Home / Informasi Hukum / Bagaimana Cara Mengajukan Gugat Cerai Tanpa Buku Nikah?

Bagaimana Cara Mengajukan Gugat Cerai Tanpa Buku Nikah?

Banyak sekali yang bertanya kepada team advokatkita.com mengenai bagaimana cara mengajukanan gugatan cerai tanpa buku nikah. Dalam artikel kali ini team advokatkita.com akan membahas secara singkat, padat, dan jelas mengenai cara serta prosedur mengajukan cerai tanpa buku nikah.

 

Seperti yang sering kami katakan pada ulasan ulasan sebelumnya, keberadaan buku nikah menjadi hal yang sangat penting dalam kaitannya mengajukan gugatan cerai di pengadilan. Namun demikian, tidak sedikit yang mengalami permasalahan dimana buku nikahnya hilang, atau buku nikahnya ditahan oleh suami atau istri, atau bahkan alasan-alasan lainnya. Lalu, apakah bisa mengajukan gugatan cerai di pengadilan tanpa menggunakan buku nikah?

Yaa jawabannya bisa, mengajukan perceraian bisa tanpa menggunakan buku nikah, dengan syarat ada dokumen pengganti lain yang  resmi dan sah yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang terkait, dalam hal ini pejabat KUA (Kantor Urusan Agama) bagi yang beragama Islam atau Catatan Sipil bagi yang beragama non muslim.

Jadi, jika buku nikah asli anda hilang, anda bisa langsung mendatangi KUA (Kantor Urusan Agama) bagi yang beragama Islam dan Catatan Sipil bagi yang non muslim di tempat dahulu mengajukan pernikahan untuk mengeluarkan Register Kutipan Akta Nikah, atau Duplikat Akta Nikah.

Ada baiknya sebelum anda mendatangi KUA atau Catatan Sipil untuk menerbitkan dokumen di atas, anda menyiapkan dikumen dokumen berikut:

  1. Bawa kartu identitas anda seperti KTP atau pasport yang asli.
  2. Bawa kartu KK (Kartu Keluarga) bagi non muslim.
  3. Bawa buku nikah / akta nikah yang rusak (jika kondisinya sudah rusak dan akan diganti)
  4. Bawa fotocopy buku nikah jika ada.
  5. Buat surat kehilangan dari kantor polisi setempat.
  6. Bawa data-data pernikahan seperti tanggal bulan tahun menikah.

Untuk penerbitan Register Kutipan Akta Nikah atau Duplikat Akta Nikah biasanya memerlukan waktu 1 minggu, namun itu tidak menjadi ukuran, ada juga yang bisa keluar dalam waktu 1 hari saja, itu sangat tergantung dari KUA atau Capil di daerah saudara.

Setelah anda mendapatkan register kutipan akta nikah atau duplikat akta nikah dari KUA atau Catatan Sipil, anda sudah dapat mengajukan gugatan atau permohonan cerai ke Pengadilan terkait di tempat anda tinggal sekarang, dan membawa kelengkapan lainnya seperti kartu identitas (KTP atau Pasport) dan dokumen pendukung lain.

Namun muncul pertanyaan, bagaimana apabila data-data tentang pernikahan tersebut tidak ditemukan di KUA atau Catatan Sipil sehingga pejabat terkait tidak dapat mengeluarkan Register Kutipan Akta Nikah atau Kutipan Akta Nikah? Bagi yang beragama Islam anda harus mengajukan Permohonan Isbat Nikah (Pengesahan Perkawinan) di Pengadilan Agama, dan bagi yang non muslim bisa mengajukan Permohonan Pengesahan perkawinan di Pengadilan Negeri, karena secara hukum positif pernikahan anda masih belum tercatatkan.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana cara mengajukan perceraian tanpa menggunakan buku nikah. Kesimpulannya, buku nikah merupakan syarat utama untuk mengajukan perceraian ke pengadilan, jika buku nikah tersebut tidak ada karena hilang, atau karena ditahan oleh suami, atau karena hal-hal lainnya, maka anda bisa menggantinya dengan dokumen lain yang sah yang dikeluarkan oleh pejabat terkait KUA atau Catatan Sipil, yaitu Register Kutipan Akta Nikah atau Duplikat Akta Nikah, setelah dokumen tersebut selesai dibuat, maka anda sudah bisa mengajukan perceraian di Pengadilan terkait.

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

Salam hangat advokatkita.com.

Tentang AdvokatKita

Kini hadir di tengah-tengah anda untuk membantu memberikan Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami siap membantu anda menyelesaikan permasalah hukum anda seperti Masalah Perceraian, Hak-hak Bekas Istri, Nafkah, Hak Asuh Anak, Pembagian Harta Gono Gini, Waris, Izin Poligami, Itsbat Nikah, Dispensasi Nikah, Pembatalan Nikah, Wali Adhol, Sengketa Wakaf, Wasiat, Hibah, Sengketa Ekonomi Syariah dll.

Baca disini juga

8 Alasan Perceraian yang dapat diajukan ke Pengadilan Agama

Banyak sekali yang bertanya kepada team advokatkita.com mengenai apa saja alasan cerai yang dapat di …

44 Komentar

  1. Ass…saya mau tanya nih, saya sdh di talak 3 oleh suami saya sejak tahun 2012 lalu dan pisah rmh sejak di talak 3…tahun 2015 suami saya menikah dan tahun 2016 saya juga menikah namun kami belum mempunyai surat cerai pengadilan, tapi suami saya bisa punya buku nikah lagi dgn istri lainnya itu sedangkan saya belum punya buku nikah dengan suami saya….solusinya gimana ya supaya saya bisa punya buku nikah dengan suami saya yg sekarang…trmakasih

  2. Saya seorang laki laki… Saya sudah bercerai sama mantan Istri Selama 2.5 tahun Dan saya punya anak perempuan Umur 3 tahun tinggal sama Dia… Setahun yg lalu Saya dengar Dia sudah mnikah… Dia punya Surat cerai nya Karna dia mengajukan cerai gaib K pengadilan… Surat cerai yg keluar Katanya hanya buat Dia… Dan sekarng Saya mau urus Surat cerai Ngga bisa… Karna buku Nikah nya udah Ngga Ada… Bagaimana solusi nya buat saya Jika Saya ingin menikah Lagi.. Mksih

  3. istri ingin mengajukan gugatan cerai ke suami, apakah buku nikah keduanya (suami & istri) di perlukan sebagai syarat? atau cukup hanya buku nikah istri saja, krn dlm hal ini istri yg menggugat..

  4. Saya mau tanya kalau pengajuan untuk cerai dari pihak laki laki dan tidak ada berkas yang bisa dibawa hanya copyan semua seperti KK, Buku nikah itu bisakah?? Dan kemungkinan pihak istri tidak mau menandatangi dan datang. Apakah bisa mengajukan di KUA bukan ditempat nikah dahulu?? Terima kasih

  5. Assalamualaikum wr wb, maaf saya mau tanya bisa tidak terjadi perceraian apabila salah satu pihak (suami/istri) tidak menginginkan perceraian? Dan bisa tidak mengajukan perceraian hanya mengunakan fotocopy surat nikah? Terimakasih sebelumnya atas penjelasannya

  6. Ass…saya mau tanya nih, suami saya sdh di talak 3 oleh istri lamanya sejak tahun lalu dan pisah rmh sejak di talak 3…tahun akhir 2015 suami saya menikah dengan saya sampai akhir ini saya belum mengurus nikah ke KUAi sedangkan saya sudah mau punya anak dua dan harus bikin akte dan segala macem..sedangkan buku nikah suami saya di tahan sama pihak mantan istrinya tersebut,,,,solusinya gimana ya supaya saya bisa punya buku nikah dengan suami saya yg sekarang…trmakasih

  7. Assalamualaikum.. Saya mau tanya nih… Saya sdah menikah dengan si dia dari bulan oktober 2017..saya menikah atas dasar dipaksa krna dia hamil diluar nikah trus saya nggak tau itu pnya saya atau pnya siapa.. Jadi saya d paksa buat nikahi dia… Trus pas nikahnya di KUA slesai sejak hari itu saya nggak pernah kabari dan ndak pernah mmberi nafkah batin maupun materi smpai skarang… Jadi saya minta saran dan apa aja saya ajukan buat menggugat cerai dia.. Krna memang nggak ad kecocokan.. Dan saya nggak bsa lgi lanjut krna dia slalu mengancam saya dan org sekitar saya.. Makasih sebelum. Y dan trima kasih

  8. Ass….Mau tanya…?
    Saya Muallaf, status sy msh Nikah
    Sedangkan sy menikah wkt msh agama Kristen
    Dan sekarang saya Islam,
    Lalu gmn sy mengurus Perceraian apakah ke Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri saat sy skrg sy sudah Islam?

  9. Assalamualaiku wr wb
    Saya mau tyk
    Apa bila istri prgi dri rmh k rmh org tuanya sedangkan org tuanya membela si istri sampai d hub-i pun keluarga istri tdk ad kbr ( mau Angkt tlpn dr saya n kel saya) tdk mau duduk antra 2 kel n tiba2 dia mengajukan cerai sdgkan saya sedkitpun gk ad niat buat pisah n dokumen nikah sm saya apa bs??

  10. Kalo mau ngajukan cerai kesuami tanpa KK(kartu keluarga) bisa tidak ya ?? Terimaksih

  11. Jl by pass ngurah rai gg karang sari2kedonganan
    Sy mau tanya nih bagaimana cara cerai karena saya ditinggal sama suami sejak anak br lahir tahun 2010 sampai sekarang sedangkan saya diterlunta lunta dgn statusku yg sekarang ini kl blh tau bagaimana cara utk menyelesaikannya sedangkan surat nikah ditahan suami terima kasih

  12. Saya sudah pisah selama 5 thn lebih sekarang mau urus perceraian tetapi tidak ada akte nikah di tahan suami,dan buku register tidak di temukan di catatan sipil,apa yg harus saya lakukan biar bisa bercerai?

  13. Selamat siang sy mau konsul sedikit…sy sdh berpisah selama 12 tahun dgn mantan suami sy tp kami pisah tdk dgn persidangan…sy tdk tau kbr mantan suami sy…dan sy sdh menikah lg secara sah dengan suami sy yg sekarang…dan sy ingin mengurus cerai dgn mantan sy tp tdk pny buku nikah yg dlu karna sdh sy musnahkan karna sy tdk mau mengingatnya lg…

  14. ass….saya mau tanya nih,saya mau bercerai sama istri saya,tp buku nikahnya malah d titipkan d PPA,apakah saya berhak mengambil suratnya??
    dan apa kewenangan PPA menahan surat nikah saya,karena saya sudah tidak kuat dengan perilaku istri yang suka menipu dan membohongi saya

  15. Assalamualaikum, sehubungan dengan buku nikah disimpan oleh suami. Sudah dikonfirmasi ke KUA mereka tidak mau mengeluarkan duplikat buku nikah dikarenakan buku nikah tidak hilang. Sedangkan bapak diatas sampaikan bisa.

  16. Ass,sya mau tanya ini saya sudah pisah dengan suami sya sejak 2012 dikarenakan ada pihak ketiga dari suami semenjak itu suami tidak memberi nafkah lahir batin kepada sya&anak sya.sya mau ngurus surat perceraian tapi sya tidak punya uang untuk biaya itu semua selain itu surat nikah kami hilang.sya mau bertnya apakah sya bisa menikah?terus gimana cara sya bisa menikah lagi klupun blm bs mndpt surat nikah lagi.karna sya hidup sndri orang tua tiada,sekian lama sya sndri bru kmrin bln november 2017 ad yg bnr2 srius menafkahi sya trs sya hrus bgma.krna sya tdk ingn brhubngan tnpa adanya status bgma cranya?slma ni sya bkerja hny ckup bt mkn&bt skolah ank&byr kos.bgma solusi bt sya??trima ksih..

  17. Selamat siang dan salam sejahtera.
    Kani ini saya bakal tanya, kepada anda para advokat. Beberapa tahun silam, suami saya sudah gugat cerai dg saya di pengadilan kalianda lampung, namun ketika hendak proses dia malah mangkir, karena keberadaan nya sudah di malaysia jadi TKI.
    Sedangkan dia sudah nikah dg istri baru nya, namun smua buku bikah ada di pengadilan agama kota kalianda lampung.
    Lantas bagaimana langkah saya selanjutnya untuk mendapatkan surat talak nya?
    Apakah saya harus mengajukan kembali gugatan tsb ke pengadilan agama lampung ?

  18. Maaf saya mau tanya,kalo saya menggugat cerai suami, tanpa buku nikah istri bisa gak ? Masalahnya buku nikah punya saya hilang… Cuma ada ktp,kk sama buku nikah suami,gimana itu ?

  19. Malam saya mau tanya apakah harus izin rt/rw setempat untuk mendukung srt cerai di pengadilan,karena buku hilang dan untuk biaya proses perceraian yg sah di pengadilan nanti kira2 berapa.. 🙂

  20. Assalamualaikum wr wb
    Langsung aja… Jadi kalau mau cari duplikat buku nikah apa harus ke kantor polisi terdekat lapor kehilangan surat nikah?… Lalu ke KUA di mana kita dulu tinggal? Karna sy sudah tidak tau di mana suami sy?… Mohon bimbingannya terimakasih

  21. Salam… Mohon di bantu solusinya, saya sedang proses menuju pernikahan dg pria yg blm resmi bercerai di pengadilan, berdasarkan info dr pihak kel pria saya, sudah 2 tahun mereka berpisah dan istrinya pindah ke kampung halaman. Buku nikah mereka di bawa oleh pihak wanita, serta wanitanya sulit di hubungi, terkendala mslh biaya untuk ke kmpg halaman wanitanya, dokumen apa yg kami butuhkan untuk menikah resmi secara agama dan negara sementara ktp pria saya statusnya menikah.

  22. Assalmualaikum pak..Maaf mau nanya..bisakah kita menggugat cerai tanpa harus ke tempat awal berlangsungnya pernikahan??? kondisi skrg sy sama istri sy di Kota A..semntra awal pernikahan kami di kota B..bolekah sy menggugat cerai di kota A..mohon penjelasannya pak..Terimakasih..

  23. Suami saya melakukan kdrt suka berjudi dan sudah menalak 3 saya pun sudah d serahkan ke orang tua saya, dan saya tidak tau keberadaannya lagi, tapi dia tidak mau memberikan surat nikah saya, dengan alasan saya biar kapok dan d gantung status perkawinannya, saya mengurus surat kehilangan d kepolisian dan kua tapi kepolisian setempat tidak memberikan surat kehilangan tersebut langkah apa yang harus saya lakukan untuk bisa mengajukan perceraian dengan suami saya

  24. Assalamualaikum..mau tanya..seumpama mau ngurus perceraian gimana sedangkan buku nikah saya di bawa pergi suami saya kerja di luar negri..apa kah bisa..terus apa syarat2 supaya saya bisa mengurus nya.
    Trima kasih

  25. Cara mengurus buku nikah yang hilang dalam keadaan domisili saat ini sudah bukan di kota tempat menikah dulu. Apa harus di kota tempat menikah dulu atau bisa di urus di kota domisili sekarang ?

  26. Saya mau ajukan cerai tapi bukti bukti foto suami saya sama pelakor itu hilang bersama hp ku dan
    saya tidak punya saksi ataw perbuatan suami saya krn saya tinggal di luar kota hanya deket sama keluarga suami tpi mereka malah tidak peduli dan malah mendukung dan ga ada etika baik buat menyatukan kami..saya tidak ada barang bukti
    ataw saksi sedangkan saya pisah sudah darri thn 2015 kita dah pisah rumah ..apa bisa saya ajukan cerai dan klau sidang nanti saya tidak ada saksi saksi dari saya

  27. Jika buku nikah hilang apa masih bisa gugat cerai dipengadilan, ktp suami atau istri yang digunakan

  28. Ass..sy mau tanya.sy sdh pisah sm istri sy sdh 4 tahun,terus buku nikah dan data2 sy di tahan oleh istri sy.pertanyaan sy apa kah sy bs mengajukan gugatan cerai secara sepihak.sedangkan sy cm punya KTP.terimakasih

  29. Assalamualaikum Alaikum, bagaimana kalau tidak ada KTP dan KK krna KTP dan KK di bwa suami, saya mnta tidak dikasihkan dan di persulit smntra suami berada di jawa sdgkan saya di kaltim tidak ada identitas. Dan kemaren saya minta surat domisili dari tempat saya tgl sekarang tidak diberikan karena TDK ada KTP dan KK. Yang jadi pertanyaan saya bisakah saya mengurus cerai disini dan syaratnya apa aja karena saya sudah 3th lebih berpisah secara agama. Mohon bantuannya

  30. Endang wahyuni

    Hi Adbokatkita team,sy Endang perlu bantuan seorang pengacara untuk perceraian,sy skrg tggl di inggris,mungkin slah satu team anda Bantu tuk menyelesaikan Masalah saya

  31. Symau tanya.anak sy lki”di selingkuhi istrinya baru pisah rumah 6 bln istrinya menikah lagi dengan seligkuhan nyanya.sedangkan buku nikah..kk.dan ktp istrinya masi sy simpan.dan anak sy blum menalak istrinya .apa yg hrus ank sy lakukan???

  32. Ass..pak saya mau tanya gmna ya pak agar bisa cerai tnpa buku nikah dan tanpa sepengetahuan suami saya..karna buku keduanya dibawa oleh suami saya …

  33. Salam kenal sebelumnya dengan mba L,,,, saya dan ibu mempunyai kasus yg sama,saya cerai sama suami 2013 dan menikah lagi 2016,tapi sekarang saya mau melahirkan anak dari perkawinan saya ini,yg membuat saya berpikir keras bagaimana mendapatkan surat nikah,agar anak saya bisa ngurus Akte kelahiran

  34. mau tanya min, apabila buku nikah di tahan suami (karena suami tdk mau cerai), apakah tetap bisa minta duplikat nya ke KUA? Sedangkan istri di ancam akan di Pidana’kan jika meminta Duplikat Buku Nikah (sedangkan Buku Nikah Asli ada di Suami)..

  35. bambang supriono

    mohon maaf saya mau tanya,saya merasa rtidak terima dengan keputusan pengadilan agama yang mengsahkan sperceraian,padahal buku nikah dan ktp istri sya dulu ada di saya yang asli,tapi saya tidak pernah di minta buku nikah untuk perceraian,dan setelah saya telusuri di dalam persyaratan tersebut ada surat kehilangan padahal surat itu tidak hilang dan tidak pernah di minta ,sedangkan saya sendiri tahu tahu ada surat pagilan ,padahal kami tinggal di rumah dinas,pertanyaan saya apakah/////.itu bisa saya gugat ke ranah hukum?

  36. Bisakah pihak laki2 mengajukan perceraian tanpa kartu keluarga (kk). Karna belum membuat kk stelah menikah.
    Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *