3 thun,hak asuhnya apa jatuh keibunya,saya diceraikan istri karena sifat mertua yg gila harta,dan anak saya perempuan,apakah istri saya msh berhak mengasuh anak says.tolong pencerahannya

    1. Yaa. Hak asuh anak tersebut masih jatuh terhadap istrinya.

    2. Anak saya umur 3 th juga dan saya udah mengajukan hak asuh anak di pengadilan dan selang waktu 5 minggu dapat undangan sidang pertama dan membawa 2 orang saksi serta bukti. Yang saya tanyakan apakah itu sudah diputuskan pengadilan anak ikit saya karna udah bawa saksi dan masih dibawah 12 th.bantu pencerahannya

  11. Saya mau tanya.. Klo dicatatan diatas hanya kriteria penyakit gangguan jiwa yg tdk bs mendapatkan hak asuh anak.. Saya menderita penyakit epilepsi.. Apakah hak asuh anak msh ttp jatuh pada saya? Terimakasih

  12. Saat ini sy sedang mengajukan gugatan kpd suami sy krn sudah lebih dari 6 bln dia sudah tidak memberikan nafkah lahir batin. Dan sekarang anak bersama sy namun sy pun juga bekerja ( adik sy yg menjaga anak sy jika sy sdg bekerja 8 jam ) . Apakah dengan sy bekerja bisa menggugurkan sy utk mendapatkan hak asuh anak? Tku

    1. Hakim yang akan memutuskan, selama ibu bisa menjaga anak dan tidak ada dalil dalil yang disebutkan diatas, maka hak asuh tidak akan gugur.

  13. Klw anak laki laki belum 12 tahun sebutlah baru 6 tahun. Tp dia lebih dekat dengan ayahnya dibanding mamanya. Apakah hak asuh anak bisa jatuh keayahnya. Masalahnya anaknya sendiri ingin sama ayahnya. Mohon pencerahannya.

    1. Jika tidak ada dalil yang menggugurkan hak asuh anak, maka anak akan jatuh terhadap ibunya, namun posisi ibunya tidak bisa memaksa anaknya untuk tinggal dengan siapa, karena dalam hak asuh anak tidak ada eksekusi.

  14. Saya sedang mengajukan gugatan cerai sekalian hak asuh anak. Ternyata suami minta semua anak di mintai keterangan di pengadilan agama. pdhl 2 anak saya msh berumur di bawah 12 thn. Ini bagaimana ya? Minta penjelasannya… Makasih..

    1. Yang berhak menanyai dan meminta keterangan saat persidangan itu majelis hakim.

  15. Sy sdh bercerai sjak 2014..hak asuh anak jatuh kpda sy krna saat itu ank msh usia 3tahun.awalnya mantan suami kasih uang bulanan untk anak sy tp jumlahnya tdak wajar klau dilihat dari penghasilannya.tp msh sy trima.tp hanya beberapa kali saja mantan suami kasih uang..stlh itu smpe skrg tdk prnh ksh lg..dn sy pun msh bkrja saat ini.apa yg harus sy lkukan krna ank sy trus bertanya tntg ayahnya.sdngkan keluarga mmilih untuk tdk usah mengenal ayahnya.krna menurut mrka tdk bertanggung jawab.trima kasih

    1. Jika memang suami mampu memberikan lebih, ibu bisa mengajukan gugatan nafkah anak terhadap suami.

  16. Saya seorg ibu dgn @2ank..menurut putusan tgl8nov’17sdh resmi bcerai.ank2 ikut saya slm sidang suami tdk dtg dgn dalih tdk ingin bercerai.tp sampai hr in msh hub dgn selingkuhn ny. Bisakah saya menuntut ny? Surat lum kluar.. Dan bisa kah mnuntut hak2 untuk ank krn dia cm memberi uang untk byr sekolah anak ptma saya. Terim kasih untk jwbn ny

  17. Saya sudah bercerai sejak januari 2017 dan mempunyai anak perempuan yg sekarang tinggal bersama ibunya, sekarang mantan istri saya sudah menikah lagi, dan dia jg memutuskan kontak dengan saya dgn alasan menghargai perasaan suaminya. Lalu saya mencari alamat mereka untuk bertemu dengan anak saya, karena sebelem mereka menikan saya selalu bertemu anak saya dirumah orang tua mantan saya. Setelah saya berkunjung rumah mantan istri saya skrang, saya bertemu dengan suami barunya untuk bertemu anak saya, tapi suaminya blm membolehkan saya untuk bertemu dgn alasan harus bicara dengan ibu dari anak saya dulu.
    Lalu menghargai keputusannya dan saya menunggu kabar. Setelah dapat kabar dari suaminya tentang pertemuan dgn anak saya, tetapi kapan dan dimana itu ditentukan oleh mereka dan mengajukan beberapa syarat. Yg salah satu isinya adalah jadwal pertemuan dengan anak saya harus mengikuti jadwal dari suaminya sedangkan yg padahal mantan istri saya tidak bekerja dan memiliki yg lebih fleksibel. Pertanyaan saya apakah seorang ayah tiri berhak menentukan syarat kepada saya sebagai ayah kandungnya untuk bertemu dengan anak saya? walaupun syarat yg mereka buat atas kesepakatan mereka sendiri tanpa melibatkan saya yg notabane nya sebagai ayah kandungnya didalam kesepakatan untuk menentukan syarat2 tersebut. Mohon pencerahannya

    Terima kasih

    1. Putusnya perkawinan tidak memutuskan hubungan antara orang tua dan anaknya, alangkah lebih baik jika permasalahan tersebut diselesaikan secara musyawarah bersama.

  18. Saya pernah berselingkuh bbrp bulan yg lalu dan ada bukti dipegang oleh suami sy, saat ini sy dan suami sy ingin bercerai dan suami sy mempermasalahkan hak asuh kedua anak sy yg berumur 5 tahun dan 2 tahun namun selama 6 tahun pernikahan suami selalu melakukan kdrt kpd sy dan didepan anak2 sy dan sy ada bukti visumx, apakah hak asuh anak akan jatuh pd saya?

    1. Yang memutuskan hak asuh anak jatuh kepada siapa itu majelis hakim, dilihat ari fakta serta pembuktian. Harus diperhatikan pula bahwa usia anak yang berada dibawah 12 tahun hak asuhnya akan jatuh terhadap ibunya, namun perhatikan pula hal hal yang dapat menjatuhkan hak asuh tersebut.

  19. Saya sudah bercerai selama 4thn lebih,anak kami 1 cowok usianya 10.awalnya saya tidak mmpernasalhkan atas hak asuh anak,kdang di ayah nya..kdang dengan ibu saya..krna saya krj,namun lmbat laun si ayah semakin tdak perduli apa lagi stelah dia menikah,hingga kini dia tdak prnah menjenguk apa lagi memberi nafkah.dan yg mau pertanyakan adalah…bagai mna cranya ketika sya ingin mengajukan hak asuh anak agar di saya..dan agar ayah nya memberikan nafkah setiap bulan nya…??
    Nb:skrg anak saya berada di org tua saya.

    1. Ibu bisa mengajukan gugatan nafkah anak ke pengadilan.

      1. Iya..yg saya mau tanyakan,jika nanti sewaktu panggilan dari pengadilan mantan suami saya tidak mau hadir,kira” bagaimana keputusan hakim kira”???apa bisa hak asuh jatuh ke tangan saya…dan bagai mana dengan nafkahnya???

  20. saya mau tanya, saya punya 2 anak umur 2 tahun dan 4 tahun cowok dan cewek .. saya mau cerai dengan suami , karena uang bulanan tidak mencukupi kebutuhan hidup , perilaku suami yang jarang pulang dan tidak harmonis dengan istri dan keluarga pihak suami yang layaknya orang asing terhadap saya dan anak saya .. suami memberikan uang bulanan yang dibatas kewajaran .. dan saya belum bekerja .. anak asuh anak bisa saya ambil selaku istri dan ibu dari anak ini ? bagaimana carany mohon bantuan saya sayang anak saya banget tapi sudah ga tahan kebutuhan ga menutupi thanks

  21. Salam sejahtera,
    Saya sudah bercerai sjk thn 2014, dan sy sebagai penggugat, atas prilaku istri yg selingkuh. Dan sekarang mantan istri tinggal diluar negeri.
    Apakah saya msh bisa mengajukan hak asuh anak (umur 9) karena saat ini sy susah utk bertemu dgn anak saya yg tinggal dgn nenek dari ibunya?
    Apakah saya sebagai ayah kandung lebih berhak atas anak ketimbang neneknya dalam hal skrg ini?
    Mohon pencerahan. Makasih

    1. Hak asuh anak akan gugur jika istri melakukan hal-hal yang disebutkan diatas.

  22. saya sekarang sedang proses cerai tgl 17 putusan hakim ,,,suami saya ingin hak asuh dengan cara mengiming imingi anak saya dengan materi apa yg d inginkan ank saya d penuhi dengan syarat jangan ikut mm sedangkan saya cm ibu rt yg tdk punya penghasilan apakah hak asuh akan dvterima suami saya apa tidak ,,,krn ank2 snang jika apa yg d mau d turuti anak saya tiga masing2 berusia 13th,10th dan 6th

    1. Ibu mengajukan gugatan cerai dengan hak asuh anak atau gugatan cerai saja?

  23. Ass..saya menikah siri dan awal desember kemarin sy di talak oleh suami sy..dr hubg tsbt kmi mempunyai anak yg skg berumur 1thn..skg anak dibw sm suami sy jika sy mengajukan hak asuh atas anak sy apakah ad hal yh memberatkan sy..

  24. Bpk/ibu advokatkita.com ,
    Sy ingin menanyakan.. kasus keponakan saya .. 6 taun lalu ponakan saya (perempuan) bercerai.. tetiba secara lisan pengadilan memberikan hak asuh anak kpd mantan suaminya .. selama ini keluarga menganggap ada kepastian hukum bhwa hak asuh anak ada d tangan mantan suaminya .. krna keponakan sy ini penakut.. sering di intimidasi sama keluarga mantannya .. sehingga dy tdk berbuat apa2. Selama 6 taun ini ingin ketemu putranya di halang2i.. dn smpe skrg dy sama sekali tdk bsa melihat anaknya .. baru sja setelah sy tahu, bhwa hak asuh itu hanya lisan dn tdk ada dasar hukumnya .. sy menyarankan utk menuntut hak nya .. bagaimana menurut bpk/ibu.. langkah apa yg seharusnya di tempuh? Terimakasih sebelumnya ..

  25. Jika seorang istri berselingkuh sampai memiliki seorang ank.dan ketika selesai mengurus perceraian dan setelah itu menuntut hak asuh ank x.bisa kah ibu itu mendapatkan nya

  26. maaf saya sudah cerai secara ghaib, tapi saya ingin legalitas tentang hak asuh anak sepenuhnya pada saya, ibunya. apakah saya harus mengajukan lagi utk meminta hak asuh anak atau cukup dengan akta cerai ghaib saja?. saya tidak ingin timbul masalah dikemudian hari. terimakasih

  27. Jln.desa putra no 3 lenteng aģung

  28. RT kami sdg bermasalah.kami memiliki anak 9bln alasan krn stri sering berkata kasar bahkan ketika saya sakit dg gampang dia mengatakan saya ayah tdk berguna.gampang sensitip.tdk bs rukun dg mertua (ibu saya).bahkan lalau lagi emosi pernah mwmukul anak kami juga merendahkan saya krn penghasilannya lebih dari saya.saya berwncana menceraikannya.bagaimana agar hak asuh anak jatuh kesaya.krn saya tdk mau anak saya dlm bahaya krn ibunya suka emosi berlebihan.apakah di pengadilan disediakan paikiater agar bs menentukan jiwanya.krn klo bukti istri kasar dan pernah memukul anak saya tdk ada.saya tdk ingin anak saya jiwanya sakit krn sikap dan sifat karakter istri.trims

  29. Istri saya tiap hari sms minta cerai, padahal istrix saya tinggal dengan mamax saya. Jadi saya mau urus cerai karna sifat istrix saya yng buruk, anak baru 3 hari saja, istri saya sudah jln dari pagi sampai malam. Anak saya umur 2 bulan istri saya sudah jalan kasih tinggal anak saya selama w minggu, bertepatan anakx saya hakikah. Dan kalau istrix saya yng iris anakx saya, anakx saya slalu rewel, kalau anakx saya nagis, istrix saya marah2 anakx saya seperti orang dewasa. Apakah kalau kita Bercerai tetap hak Asuh Anakx saya masi jatuh ke Istrix saya ? Tolong penjelasanx. Makasin

  30. Dipengadilan agama jelas tertulis hak asuh anak di sy,dan waktu itu sy tlah menikah siri makanya pas mantan suami tau sy menikah malah mengambil hak asuh anak sy yg ke 1dan 2 cuma yg k 3 bersama sy,,dan mantan suami mengancam sy klo anak”mau ttp bersama sy mantan menantang sy di pengadilan dan siap dipenjarakan dan mantan gak mau kasih nafkah sesuai keputusan prngadilan yg tertulis …gimana baiknya pak yg harus sy lakukan ?
    sy ingin anak” ttp atas pengasuhan sy karena sy gak mau anak sy di asuh ibu tiri,,dan skrg sy pun sdh berpisah dgn pernikahan sy yg sirih itu..

  31. Dipengadilan agama jelas tertulis hak asuh anak di sy,dan waktu itu sy tlah menikah siri makanya pas mantan suami tau sy menikah malah mengambil hak asuh anak sy yg ke 1dan 2 cuma yg k 3 bersama sy,,dan mantan suami mengancam sy klo anak”mau ttp bersama sy mantan menantang sy di pengadilan dan siap dipenjarakan dan mantan gak mau kasih nafkah sesuai keputusan prngadilan yg tertulis …gimana baiknya pak yg harus sy lakukan ?
    sy ingin anak” ttp atas pengasuhan sy karena sy gak mau anak sy di asuh ibu tiri,,dan skrg sy pun sdh berpisah dgn pernikahan sy yg sirih itu..

  32. Saya mau tanya pak. Saya skrg berumur 20thn, ibu saya selama 2 bulan lalu pergi membawa adik saya yg berumur 9 tahun untuk pergi dari rumah dikarenakan ada sebab masalah yg berulang2 kali kpd ayah saya sehingga ibu saya pergi meninggalkan rumah. Akan tetapi saya mengetahui keberadaan ibu saya dimana dan ayah saya tidak mengetahuinya. Dan kalau ibu saya menjatuhkan gugatan perceraian kpd ayah saya mengenai hak asuh kepada adik saya yg berumur 9 thn apakah tetap dijadikan ibu saya yang akan menjadi hak asuh nya? Atau dikarenakan ibu saya pergi meninggalkan rumah tidak berhubungan dengan ayah saya dapat dikatakan sebab yg dijadian hak asuh dialihkan kepada ayah saya?

  33. Saya sudah resmi bercerai dengan suami 2th yg lalu, saya mempunyai 2 org anak, yg besar laki2 ( 13thn) di bawa saya, yg perempuan (8th) di bawa ayahnya, meskipun dibawa secara paksa, Krn ini mau nya ikut saya, sudah keputusan anak2 di asuh bersama, dan hakim sendiri sudah mengingatkan utk tidak melarang anak2 utk bertemu dgn ayah atau ibu nya, tp mantan suami sy mangkir dgn janji nya, sy tidak bisa bertemu dgn Putri saya, setahun lbh sy tdk bertemu dia, ibu sy dtg ke sekolah nya, dan baru di ketahui faktanya, anak ini mengalami tekanan batin, dia jd pemurung, saking tdk tahan nya dia kmrn berontak, Krn lagi2 di pukuli ayah nya, Krn merengek ingin ikut dgn saya, bahkan di ancam akan di sekolah kan yg jauh agar tidak bertemu saya, apa kah saya bisa melaporkan dia ke pihak berwajib dgn kasus KDRT? Dan apakah saya bisa ambil anak ini, meskipun tidak ada keputusan hak asuh anak? Trima kasih, saya butuh pencerahan nya

  34. Pak saya mau bertanya, jika nanti di pengadilan agama, mertua saya bersih keras ingin mengambil hak asuh anak saya apa bisa? Sedangkan saya sebagai ibu nya tidak ingin kehilangan anak saya, ayah nya sendiri acuh terhadap anak saya.

  35. Saya ingin bertanya, belakangan ini suami saya selalu berbuat kasar terhadap saya. Dia tidak bekerja dari saya menikah. Kami menikah sudah 3tahun. Namun dia tidak juga berubah. Saat ini dia ingin masing2 sama saya. Anak saya 2. Yg pertama 2th yg kedua 2bln. Mereka laki laki dua duanya. Suami saya minta anak salah satu dia yang urus. Apa permasalahan seperti saya ini bisa jatuh anak kedua saya kepada suami saya?

  36. Klo suami selalu kluarin kata2 makian yg sangat tidak pantas buat istrinya,apakh suami bisa berhak atas anak ? Dan slalu mengancam dengn membawa pengacara hebat dlm mslh hak asuh anak apa kah pengacara itu bisa menangkn hak asuh anak buat suami ? Mohon sya sgt perlu mendapatkn jawaban atas pertanyaan sya ini,makasih dan GBu

  37. Bagimana hak asuh bisa saya miliki lagi, karena anak saya diasuh oleh mertua saya dibangladesh (india) . Dulu anak saya sejak lahir sampai umur 4 tahun saya asuh diindonesia, pada suatu ketika mertua saya ingin melihat cucunya. Dan saya disuruh suami saya pergi kebangladesh bersama anak saya, tetapi sumi saya tidak, karena dia bekerja dimaaysia. Sampai dtang waktu dimana limid saya berada dibangladesh hampir habis dan saya membawa anak saya pulang ke indonesia, tapi mertua saya melarang. Dia berkata, “kamu saja dulu pulang keindonesia, nanti kamu urus lagi surat2 dan kamu kesini lagi “, pada saat itu saya cuma berfikir positif, karena suami saya akan memberi saya uang kembali untuk balik ke bangladesh, ternyata tidak. Setahun, dua tahun saya tunggu tapi alasan suami saya banyak, dan nafkah saya juga tidak diberi. Sampai sekarang, pada agama berarti saya sudah bercerai. Setiap saya menelfon ke anak saya, jarang saya dapat berbicara. Karena keluarga suami saya seperti membatasinya. Pada saat saya bisa berbicara dengan anak saya, dia selalu berkata, ibu kapan mau kesini jemput arif.
    Untuk itu saya mohon penjelasan nya kepada advokatkita. Com untuk bisa memberikan penjelasan dan cara saya untuk bisa mendapatkan hak asuh saya.

  38. Pak, apakah dgn mngeluarkan kata2 kasar, istri mnt cerai, apakah bs d kbulkan oleh pngadilan?????

  39. Sy tidak mau cerai dgn istri sy krn alasanny krn sy mngeluarkan kata2 kasar, sy tdak mo pisah dgn anak sy.. Gmn pak????

  40. Jika hak asuh anak jatuh ke sy ibunya , tp dari pihak suami dan keluarga nya kukuh ingin mengasuh anak tersebut dan malah di ambil secara paksa . itu gimana min ?
    Anak sy baru berusian 8 bln dan sekarang tinggal dirumah mantan suami .
    Pas sebelum cerai pernah sy ambil tp apadaya sy dimaki2

  41. Sy sdah brcerai, akta cerai sdah keluar dan hak asuh kedua anak kami jatuh disaya,
    Tapi suami tidak terima dan menahan anak pertama, melarang sy bertemu anak saya tsb, lalu mengancam akan mengajukan gugatan balik hak asuh. Sedangkan suami sndiri sama skali tidak menafkahi anaknya yg kedua.
    Prtanyaan sy, apa bisa suami menggugat balik hak asuh anal padhal sudah incrah?

  42. Saya wanita dg 2 anak usia 3 tahun dan 6 bulan. Seandainya sy menggugat cerai suami sy apakah hak asuh perwalian anak bisa jatuh ke saya sedangkan sy hanya ibu rmh tangga dan suami seorang pns. Alasan perceraian kami krn suami berselingkuh dan bukti perselingkuhanny jg ada.

  43. Saya sudah resmi cerai sama suami saya bulan Desember 2017 terus blm ad ketetapan hak asuh anak… Setelah 3 bulan cerai akhirnya mantan suami saya mengajukan sidang masalah hak asuh anak… Sedangkan anak saya sudah berusia 11tahun 5 bulam… Kl menurut peraturan hukum sebelum anak mencapai 12tahun hak asuh masih sama ibunya…
    Apakah anak saya masih bisa jatuh sama ibunya atau disuruh pilih nantinya.
    Apabila saya membawa anak saya saat sidang pindah keluar kota… Apakah tidak bermasalah
    Krn saat sidang kan saya menggunakan pengacara…

  44. sya ad mslah dgn istri..sya ingin meoerbaikix tp istri sya trs mnta cerai…tp msalh sya ini istri sya yg slah…ap hak asuh anak jatuh k istri sya… sedang kn anak sya msih umur 3 tahun…mohon masukan nya

  45. saya mau tanya. saya dlu pernah krja di dunia mlm sebagai pemandu karaoke. tp smnjk saya hamil smpe ank saya umur 2 tahun sy sudah tdk lgi krj, dn pada suatu saat saya mengulanginya sekali untuk mnjadi pemandu karaoke, karna saya butuh uang, smpe saya mabok krn gk prnh minum dn akhirnya sy kecelakaan, dn sy menyesali itu, dan saya kapok. tp kluarga suami saya ingin sekali mengambil anak sy dr saya seandainy kami cerai. tp keseharianny anak saya selalu di bentak di cubit beneran, dn di pukul bnrn hingga dia nangis dn blg sakit, ap lg klo sdg g3u suami sy tdr, tp ank sy ttp syg sm suami sy. tp saya tdk tega mlht ank saya di perlakukan sprti itu, sdgkn sy selalu mmbri yg trbaik untuk ank sy dr, mkn, pakaian, dll yg pntg dia bhgia, dn sy sdh brsh minta maaf tp sy sprti tdk di maafkn. dn di slhkan trs dn mreka pingin bgt merebut ank sy. apkh bsa hak asuh itu ttp jth ke saya ibuny. tolong bntu sy. krn sy ttp ingin ank sy brsm sy. krn dlu suami sy tdk mnghrpkn ank saya dia minta sy mnggurkan smpe sy hmil pun ksh syg ny brkrg dn dia srg skali bentak sy, intiny dia brbh. tolong bntu saya

  46. saya seorang istri yg ingin bercerai dengan suami krna alsan sdh tidak ada lgi kecocokan dan paham, saat saya minta cerai saya diksh uang untuk mengajukan cerai dipengadilan, dan saya pnya ank perempuan usia hampir 5th apakah hak asuh akan jatuh pada saya? mohon pencerahannya trima kasih

  47. anak saya perempuan berusia 4bln apakah hak asuh anak saya bisa jatuh ke tangan saya? meski dahulu saat bertengkar saya pernah mengeluarkan kata2 (bawalah anakmu) namun itu dlm keadaan emosi dan sekarang kata2 itu yg selalu di jadikan bomerang ama suami…
    sebenarnya sy seorang ibu yg sangat menyayangi ank2 saya…
    tolong pencerahannya terimakasih

  48. Hak asuk anak perempuan ada di ibu atau ayah

  49. Mau bertanya nih, klw istri yg selingkuh terus mengenai hak asuh anak yg belom berumur 12 tahun, apakah tetap bisa jatoh k tangan ibu nya, sedangkan anak tersebut sudah d bawa sama ayah nya, dan ayah nya sampe kapan pun akan tidak akan mngijinkan kembali lagi sama ibu nya, minta spplusi nya. Trimakasih

  50. Mau bertanya nih, klw istri yg selingkuh terus mengenai hak asuh anak yg belom berumur 12 tahun, apakah tetap bisa jatoh k tangan ibu nya, sedangkan anak tersebut sudah d bawa sama ayah nya, dan ayah nya sampe kapan pun akan tidak akan mngijinkan kembali lagi sama ibu nya, minta spplusi nya. Trimakasih

  51. Suami saya tidak bekerja, tetapi masih mampu untuk sekedar membeli susu bayi.anak saya berumur 1,5 tahun..
    Saya melakukan kesalahan wnggapkah saya selingkuh, apakah hak asuh anak jatuh pada suami saya?karena suami ingin mengakhiri dan saya sdh talak 2. Itupun karena suami saya selingkuh 2x.

  52. *note
    Saya adalah karyawan swasta di salah satu perusahaan asuransi.

  53. Jika ibu belum mendapatkan pekerjaan, anak masih di bawah 12th, ibu tdk memiliki catatan buruk dr kepolisian, apa hak asuh anak masih bisa jatuh pada ibu?

  54. Saya seorang ibu, saya sekarang sedang proses gugat cerai & hak asuh anak.

    Di persidangan kedua kemarin, suami kekeh minta hak asuh anak krn suami berdalih bahwa saya mau banting anak dan saksinya adalah ibunya sendiri.
    Memang waktu itu ada kejadian saya ngomong kata “saya banting km”, dan pada saat saya ngomong itu disitu ada ibunya. Maksd saya, saya bukan mau banting anak tp mau banting bantal ke suami saya.

    Nah kemaren dipersidangan hakim nanya, “apakah ada bukti fisik ibunya mau banting anak?”
    Dia berdalih, tidak ada krn langsung dia ambil tp dia punya saksi yaitu ibunya.

    Kira² itu bisa memberatkan saya untuk mendapatkan hak asuh anak sebagai ibunya atau tidak?? Mengingat selama hamil saya tidak pernah dinafkahi oleh suami bahkan suami punya pacar lagi

  55. Jika anak umur 1tahun masih bisa diambil hak asuh nya sama bapak nya..

    1. pak saya mau bertanya. Saya diceraikan oleh suami dan sudah dikembalikan ke orang tua atas keinginan saya sendiri karena perlakuan keluarga mereka terhadap saya yang tak pernah di anggap sebagai istri. Anak saya baru berumur 7 bulan tepat hari ini, saya sama sekali tidak boleh merawatnya. Ketika saya di pulangkan, anak sedang di gendong malah diambil paksa oleh mertua. Apakah saya bisa mendapatkan hak asuh anak tersebut. Mohon penjelasannya

  56. Saya sedang proses perceraian dengan istri saya..namun sblm ada putusan pengadilan istri saya sudah nikah siri dan tinggal serumah dgn laki2 lain..apakah saya bisa mendapatkan hak asuh anak saya dgn alasan istri sudah menikah lg sblm putusa. Sidang???

  57. Saya bercerai dr suami sudah 1th & selama 1th itu saya tidak diperbolehkan untuk bertemu anak, bahkan keluarga besar mantan suami juga mendukung keputusan mantan suami untuk menjauhkan saya & anak saya. Anak saya dibawa mantan, dari saat pengajuan cerai.. Apa yg harus saya lakukan? Saya kangen banget & pengen ketemu anak.. Tp segala akses untuk ketemu anak ditutup sama mantan suami.. Apa yg harus saya lakukan? Mohon pencerahannya..

  58. Selamat pagi,, sy akan menggugat cerai istri sy dikarenakan dia selingkuh,,, pd saat ke jadian pertama istri sy ketahuan sy lg chat sm selingkuhnya pd tengah mlm,,, dia minta maaf dan sy maafkan,, dan berjanji tdk akan mengulangi lagi. Dan seiring ya waktu akhirnya ketahuan sy sedang chat kembali dgn selingkuhnya,,, dan yg kejadian ke 2 ini Chat nya sy screnshot tuk bukti perceraian sy… Yg sy mau tanyakan tuk hak asuh anak sy yg berusia 8 thn ini biasa kah jatuh ke sy.. Sekian dan trm kasih

  59. Saya mau bertanya . Apakah bisa hak asuh anak didapat ibuknya walaupun dalam kasus perceraian ini si ibu yang salah . Telah melakukan perselingkuhan dan melalukan hub suami istri .
    Tapi karna alasan si ibu kepepet dan butuh uang karna si suami tidak pernah memberi nafkah dana selalu minta ini itu sama sii istri .
    Moho saranya .

    1. Ya bisa saja anak tersebut jatuh ke tangan suami jika suami mengangkat permasalahan tersebut di persidangan, namun yang memutuskan semuanya itu majelis hakim

  60. Sy mempunyai anak prempuan usia 2 thn,dia ABK(tuli,low vison,pjb) suami menggugat sy dgn alasan sy selalu tdk merasa cukup secara ekonomi(kenyataanya intervensi mertua yg memisakan kami). Apakak ketika sy mengajukan hak nafkah untuk anaknya,tetapi di luar batas penghasilanya hakim akan mengabulkan,tuk saat ini dan sampai beberapa waktu yg tdk bisa d tentukan sebelum dd bisa mandiri sy jelas tdk bisa bekerja,apa yg harus sy lakukan agar mempermudah jalanya persidangan? Krn sy cari artikel yg membahas jika anaknya “ABK” belum menemukan? Mohon jawabannya.

  61. apakah dalam sidang perceraian di pengadilan agama saya (suami ) sudah bisa menggugat hak asuh anak? anak sya masi dibawah 12 tahun tetapi banyak hal yang memberatkan saya untuk menyerahkan anak sya ketika sudah bercerai kepada istri sya .sy mempunyai bukti pendukun gugtan sya , cuma sy masih bingung apakah dalam persidangan perceraian sy sudah bisa menggugat hak asuh anak?

  62. Maaf saya mau tanya, saat ini saya baru saja akan menjalani sidang perceraian, 2bulan setelah menikah, hingga saya hamil dan melahirkan, saya tidak pernah mendapat nafkah materi dari suami termasuk utk biaya persalinan dan kebutuhan anak sehari2. Saya posisi bekerja di luar kota, pulang ke rumah setiap 6hari sekali, dan setiap ada kesempatan libur, selalu saya gunakan utk pulang dan merawat anak saya, dan utk perawatan anak saat saya bekerja, diasuh oleh orang tua saya. Anak saya saat ini berusia 1thn. Apakah ada kemungkinan hak asuh anak dapat jatuh pada suami saya? Mohon kejelasannya

  63. Saya mau tanya. Saya sdh cerai krn SUAMI KDRT. Skrng saya kembali tinggal bersama org tua saya. Saya sdh gugat suami dan sdh cerai satu bln lalu. Anak saya 2 orang, yg kesatu perempuan usia 6 th, yg kedua 2 thn laki2. Stlh saya meninggalkn rmh krn kdrt kedua anak ada bersama saya. Namun selama proses sidang dia tdk pernah dtng.. Tetapi dia ngotot mau mengasuh anak yg pertama. Krn jarak rmh org tua saya dan tempat tinggal dia dekat, dia mengambil anak yg pertama semaunya saja dan kpn saja saat anak bermain di luar rmh. Saya jg tdk mau anak mrsa seolah2 dia diperebutkn oleh kedua orng tuanya dan tertekan krn mslh kmi. Bbrp kali saya mau ketemu dan rindu dg anak saya tdk diperbolehkan ketemu dan bahkan dia bilang ke orng2 anak saya tdk mau ketemu lagi dg ibunya. Padahal sebenarnya anak saya sdh dibatasi tdk blh bermain jauh2 dr rmh dan tdk blh ktmu saya. Akhrnya beberapaka kali jg saya temui anak saya disekolah, dia bilang dia rindu dg adkny jg tpi tdk blh ketemu oleh ayahnya. Proses sidang slsai dg putusan verstek dan Hak asuh sdh dg saya slku ibu. Namun sdh satu bln lebih stlh putusan saya masih tetap tdk biasa menemui anak saya dg leluasa. Bgaimana sebaiknya krn anak saya masih dg ayahnya,,, saya sdh punya hak scr hukum tpi saya jg tdk mau anak saya semakin tertekan krn hal ini. Apa saya ambil anak saya dr sana tpi jrk kmi berdekatan, dia bisa saja tetap seenaknya mengambil anak saya atau biarkan dulu anak saya disana tpi saya takut efek buruk terhadap anak saya..? Saya ingin anak saya tinggal bersama saya klo dia mau ketemu silahkan tpi dg baik2.Stlh ptusan dia tdk peduli hak asuh dg saya. Malah 1x saya mencoba menemui anak saya dan ingin mengajaknya nginap 1mlm saja saat dia libur hr minggu, ditempat orng tua saya, malah saya didorong dan katanya tdk blh dan tdk ad hak asuh. Anak saya sdh bisa menyimpan kesedihan dan saat itu ia menangis. Dan akhirnya saya pulang saja. Dua hari setwlah itu saya temui anak saya disekolah, dia blng knp mama tdk jemput dia, saya bilang biarlah dia bersama ayahny dulu. Klo papany mrh jangn mlwn biar tdk kna marah.Mama tetap sayang nanti ada saatnya kita kumpul lgi dg mama. Mhn solusiny soalny dia ini tipe orng yg apa mauny hrs dpt tdk peduli apapun. Jdi dibicarakan baik2 dia tetap ngotot.

  64. Saya ibu rumah tangga dari balita 1 tahun dan 2.5 tahun. Mengurus 2 balita tanpa bantuan prt membuat saya lelah dan mudah emosi. Karena saya terlalu lelah suka asal chat di WA suami dengan berkata asal untuk mendapat perhatian suami seperti” saya gak suka sama anak kita yg pertama…kamu kasih saja ke neneknya. Saya gak tahan anakmu yg pertama rasanya saya pengen pukul”. Itu saya utarakan via WA. Faktanya saya tdk pernah mukul anak saya..sy tdk pernah berkata kasar sama anak saya. Namun saya dan suami saya jika bertengkar suka saling mengumpat. Saya ingin mengajukan cerai tapi suami saya minta hak asuh anak pertama. Saya mau kedua hak asuh sama saya. Saya tidak bekerja ( dulu bekerja berhenti krn punyak anak). Akankan hak asuh jatuh pada suami krn bukti2 percakapan WA yg dianggap saya berperilaku tidak baik?Mohon pencerahannya. Terimakasih.

  65. Saya sudah ditalak cerai..kmi sering cekcok gk habis2nya..dan aku juga sdh gak nyaman berumhtgga ma suami..masalahnya saya ingin ajukan cerai tp saya berdomisili dimanado sdgkan kmrin nikahnya kami di jambi.. Apa bisa saya gugatnya di manado? Msakah anak biarlah diasuh bersama… Trimakasih

  66. Biasanya berapa lama proses sidang untuk pengajuan hak asuh anak

  67. Saya punya kaka ipar yg baru2 ini cerai dgn istrinya dan punya anak perempuan yg tinggal satu rumah dgn org tuanya.sekarang saya jadi korban ke 3 yg bercerai diantara 4 bersaudara dari istri dan punya anak laki laki umur 4 tahun dan tinggal bersama mereka.bolehka hak asuh ada pada saya

  68. saya ingin bertanya. saya beragama kristen.
    stelah perceraian di pngadilan negeri.
    pengedilan memutuskan hak asuh kpd ibunya. ank perempuan 3 thn.
    setelah itu mantan saya menikah lg dgn seorang laki yg pnya ank 1.
    apakah hak asuh itu bisa dicabut & diberikan kpd saya dgn menimbang resiko ank saya yg saat ini punya ayah tiri.

  69. saya ingin bertanya. saya beragama kristen.
    stelah perceraian di pngadilan negeri.
    pengedilan memutuskan hak asuh kpd ibunya. ank perempuan 3 thn.
    setelah itu mantan saya menikah lg dgn seorang laki yg pnya ank 1.
    apakah hak asuh itu bisa dicabut & diberikan kpd saya dgn menimbang resiko ank saya yg saat ini punya ayah tiri.

  70. Istri saya tidak mau menurut kepada saya. anak Saya 2 ,umur 2,5 tahun Dan 3 bulan(waktu itu,skrg sudah meninggal) . Saya bekerja. Awalnya istri bekerja namun karena meninggalnya anak kedua Saya sarankan agar tdk bekerja saja,full Urus anak karena anak tinggal 1dan itulah harta satu2nya. Saya bekerja sendiri pun smnua kbutuhan terpenuhi dan lebih dari cukup. 6 bln sejak istri Saya tdk bekerja, ngotot pengen kerja lagi.. Tetapi siapa yg Urus anak? Akhirnya mengandalkan Mertua,tante2nya, saudara lainnya yg pasti merepotkan. Pengasuh pun susah dicari. Jam kerja istri Saya lebih pjg Dr saya. Jujur bolak balik ke rmh Mertua melelahkan untuk saya.tetapi istri saya tdk peduli ,tdk kasian sama ibunya sndri bahkan pulang pun diatas jam 8 malam setiap harinya. Yang sebabkan Saya Dan anak seperti tidak diurusi Dan dperhatikan lagi. Hal ini sudah sering terjadi dalam 3 tahun ini. Saya merasa cape Dan ingin mengakhiri saja.. tetapi anak akan Saya bawa karena istri Saya bekerja kembali Karena ingin menghindari urusin anak. Bagaimana hukumnya.dan bagaimana prose’s cerai dengan keadaan seperti diatas. Terimakasih

  71. Saya mau tanya. Sebentar lagi saya akan bercerai.. 1thn 1bln saya sudah pisah rumah dengan dia. Bahkan dia tidak pernah memberi nafkah untuk saya juga anak saya. Pernah hanya memberi susu itupun selama 1thn bisa dihitung. Anak saya perempuan.. Saya yg merawat mencari uang untuk kebutuhannya. Merelakan membagi waktu demi mencari uang untuk anak saya. Dan ayah nya meminta hak asuh ank saya. Saya tidak rela lahir batin.. Dia tidak bertanggung jawab tidak dewasa. Saya tidak akn ikhlas. Dan kata orang-orang hak asuh anak perempuan adalah orang tua laki.. Ini tidak adil bagi saya. Apalagi ayahnya akan menikah lagi setelah kami bercerai. Akan kah anak saya akan baik baik saja? Saya tidak mau.. Anak saya berumur 2thn 7bln. Dialah alasan saya bertahan hidup. Mohon bimbingannya..

  72. Saya ibu dr 2 org anak,usia anak saya 10 thn,dan 1,6 tahun,saya ingin menggugat cerai suami saya,kna Dy berselingkuh,dan Dy sudah terang”an berbicara dgn org tuanya,.
    Selama menikah 11 th,saya pernah mendapat kan kdrt ,dan yg lebih membuat saya sakit n sedih anak” saya TDK pernah diakui nya,
    Yg ingin saya tanyakan,,dapatkah saya mendapatkan hak asuh anak” saya,sedangkan saya TDK bekerja,saya hanya usaha kecil” an dirmh…terimakasih

  73. Apakah saya bisa meminta hak asuh anak saya yg telah 4 thn d rawat oleh mantan suami sya, di karnakn skarang perekonomian mereka memburuk, dan skarang tinggal masjid, tapi mantan suami sya tdk mmperbolehkan…
    Tolong masukkannya…..

  74. Asalamualaikum,
    Mohon pencerahan.
    Saya dan mantan suami sudah bercerai sejak 4 thn lalu. Alhamdulillah hak asuh anak jatuh ke tangan saya. Namun, selama 4 tahun ini, mantan suami sama sekali tidak memberikan nafkah pada anak.
    Pertanyaan saya, bisakah saya menuntut nafkah untuk anak saya?
    Bagaimana cara menuntut nafkah anak?
    Terima kasih. Wasalamualaikum

Leave a Reply

Close Menu