Home / Informasi Hukum / 3 Cara Mudah Untuk Mengambil Akta Cerai Di Pengadilan

3 Cara Mudah Untuk Mengambil Akta Cerai Di Pengadilan

Bagi anda yang ingin mengambil akta cerai di pengadilan agama, anda harus telah mendapatkan putusan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht). Bagi anda yang permohonan atau gugatannya perceraiannya ditolak oleh majelis hakim, atau sudah dikabulkan namun masih menunggu 14 hari jikalau masih ada upaya hukum lain, maka anda belum bisa mengambil dan mendapatkan akta cerai. Akta cerai biasanya baru bisa diambil di pengadilan selambat-lambatnya dalam kurun waktu 2 bulan, dan paling cepat dalam waktu 1 bulan.

Akta cerai sendiri merupakan bukti yang sah bahwasanya anda sudah tidak berumah tangga lagi. Akta cerai ini akan diminta oleh pihak KUA (Kantor Urusan Agama) jika nanti anda ingin melangsungkan pernikahan lagi dengan orang lain.

Cara pengambilan akta cerai ini dapat dilakukan dengan tiga langkah. Pertama, anda bisa mengambil secara personal. Kedua, anda bisa menggunakan kuasa insidentil yaitu keluarga. Ketiga, anda bisa mengambil akta cerai dengan menggunakan kuasa hukum atau jasa advokat pengacara.

Dibawah ini, kita akan membahas mengenai cara, prosedur serta syarat-syarat pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama:

  1. Akta Cerai Diambil Secara Personal
    Jika permohonan anda telah dikabulkan, dan telah memiliki kekuatan hukum tetap, anda dapat mengambil sendiri akta cerai tersebut dengan membawa persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
  • Membawa Kartu Identitas KTP
  • Membawa Nomor Perkara yang terdapat pada Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) atau yang terdapat pada Surat Panggilan (Relas Panggilan)
  1. Menggunakan Kuasa Insidentil (Keluarga)
    Selain bisa diambil secara personal, anda juga dapat mengambil akta cerai dengan mewakilkannya kepada keluarga. Misal, ayah, ibu, anak, atau saudara. Adapun untuk persyaratan yang harus dipenuhi ketika ingin menggunakan kuasa insidientil adalah:
  • Surat Kuasa
    Surat kuasa harus memuat dengan jelas maksud dari pemberian kuasa tersebut (untuk mengambil akta cerai) dengan menyertakan nomor perkara. Selain itu, surat kuasa harus dibubuhi dengan tanda tangan diatas materai dari pihak yang telah memberikan kuasa.
  • Photo Copy KTP Pemberi dan Penerima Kuasa
  • Kartu Keluarga atau surat keterangan dari desa atau kelurahan yang menyatakan bahwa ada hubungan kekeluargaan dengan pemberi kuasa.
  1. Menggunakan Jasa Kuasa Hukum (advokat pengacara)
    Bagi anda yang menggunakan jasa advokat pengacara, anda bisa mewakilkan pengambilan akta cerai tersebut di Pengadilan Agama. Anda bisa langsung mengkontak advokat atau pengacara anda, dan setelahnya nanti advokat atau pengacara akan mengurus semua keperluan administrasinya sampai tuntas.

BACA JUGA : INI DIA BESARAN JASA ADVOKAT PENGACARA SAAT INI

Nah, untuk prosedur pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama adalah sebagai berikut:

  • Mengambil Nomor Antrian
    Ketika anda datang ke Pengadilan Agama, biasanya akan ada petugas yang menanyai maksud dan tujuan anda datang kepengadilan, langsung saja bialng ingin mengambil akta cerai. Dan jangan lupa bawa persyaratan yang telah disebutkan diatas. Jika perkara anda merupakan permohonan, maka anda akan mendapatkan antrian dengan kode P misal P5, sedangkan jika perkara anda merupakan gugatan, maka anda akan mendapatkan kode G, misal G3.
  • Mengambil Akta Cerai
    Jika anda sudah dipanggil, silahkan anda langsung menghadapke meja III atau loket akta. Jika memang akta cerai anda sudah dapat diambil, maka anda akan diarahkan untuk membayar biaya salinan putusan dan akta cerai ke loket pembayaran atau kasir. Petugas pada loekt akta atau meja III hanya akan memberikan salinan putusan dan akta cerai setelah anda menyelesaikan biaya administrasi pada loket kasir dan telah adanya tanda terima bukti penyerahan. Untuk kisaran biaya pengambilan akta dan salinan putusan sendiri itu kurang lebih sebesar Rp. 50.000.

Demikian informasi dari kami. Semoga bermanfaat.

Salam Hangat advokatkita.com

Tentang AdvokatKita

Kini hadir di tengah-tengah anda untuk membantu memberikan Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami siap membantu anda menyelesaikan permasalah hukum anda seperti Masalah Perceraian, Hak-hak Bekas Istri, Nafkah, Hak Asuh Anak, Pembagian Harta Gono Gini, Waris, Izin Poligami, Itsbat Nikah, Dispensasi Nikah, Pembatalan Nikah, Wali Adhol, Sengketa Wakaf, Wasiat, Hibah, Sengketa Ekonomi Syariah dll.

Baca disini juga

Bagaimana Cara Mengajukan Gugat Cerai Tanpa Buku Nikah?

Banyak sekali yang bertanya kepada team advokatkita.com mengenai bagaimana cara mengajukanan gugatan cerai tanpa buku …

169 Komentar

  1. assalamualaikum,
    saya mau nanya, saya mau mengambil akte cerai no pekara saya ada,tapi KTP saya hilang apakah akte cerai saya bisa di ambil.selain dari KTP syarat apa yang harus saya bawa untuk ngambil akte cerai

  2. Saya sudah bercerai secara agama dengan istri saya 15 thn yg lalu tapi tidak pernah mengurus akta cerai. saat ini saya berencana untuk menikah lagi, apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan akta cerai tersebut

    • Secara hukum negara, ibu statusnya belum bercerai, jadi ibu harus mengajukan cerai dulu dengan suami ibu ke pengadilan agama, untuk mendapatkan akta cerai.

      • Berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk membuat akta cerai tersebut, karena saya sudah berpisah selama 15 tahun dengan mantan istri saya tersebut. Dan mantan istri saya saat ini sudah menikah lagi.

      • Kakak sya sudah bercerai satu tahun yg lalu, mantan suami nya tinggal d bndung dan kakak saya tinggal d jawa beserta anak bungsu nya yg berusia 13 thun,
        Skarang sang ibu ingin membuat kk baru yang berisi dirinya dan anak nya, tetapi darivpihak sang ayah tidak mau menguruskan surat pindah dang anak,dan bermaksud membuatkan kk baru yg berisi sang ayah beserta istri baru nya,padahal sang anak sejak ayah ibu nya bercerai sudah tinggal dg ibu nya, skolah dg biaya sang ibu, dan juga makan sehari2 juga dg hasil kerja sang ibu,,
        Bagaimana solusinya ya pak?

    • Ass. Mantan istri saya suda dapet akte craii.. Apakah sya dapet surat ke dudaan jga

  3. cara melihat nomor perkara perceraian dimana..mantan istri saya sudah menikah lagi dan saya dulu menikah di kalimantan.bisa kah akta cerai saya ambil di kediri..dan apa saja yg perlu saya siapkan.terima kasih

    • Bisa dilihat di surat gugatan, relas panggilan, atau bisa langsung mendatangi pengadilan tempat dulu mengajukan perceraian.
      Akta cerai bisa diambil di tempat dahulu mengajukan perceraian.

  4. cara mengambil akta cerai gmn ya…sedangkan saya tidak dikasih tau no perkara nya…

  5. Mau tanya mantan suami saya sudah mendapatkan akta cerai kenapa saya minta ke pengadilan agama blm beres yah? Apa krna alasan mantan suami saya saya nya hilang? Pdhl putusan sudah dr maret 2017

  6. Saya mau tanya, saya dan suami bercerai baik2. Hubungan kami pun sangat baik setelah putusan pengadilan. Apakah akta cerai suami bisa saya ambil sekalian pada saat pengambilan akta cerai saya? Mengingat mantan suami saya bekerja di luar kota dan keluarga menyerahkan urusan ini kpd saya

  7. Mao tanya kalau surat pemanggilan sidang untuk pembacaan ikrar hilang bagaimana yah?

    • Bapak bisa langsung datang ke pengadilan saat jadwal ikrar dilaksanakan.

    • maaf sy mau nanya, sy udah putusan sidang cerai dikabulkan oleh hakim sejak tgl 19 oktober.. namun masih harus menunggu panggilan sidang ikrar talak.. hingga kini sudah tanggal 6 februari.. pertanyaan sy, kira-kira biasanya berapa lamakah menunggu panggilan sidang ikrar talak terhitung sejak tanggal putusan yg telah dikabulkan oleh hakim? trims

  8. Saya pernah di gugat cerai thn 2012 dan putusan perkara 2013,tp akta cerai blum saya ambil sampai sekarang krn saya memang tdak pernah kembali ke Indonesia.
    Dan sekarang saya berniat mengurus melalui kuasa advokat berapa Kita-kira biaya yang pantas?

  9. Hallo saya mau tanya,saya sudah + 15 thun yg lalu di cerai sama suami,ttpi saya tidak pernah tau no perkara,sedangkan saya belum memegang surat cerai,bagaimana cara saya untuk mengambil surat cerai tersebut.

  10. Saya mau tanya , singkat cerita saya cerai agama /talak Pada thun 2010 , terus saya nikah sirih sama suami sy yg skrg pd thun 2014 dan sy udah dapat akte cerai dari suami pertama Pd thun 2017 , nah sy mau tanya , saya bisa gak ajuin isbat nikah saya kepengadilan agama biar dpt akte anak saya , makasih

  11. Mau tanya, sy lihat status sy di web pa minutasi. Mksdnya apa ya? Trkhir sidang tgl 18 sept, sdh putus talak, tinggal ikhrar

  12. Iya Pak , saya udah dapat akte cerai dari pengadilan agama bulan September 2017.
    Jadi sy mau tanya bisa gak saya ajuin Isbat nikah sama suami sy yg ke2 , karna kami nikah tahun 2014 secara sirih
    dan skrg sy dah punya anak dr suami sy ke2 , saya ajuin Isbat biar dapat akte anak , gimana Pak solusi nya ?

  13. Saya mau tanya dong mantan istri saya sudah menikah lagi dan mereka yg gugat cerai waktu itu dan saya tidak mendapatkan akte cerai nya
    Bagaimana cara saya mendapatkan akte cerai lagi dipengadilan bisakah?

  14. Saya Cerai dengan istri saya 2014 dan saat itu saya meminta bantuan dari pihak keluarga istri saya untuk mengurus semuanya, Tapi yang saya dapat saya hanya di buatkan SURAT pernyataan di atas kertas dg tulisan tangan yang di tandai tangani oleh saksi saya .
    Saya tidak pernah menerima akta cerai dari Pengadilan.
    Lalu beberapa bulan kemudian istri saya menikah lagi dengan laki laki lain..
    Apakah saya bisa mendapatkan Akte tsb..?
    Dan Apakah harus di Pengadilan Agama di mana saat itu saya menikah, saya mengurus semuanya.?
    Mengingat saat ini saya sudah berbeda wilayah.
    Mohon bimbingan nya pak, Terimakasih banyak.

    • Istri bapak menikah lagi dengan status dibawah tangan (nikah siri)
      Jika bapak ingin mendapatkan akta cerai, bapak harus mengajukan permohonan cerai talak kepengadilan di tempat tinggal istri sekarang.

  15. Saya mau tanya, rekan saya kan sudah mengajukan perceraian,, tapi dia suruh pengacara untuk mengurus semuanya, setelah sidang terakhir dilakukan pada tgl 11 September 2017,, sampe sekarang ko blm keluar ya akta cerai nya ?
    Apaan bisa kalo rekan saya menanyakan akta cerai di pengadilan yg bukan tempat kita mengadukan gugatan cerai ?
    Mohon infonya terimakasih

  16. min saya mau nanya saya mau ngambil surat cerai saya di pengdlan agama namun saya sebagai tergugat
    syrat nya hanya ada ktp saja bisa tidak ya ?

  17. Min saya mau tnya,sya sbgai penggugat.. Sya ajukan cerai ghaib karna sya tdk tau kberadaanya smenjak 2 taun lalu dy meninggalkan sya.. Pda tgl 26 oktober kemaren gugatan saya dikabulkan. .dan sya cek ststus di website perkara sya sudah pada status minutasi. ..yg sya tnykan.. Pengrtian minutasi apa? dan berapa lama akta cerai sya terbit.. Krna kedua belah pihak harus menandatangani keputusan ini ,akan tetapi panitera masih dlam pencarian mncari tergugat..

  18. Ass’salamualaikum wr wb .
    Min sya disini sebagai pengugat dan sya jg sudah melewati proses perceraian sya .
    Dengan baik alhamdulilah .

    Tinggal nunggu terbitnya akte cerai.
    Padahal dari sejak hari putusan . Itu suami saya sudah mendapat kan relas putusan jg .
    Kenpa belum terbit jg ???

    Kira” kenpa ya kok lama
    Terimakasih sebelumnya

  19. Aku udah pisah lama ama istri semenjak Th.2005 sampai sekarang Th.2017,namun belum punya akta cerai,bagaimana cara urus biar dapet Surat Akta Cerai?dan berapa biayanya?Tolong kasih tahu?Terima kasih.

  20. Saya mau tanya,,, saya sudah sidang putusan bulan september,, tapi sampai saat ini akte cerai saya blm turun juga, saya sudah tlp berkali2,saya menikah dijakrta, dan saya mengajukan gugatan saya di Tangerang,, karena skr saya berdomisili di Tangerang, mantan suami Jakarta,, hal apa yg membuat akte cerai saya blm turun,,, oiya pas sidang dia tidak pernah hadir

  21. Sya mau tanya,td siang sya baru mengambiL akta cerai dan eks suami sya meminta sya sekalian ambil akta cerai nya.krna sya pikir sdh ad d dlm map kedua akta nya,jd sya tdk br’tnya lg.tr’nyata stlh sya cek d rmh hnya akta saya saja yg ad,akta eks suami saya tidak.apakah bs sya mewakili ambil akta eks suami sya?
    Ap saja syart nya ?
    Sblm nya trima ksi

  22. Saya mau tanya, kan saya sm mantan saya udah lama pisah dan tanpa sepengetahuan saya ternyata dia sudah mengurus akta cerai dan menikah lagi dwngan orang lain. Dan saat ini saya juga sudah menikah, namun saya mempunyai kendala pada saat akan mengurus akta nikah saya dengan istri saya yg sekarang, karena saya tidak memiliki akta cerai, tapi sedangkan di surat keterangan pindah antar provinsi yg dikeluarkan catatan sipil tempat lama saya ada keterangan nomor akta cerai dan tanggal bercerainya. Pertanyaan saya, apa saya bisa mengurus akta nikah saya yg sekarang hanya dengan hanya menunjukan nomor akta cerai saya tanpa ada copy akta cerai? Dan jika memang harus ada lampiran akta cerai, bagaimana saya bisa mendapatkannya? Sedangkan saya tidak pernah tahu mantan istri saya mengurus akta cerainya di pengadilan agama mana, dan saat ini saya benar2 hilang komunikasi dengan mantan istri saya. Terimakasih sebelumnya, mohon penjelasannya.

    • 1. Saudara tahu istri mengetahui mengurus akta cerai dari siapa?
      2. Saudara bisa menelusuri dimana tempat mantan saudara melakukan pernikahan untuk di datangi KUA nya.
      3. Datangi KUA ybs, dan disana akan terdapat data data perceraiandari mantan saudara.

  23. Saya mau tanya… Biasa kah merubah alamat akte cerai. Soalnya alamat di akte cerai berbeda dengan buku nikah. Dan misal tidak di ubah… Apakah kedepannya di permasalahkan ga ya khusus nya pihak wanita untuk menikah lagi.
    Dan saya dikira dituduh memalsukan data… Sementara saya kan minta tolong kepada pengacara agar supaya beres…. Tapi kenapa pihak perempuannya mau nuntut ke jalur hukum. Padahal dari pihak perempuan sudah memberi surat kuasa kepada pengacara.

  24. salehsadel salehsadel

    Saya mau tanya saya suami yg tergugat di persidangan saya tk perna hadir apakah saya bisa ngambil akte cerainy? Trimah kasih

  25. mau tanya..
    kalai pengambilan akta cerai insidentil itu lewat surat kuasa dari notaris ..
    yg mau saya tanyakan berapa biayanya buat surat kuasa itu sendiri???

  26. Saya nuraini mo tanya. Kan saya dah ketuk palu tgl 15november2017.kira2 akte cerainya jadi nya kapan ya.

  27. Assalamualaikum, ambil akta cerai yg sudah 5 tahunan, kira kira brp biayanya
    Terima kasih

  28. Mau tanya nih min?
    Setelah pengucapan ikrar apakah akte cerai langsung keluar
    Thanks

  29. Saya mau mengambil akta cerai. Tapi nomor perkara tidak ada. Karena waktu itu yg mengurus perceraian mantan istri saya. Bagaimana solusinya?

  30. Maaf sy mau tanya, tgl 17 okt 2017, gugatan cerai sy di kabulkan oleh pihak pa kotq tangerang, tp sampai skrg akta blm terbit, ktika sy tanya ke pihak pengadilan, alasannya krn tergugat tinggal d wilayah pa kab tangerang, dan sampai skrg tergugat tdk diketahui keberadaannya. Yg ingin sy tanyakan, apakah jika tergugat tdk diketahui lg tmpt tinggalny ( pindah tanpa memberitahu dr alamat sblmnya) maka akta cerai tdk akan terbit sampai tergugat menerima hsl putusan sidang atau bagaimana? Krn ketika sy bertanya ke pihak pengadilan, penjelasan nya sy kurang paham. Terimakasih.

  31. Raden indra susanto

    Saya mau tanya, saya nikah di kab. Cirebon tapi eks istri gugat cerai di PA. Brebes. Yg mau saya tanyakan kira kira dimana akta cerai saya berada apa di PA. Sumber cirebon atau PA. Brebes karena eks istri menggugat di brebes Trimakasih

  32. Sya mau mengajukan cerai dengan istri saya,permasalahnnya adalah buku nikah asli dan fotocopy dibawa dia,dan keberadaanya sekarang sya tidak tau krna sudah 4 taun berpisah….jadi solusinya bgaimana y?

  33. Saya mau tanya nih pak….ibu dan bpk sya sdh bercerai dr tahun krng lbh 2002…tp smnjk tu ibu sya tdk mngambl srt cerai atau akte nya…bpk sya hnya mngambil akte cerai ny sndri….klo sya ingin mncari atau mngambl akte cerai ibu sya skrg bisa tdk???bagaimana cara nya sya bs mngambl akte cerai ibu sya pak???trmakasih…

  34. berapa lamakah untuk sidang ikrar setelah sidang putusan berlangsung soalnya sudah sebulan belum ada panggilan lagi…?

  35. Min mau tanya dong
    Saya yang di gugat dapat kabar dari mantan istri saya yang menggugat bahwa akte cerai sudah jadi,sedangkan saya tidak ada nomer perkara dan mantan istri saya pun nomer perkara nya hilang.
    apa yang di butuhkan untuk pengambilan akte cerai,apa bisa dengan KTP asli saya?
    Thanks min

  36. Saya mau ambil akte cerai
    Gugatan januari 2017 di pa bekasi
    Syarat apa aj

  37. Hendra harbi priantho

    Assalamualaikum,,maaf manganggu,saya hanya bertanya,posisi saya kan sudah cerai dengan mantan isteri saya & saya mau ambil surat cerai saya,cuma kendala surat dari pengadilan agama tidak tahu ada di mana,tapi KTP /identitas saya ada,kira-kira bagaimana car untuk mengambil nya ya .
    Terima kasih

  38. Assalamualaikum ….
    Selamat malam min,saya mau tanya,
    Sy sdh bercerai dgn isti saya,istri sdh dpt akta cerai nya,sedangkan saya belum mendapatkan akta cerai,
    Bagaimana cara mengambil akta cerai saya?
    Trus saya tidak tahu nomer perkara nya,sy tanya ex istri dia juga bilang ga tau,apakah bisa?
    Terima kasih

  39. Assalamu’alaikum..
    Pak saya mo nanya,setelah mediasi kn suami disuruh bayar iwadh dn mut’ah,dn dibayar setelah sidang akhir,apakah it nnti ttp dikeluarkan oleh pihak pengadilan pas akhir sidang ap gmn?meskipun tdk menuntut nafkah iddah kesuami,mksh

  40. Mav sya mau tanya.klua sya berdomisili d tangerang kota.Trs sya mnikah d tangerang selatan.trs sya brcerai sudh lma.sya mau mngmbil akta cerai sya.sya ambil d pngadilan tngsel ap pngdilan tangerang kota ya.mksh

  41. saya ingin bertanya, jika perkara telah diputuskan dg hasil bercerai tetapi akta cerai masih dalam proses, bisakah saya mengurus KTP terkait penggantian status? mengingat saya belum mempunyai bukti telah sah bercerai secara otentik selain putusan hakim itu sendiri, terimakasih

  42. Assalamualaikum..Maaf sebelumnya saya ingin bertanya .Eks suami saya mengajukan gugatan cerai thn 2016 di Pengadilan Agama Watampone kota Bone, sedangkan saya berdomisili di Makassar. Apa bisa surat cerainya saya ambil di Pengadilan Agama Makassar ?terkait kendala saya tidak ada keluarga yg bisa diwakilkan di Bone dan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan untuk ke Daerah.
    Terima Kasih

  43. Keputusan pengadilan sudah selesai tapi saya dan istri saya tidak mengambil akte cerai lalu kami menikah lagi secara agama

  44. Mirza Martadinata

    Siang bapak/ibu admin. Akta cerai apakah harus diambil secara personal atau bisa dikirim melalui jasa pos?

  45. Min mau tanya sya dtinggl istri sya lebih dri 2 thun, tiba2 istri sya dtang dan mmberikan kopian akte cerai trtulis janda, sedangkan saya tanya mana akte cerai saya, dia bilang urus j sndiri,
    Bgaimana caranya saya bs mndapatkan akte cerai sya, apakah sya mngajukn gugatan cerai k PA?

  46. Mau tanya, cara cepat ambil akte cerai yg hilang gimana, tanpa harus nunggu 3-4blnn, takut ditunggu 4bln ternyata blm jadi

  47. Saya mau tanya..kenapa akte cerai saya belum keluar juga ya..sudah 3 bulan..

  48. Maaf saya mau tanya, stelah sy nikah, sy ikut suami tinggal disubang Kartu Keluarga sy sudah provinsi subang tp E-KTP subang sy blm jadi, hanya ada E-KTP Jakarta (sblm menikah & pindah ke subang) itupun masa berlakunya sudah habis. smenjak perkara dlm rmh tangga, sy dan anak saya tinggal brsama org tua saya dijakarta, pertanyaan Saya, 1.apakah saya bisa menggugat suami saya di pengadilan agama Jakarta? 2. Apakah bisa menggugat dgn KTP biasa sdangkan E-KTP Subang sy belum jadi” .

  49. Assalmu’alaikum wr.wb
    Pak saya mau tanya,apakah bisa ngambil akta cerai tanpa nomer perkara,di karena kan mantan istri saya tidak ngasih tau…
    trimakasih

  50. kalau akta diwakilkan bukan oleh keluarga, bisa gak ya? kurir kantor, misalnya, tapi dilengkapi dengan surat kuasa dan -lain. Terima kasih.

  51. Andri guntur asmara

    Maaf mau tanya saya sudah cerai 1 tahun yang lalu ..
    terus saya belum punya akte …
    apa bisa saya minta akte cerai nya ya …
    makasih

  52. Aslm,,mohon bantuannya. Sya sdh brcerai dgn istri sya,surat cerai mntan istri saya sudah di ambil lbih dulu dan skrg dia sdh mnikah lgi.sedang akta cerai saya blum sya ambil karena jarak yg jauh dan kendala pekerjaan jg. Kmi brcerai dgn cara istri sya yg mnggugat dulu. Bagaimanakah cara saya mngambil surat cerai saya di pengadilan agama dan syarat apa saja yang hrus sya bawa. KTP sya ada, tpi kalo nomor perkara sesuai SKUM sya gx punya. Bagaimanah langkah yg harus saya tempuh. Trimakasih aslm..

  53. Alif dwi nur khasanah

    Assalamualaikum.. Ini saya kan sebagai termohon, saya mau tanya, saya kan sudah menerima keputusan perceraian sejak bulan 09 tahun 2017 lalu, tapi sampai sekarang saya belum juga dapat panggilan untuk mengambil Akta Perceraian. Dg nomor perkara : 1568/Pdt.G/2017/PA.Lmg. lalu bagaimana penjelasannya.

  54. sya mengajukan gugat cerai Des 2013 dan jtuh talak 6 feb 2014 tapi sampai sekarang ( feb 2018) belum sempat saya ambil d karenakan jarak yg jauh.. apa masih bisa saya ambil tanpa ada hal2 lain yg harus saya urus lagi selain persyaratan pengambilan akta cerai??? mohon d jelaskan apa bisa d selesaikan hari itu juga??

  55. Assallamu’alaikum….

    Saya sudah bercerai secara agama dengan istri saya hampir 7 thn yg lalu tapi sampai saat ini saya belum punya/ mendapatkan akta cerai trsebut, hanya istri sayalah yang sudah punya akte cerai tersebut. saat ini saya berencana untuk menikah lagi, apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan akta cerai tersebut. Dan kira kira berapa bayarnya.

  56. Assalamualaikum.
    Bgmn cara pengurusan akte cerai walau dgn jarak jauh antara Bandung dn Ambon?, smntara udah 15 thn prceraian, dn istrix pun udah lama menikah. Dgn Ksibuknx blm pux wktu mengurus hal tsb, smntara dia mo nikah lgi. Butuh brpa lama mengurus akte cerai?. atas informasix diucpkn trima ksih

  57. Selamat pagi… Saya mau tanya perihal pengambilan surat cerai yang ada di luar kota. Saya nikah di jakarta tetapi mantan saya menggugat cerai saya di PA padang sekitar 1 tahun yg lalu. Dan saya ingin mengambil akta cerai tersebut untuk membuat Kk baru. Dokumen apakah yg harus saya siap kan agar saya tidak harus bolak balik jakarta padang. Terima kasih sebelum nya

  58. Saya sudah cerai secara agama ….tapi tidak punya surat janda apa saya bisa menikah lagi…kendala saya adalah tidak punya uang banyak untuk menyewa pengacara / mengurus surat ituh mohon jawabanya terima kasih

  59. Saya mau bertanya, calon suami saya sudah bercerai dengan istrinya, tapi dia belum sempat ambil akte cerai nya, apa benar kalo mau ambil akte cerai harus melihat nmr yang ada di akte cerai sang istri ????

  60. Assalamuallaikum, wr,wb
    Saya mau nanya pak saya uda dpat pangilan 3x
    Tpi sya gk datang kira2 uda slasi blom pak.
    Itu uda 2th lbh.
    Mksi….

  61. Saya sudah lama cerai, dulu saya nikah siri, skrang mantan istri sdh nikah lagi, apakah saya bisa menikah lagi tanpa ada akte cerai, karna status di ktp dan kk saya masih lajang,

  62. Min sya mau tanya saya udh lama pisah dr mantan suami, dan saya tdk pernh dapat surat panggln sidang tapi tiba2 saya di suruh ambil sendri akte cerainya, emg bener ya min akte cerai kluar tanpa ada surat sidang dtg ke saya(istri)

  63. Akta cerai keluar berapa lama setelah ikrar dari pihak penggugat laki2?

  64. Assalamualaikum . Misi saya mau tanya, s
    Bisa gak kalau saya dapetin berkas akte cerai punya ibu saya yang sudah almarhu dan saya tidak punya no nya saya punya ktp ibu saya saja. Makasih

  65. maaf mengganggu mlm”….
    begini saya sdh mengurus cerai k pengadilan dan sdh sampai tahap ketuk palu hakim memutuskan resmi cerai, lalu saya d suruh ambil surat keputusannya tp tdk saya ambil sampai 1thnan krn tnyata saya rujuk kmbli….
    yg saya mau tanyakan apakah pengadilan lgs memblokir kartu keluarga setelah kptusan pengadilan / ketuk palu itu ?

  66. bagaimana caranya jika saya ingin mengambil akta cerai,tetapi no perkara saya tidak ada dan surat panggilannya pun hilang..
    terima kasih..
    di tunggu jawabannya..

  67. Sy mau tanya …ngambil srt cerai tp tdk d kasih tau nmr perkaranya sm mantan gmn?

  68. Assalamualaikum. . . .saya mau tanya bagai mana caranx menggurus surat cerai dan kira2 berapa biayanya?apa bs surat cerai itu langsung jadi.

  69. Asalamualaikum maaf mengganggu pak..gini loh saya mau tanya.surat cerai saya sudah kluar bagaimana cara surat cerai suami saya keluar cara di wakilkan saya pak..trmalasih

  70. Maaf saya mau tanya.. sya mau mengambil akta cerai saya.. berapa biayanya kalu mangembil akta cerai.. katanya ada yang bilng biayanya 750 ribu… yg bener berapa min.

  71. ass pak,,mau tanya ,,bisa g lihat status perceraian melalalui webite,,karna saya lihat dri komentar di atas,,,dia lihat status melalui web,,,kalo memang bisa lihat web nya apa,,terima kasih pak

  72. Pak, sy mau ajukan keberatan atas gugatan cerai isteri sy, sy tidak rela pak, isteri sy ajukan gugatan cerai pada saat sy berada dalam penjara? Gimana pak? Mksih.

  73. Assalamualaikum , mau tanya, saya sudah pisah rumah selama 9 tahun , dan berencana ingin nikah lagi, Saya mau mau gugat Cerai deipengadilan Agama , Tapi sebelumnya saya ingin tahu apakah istri sudah lebih dulu menggugat tanpa sepengetahuan saya ( Karena alamat sudah berbeda saat ini ) Bagaimana Cara mengecek apakah istri sudah mengajukan cerai di pengadilan agama dan sudah punya surat cerai , Bagaima pak? apakah kita bisa mengetahui pak ? terima kasih

  74. Assalamualaikum…min mau tanya.ini saya sebagai tergugat..saya istrinya.saya sidang pertama tgl 22 februari 2018.jarak 5 hari surat panggilan saya datang dan sidang ke dua tanggal 8 maret 2018.dan saya tunggu kok tidak datang lagi..apakah itu termasuk udah putusan dari pengadilan kalau kita dudah sah cerai..dan tinggal menunggu surat panggilan untuk ambil surat cerai..dan apakah surat panggilan itu di antar petugas pengadilan..dan kira-kira berapa lana datangnya surat panggilan…mohon penjelasannya.

  75. Assalamualaikum…min mau tanya.ini saya sebagai tergugat..saya istrinya.saya sidang pertama tgl 22 februari 2018.jarak 5 hari surat panggilan saya datang dan sidang ke dua tanggal 8 maret 2018.dan saya tunggu kok tidak datang lagi..apakah itu termasuk udah putusan dari pengadilan kalau kita sudah sah cerai..dan tinggal menunggu surat panggilan untuk ambil surat cerai..dan apakah surat panggilan itu di antar petugas pengadilan..dan kira-kira berapa lana datangnya surat panggilan…mohon penjelasannya.

  76. Asalam mu alaikum. Maaf sayah mau taya kn sayah sudah mengajukan percerayan. Tapi memaki surat sktmm. Setelh sayah sudah ketuk palu. Dan menunggu dua bualan jadinyh akte. Cerai. Dan setelah dua bulan saya mau mengambil bilang nyh belum bisa di ambilkarna belum ada pemberitahuan ke mantan suami apakah akte cerai tidak bisa di ambil karna sayah mengajukan percereyan memakai sktm tapi harus bagai mana karna sayah benar benar tidak mampuh

  77. Mau tanya kira2 adminitrasi utk tergugat utk biaya pengambilan akte cerai sekitaran brp ya.makasih

  78. Mohon infonya kalau ingin merubah nama yang ada di akta cerai. Karena ada kesalahan ejaan. Bagaimana posesnya ?

  79. pak saya mw tanya saya melakukan cerai tetapi berhubung gak ada waktu buat persidangan karna pekerjaan saya maka dari itu saya menyewa pengacara untuk mengurusnya nah ini sudah dlm proses kira” dapat akte nya berapa lama ya

  80. Askum admin mau tanya nih,nomer perkara itu tercantum pada surat panggilannya atau di mana min?mksh

  81. Ralat min mau tanya min,nomer perkara itu terdapat pada surat panggilan itu atau di mana min

  82. Saya mw nanya…apakah bisa stelah putus sidang cerai kita minta surat keterangan bahwa sy dgn suami resmi bercerai…

  83. Assalamualaikum.
    Saya mau tanya, suami saya menceraikan saya, tapi saat ada panggilan pengadilan saya gak dateng.
    Apakah saya bisa dapet akte cerai

  84. Saya mau tanya bisakah saya membuat akte cerai tanpa ad pihak perempuan,karena saya gak mungkin menghubungi dy lagi,klo bisa gmn caranya

  85. sy bercerai dengan suami saya, suami saya mengajukan gugat cerai di Tuban, dan katanya proses sudah selesai, dia sudah dapat akta cerai. sedangkan saya domisili di surabaya, saya bisa dapat akta cerainya minta di Tuban atau bisa di surabaya ya? mohon informasinya, krn manta suami tidak mau memberikan informasi sedikitpun. terima kasih…

  86. Assalamualaikum pak ..
    Saya mau tanyak, saya sudah selesai sidang dan skarang saya hanya menunggu kartu kuning alias akta cerai saya, kata nya tunggu 3 minggu lagi, jadi saya ingin menikah kembali, tapi akte cerai saya belum ada, bagai mana ya cara nya pak agar akta cerai saya bisa secepat nya di keluar kan ??
    Terimakasih assalamualaikum..

  87. Met siang. Sy suami yg tergugat cerai oleh istri 1 th yg lalu. Pada saat istri mengajukan gugatan di PA jkt. Sy tdk pernah ada panggilan dr PA krn sy sdg dinas di kalimantan. Ternyata surat panggilan itu di terima oleh mertua sy yg tinggal serumah dg sy dan disembunyikan tdk diberitahukan kpd sy krn mertua sy tdk menyetujui perceraian itu. Berjalan waktu dr pihak PA sudah memutuskan secara resmi gugatan istri sy tsb. Pertanyaan sy apakah sah gugatan tsb sementara sy sendiri tdk hadir dan tdk mengetahuinya. Akta gugat cerai sy msh di PA blm sy ambil. Apa langkah yg harusnya sy lakukan. Krn sy tdk mengabulkan gugatan istri sy. Tks

  88. Jika akta cerai sdh keluar bisakah langsung mengajukan ke KUA utk menikah lagi dengan orang lain atau harus tunggu 3 bulan lagi masa idah

  89. Saya seorang suami yg digugat cerai oleh sang istri, istri saya sekarang udah nikah lagi,, istri saya menyampaikan katanya proses cerai sdh selesai, tapi tdk dikasih tau dimana pengadilannya dan nomor perkaranya, gimana cara sya ambil akta cerainya ya?

  90. Saya mau tanya, saya sdh diceraikan oleh mantan suami saya, saya mau mengambil akte cerainya, kalo saya liat di online web nya pengadilan menggunakan nomor perkara yg di kasih olaeh mantan suami saya, statusnya masih pembuatan akta cerai dari 8jan 2018,detailnya 64hari,jdi kapan saya bisa ambil akte tersebut ya?

  91. Maav saya mau tanya, saya sudah setahun pisah lalu mantan suami saya menggugat, dan pada tanggal 11 april 2018 saya dapet panggilan pertama tapi saya tidak bisa dateng karena sibuk bekerja, apakah akte cerai bisa saya ambil

  92. Assalammualaikum, maaf saya mau bertanya saya wktu menikah diluar pulau jawa dan sidang perceraian di tmpt saya menikah apakah akta cerai nya bisa diambil di tempat domisili saya tinggal sekarang..
    Trima kasih.
    Wassalammualaikum wr wb

  93. tanya.. apa perlu bawa buku nikah buat mengambil surat cerai.terima kasih

  94. Saya bercerai dipengadilan agama pontianak kalimantan barat. Mantan suami di jawa, kira2 apakah bisa dia mengambil akte cerai dikalimantan melalui surat kuasa yg dikirim ke pengadilan agama pontianak?? Dan apakh pengadilan agama tersebut akan mengirimkn kmbali akte cerai trsebut ke jawa atau alamat mantan suami saya.

  95. saya mau ngurus akta cerai adik saya di cianjur, bisakah surat jatuh talaq di jadikan dasar hukum nya ? tanpa harus melalui proses persidangan

  96. Saudara saya menceraikan suami secara ghoib..dan sudah keluar akte cerainya…tetapi suami tidak terima di ghoibka…kira2 suaminya bisa menuntut nggk ya

  97. Salam. Saya mau tanya nih..saya sebelum ny sudah pernah cerai.lalu menikah..lalu saya blm mengurus ktp status pernikahan..dan ini di talak n cerai..untuk pengambilan akte..apa bisa jka ktp yg dlunya masih cerai..?

  98. Salam. Saya mau tanya nih..saya sebelum ny sudah pernah cerai.lalu menikah..lalu saya blm mengurus ktp status pernikahan..dan ini di talak n cerai..untuk pengambilan akte..apa bisa jka ktp yg dlunya masih cerai..?

  99. Mau tanya pak.. Saya bercerai dgn istri dgn gugatan dari istri saya.. Tp saya tidak ingin bercerai dari awal.. Dan setelah beberapa bulan ternyata istri sudah pegang surat nikah.. Padahal saya tidak ada buat keputusan apapun dan saya tidak pernah dipanggil pengadilan.. Tetapi istri bilang sudah kirim tp tidak ada jawaban.. Sedangkan saya merasa tidak pernah mendapat panggilan.. Lalu apa yang saya lakukan pak..

  100. Mau tanya pak.. Saya bercerai dgn istri dgn gugatan dari istri saya.. Tp saya tidak ingin bercerai dari awal.. Dan setelah beberapa bulan ternyata istri sudah pegang surat cerai .. Padahal saya tidak ada buat keputusan apapun dan saya tidak pernah dipanggil pengadilan.. Tetapi istri bilang sudah kirim tp tidak ada jawaban.. Sedangkan saya merasa tidak pernah mendapat panggilan.. Lalu apa yang saya lakukan pak..

  101. Saya mau mengambil akte cerai saya, tapi saya kehilangan berkas dan nomer perkara, bagaimana cara saya agar bisa mrngambil nya ??

  102. Saya mau tanya, sya tergugat dan sudah selesai sidang di pa bangil, sedangkan sya tinggal di ngawi,apa bisa akte cerai sya ambil ke pa ngawi,dan bagaimna caranya,

  103. Assalamualaikum, mau tanya. Pengambilan akte cerai itu jangka 2 bulan dari awal gugatan atau dari ikrar ya?

  104. Saya sudah sah cerai sejak oktober 2015..tp akta cerai saya sampai sekarang blum saya ambil..apakah saya masih bisa mengambil akta cerai saya ?? Sebelumnya Terimakasih atas jawaban nya…

  105. Pak saya mau tanya?apa syaratnya untuk mengambil akte nikah yang sempat ditahan pengadilan agama karna istri saya waktu itu menggugat saya,dan menyerahkan akte nikahnya.

  106. Mhn info,sy uda cerai skitar 4th n sy sbg tergugat tp sy gk menghadiri persidangan bgmn cara pengambilan surat cerai n brapa biayanya pengambilan surat cerai?

  107. Saya terakhir sidang, tgl 17 mei sidang putusan.. Lah, harus berapa lama lagii saya menunggu ikrar..

  108. Asalamualaikum
    Saya mau tanya, stlah sidang bawa saksi apkh akh akn ada sidang lgi.

  109. 6 bulan yang lalu saya telah digugat, tetapi semalam keputusan bahwa kami resmi bercerai, dulu pas waktu menikah saya menggunakan KTP kelahiran saya, dan karena saya telah pindah sejak lama maka KTP baru saya juga punya. Nah, saya ingin menanyakan apakah boleh saya menikah menggunakan KTP saya saat ini yang masih lajang, sebelum akta cerai saya keluar?

  110. Selamat Malam,
    1.Saya ingin bertanya berkas apa saja yang saya harus siapkan jika saya ingin ambil akte cerai istri,
    Sedang akte cerai suami sudah diambil,tapi akte cerai istri blm
    2,saya menikah dijakarta selatn,cerai di jogja,surat cerai bisakah saya ambil dijakrta?

    Terima kasih,

  111. Min.. saya mau tanya.. putusan cerai sy
    sdh dr tgl 5 April.. nah informasi turunnya akte cerai sekitar 2 bln.. hari ini sy k pengadilan dan ternyata msh belum beres sdgkn info menyatakan 2bln sdh bisa d ambil.. itu knp ya min.. ko bisa meleset

  112. Saya mau bertanya, bagai mana saya mengambil akte cerei saya di kota madiun, sedangkan saya di jogja, dan saya tidak d kasih tau secara detail no perkara oleh pengugat, bahkan untuk kepentingan anak sekalipun,, bagaimana caranya agar saya bisa tau no perkara? Apakah saya datang lansung k PA madiun atau melalui rt rw dimana pengugat tinggal atau bagai mana saya minta solusinya, dan saya ucapkan bnyak trimakasih,

  113. Saya mau bertanya bagaimana caranya mengambil akta cerai untuk pihak tergugat tetapi pihak tergugat tidak mengetahui nomor perkara yang sudah terbit akta cerainya tersebut. Dikarenakan pihak penggugat tidak mempunyai salinan akta cerai tersebut sehingga tidak diketahui nomor perkaranya.

  114. Maaf saya mw tanya,dulu istri saya pernah melakukan gugatan terhadap saya,tp saya tidak pernah menghadiri persidangan karena tdk menginginkan prceraian,tp stelah sthun lebih srt cerai itu tidak tau jd apa tidak,soalnya tanya ke pihak istri jawabannya jg tidak tau,misalkan sudah jd AP bisa saya dan istri menikah lagi,,,?

  115. Saya meninggalkan suami dan anak2 kami, bagaimana caranya saya bisa miliki akta cerai ? Sedangkan suami gak mau ceraikan saya karena alasan anak.

  116. Selamat siang.saya mau tanya saya sudah di gugat cerai sama istri saya.dan saya sudah dapat surt panggilan bnyak 2 kli.tapi saya tidak datang.apa kah saya sudah di yatakan cerai.?.

  117. Kalo nomer perkara nya ilang gmna cara ngambil akta nya

  118. Mau tanya aku kan pengugat sarat ambil akte cerai no perkara, sama bukti pembayaran nya hilang, kata petugas nya di kirim dari kantor pos tapi udh 9blm blm dateng juga gmna cara nya ya min

  119. Selamat malam saya mau tanya pada tahun 2004 saya membuat surat cerai dri ustad dan buku nikah saya diambil oleh ustad dan dibuatkan surat cerai yang ditanda tangani oleh ustad saat ini ustad trsbut sudah meninggal dan skg ustad bagaimana cara saya membuat akta cerai??tahun 2004 dlu itu membuat ktp status pernikahan cerai itu bisa hanya dengan surat dri ustad tapi skg tidak bisa saya kesuliatan membuat ktp karena pindah alamat..trmksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *