Home / Informasi Hukum / Cara Cerai Paling Cepat di Pengadilan Agama

Cara Cerai Paling Cepat di Pengadilan Agama

Banyak sekali yang menanyakan kepada tim dari advokatkita.com mengenai “bagaimana cara cerai paling cepat di Pengadilan Agama?”, ada juga yang menanyakan “mengapa ada orang yang dapat menyelesaikan proses persidangan dengan cepat, namun ada juga yang menyelesaikan proses persidangan dengan waktu yang relatif lama?”. Sebenarnya jika kita mengacu kepada hukum acara peradilan, disana tidak terdapat jalan pintas, karena memang semua prosedur mengenai proses persidangan di pengadilan terkhusus untuk perkara perceraian semuanya telah ada aturannya.

Namun mesikipun demikian, kali ini kami akan membahas mengenai hal apa saja yang dapat mempercepat proses persidangan, terkhusus untuk perkara perceraian.

  1. Perhatikan Alasan Perceraian

Perceraian yang berlangsung dengan lama atau bahkan dapat ditolak oleh hakim dapat disebabkan oleh alasan perceraian yang digunakan oleh para pihak tidak sesuai dengan alasan perceraian yang sesuai dengan peraturan undang-undang. Misalnya pasangan suami istri yang saling bertengkar, dan mereka memutuskan untuk pisah ranjang selama 2 (dua) bulan, lalu dengan latar belakang permasalahan tersebut salah satu pihak memutuskan untuk mengajukan perceraian, maka sudah dipastikan bahwa pengajuan gugatan atau permohonan tersebut tidak dapat di proses.

Lalu, apa saja alasan-alasan perceraian yang dapat diterima dan sesuai undang-undang tersebut? Sesuia dengan Kompliasi Hukum Islam Pasal 116 dan pasal 39 ayat 1 UU No. 1 / 1974, disana menerangkan bahwa alasan perceraian antara lain:

  • Suami atau istri terbukti sudah melakukan aniaya seperti: zina, mabuk-mabukan, berjudi dan lainnya.
  • Suami atau istri telah meninggalkan anda selama dua tahun berturut turut tanpa ada keterangan atau argumen yang jelas.
  • Suami atau istri dikenai sanksi penjara selama lima tahun.
  • Suami atau istri melakukan kekerasan secara fisik maupun non fisik.
  • Suami atau istri tidak bisa menunaikan kewajibannya dikarenakan cacat fisik.
  • Terjadi percekcokan terus menerus tanpa menemui jalan keluar.
  • Suami telah sengaja melanggar shigat talik talak sesuai yang diucapkannya saat ijab kabul.
  • Suami atau istri berpindah agama atau murtad yang menyebabkan rumah tangga menjadi tidak harmonis. (Pasal 116 Kompilasi Hukum Islam jo Pasal 19 PP No 9 tahun 1975)
  1. Membuat Surat Gugatan atau Permohonan dengan benar

Hal mendasar yang biasanya di jadikan kendala adalah surat gugatan atau permohonan tidak dibuat dengan benar. Buatlah surat permohonan atau gugatan tersebut dengan teliti, hindari kesalahan ketik, maksud dari gugatan atau permohonan kabur, atau kesalahan lainnya, agar nanti ketika anda mendaftarkan perkara atau bahkan dalam persidangan berjalan dengan lancar. Untuk membuat surat gugatan atau permohonan anda bisa membuatnya sendiri, atau anda juga bisa langsung mendatangi Pusat Bantuan Hukum di Pengadilan Agama di tempat anda tinggal.

  1. Sidang Tanpa atau Tidak dihadiri oleh Tergugat atau Termohon

Jika anda sebagai suami dan ingin mengajukan perceraian, maka anda disebut sebagai pemohon, sedangkan istri anda disebut sebagai termohon. Lalu, jika anda istri ingin mengajukan perceraian, maka anda disebut sebagai penggugat, dan suami anda disebut sebagai tergugat. Jika pihak dari Tergugat atau Termohon tidak hadir dalam persidangan walaupun sudah ada surat panggilan dari pengadilan, maka majelis hakim bisa langsung memutuskan perceraian dalam sidang pertama. Istilah putusan tersebut dalam dunia hukum disebut dengan putusan verstek. Meskipun hakim bisa memutuskan pada sidang pertama, namun biasanya majelis hakim akan memerintahkan juru sita untuk memanggil kembali Tergugat atau Termohon satu sampai dua kali, apabila dari panggilan tersebut Tergugat atau Termohon masih tetap tidak hadir, maka majelis hakim akan memutus perkara tersebut.

Namun, jika memang pihak dari Tergugat atau Termohon hadir dalam persidangan, maka proses persidangan akan panjang, akan ada proses-proses lain seperti sidang mediasi, replik, duplik pembuktian dan lain sebagainya.

Namun, jika anda ingin lebih mudah mengurus semua proses persidangan, seperti mengurus administrasi, datang ke persidangan, mengambil akta cerai, dan lain-lain, kami sarankan agar anda menggunakan jasa advokat pengacara.

Baca Juga: KISARAN BIAYA MENGGUNAKAN JASA ADVOKAT PENGACARA

Demikian yang bisa kami informasikan mengenai cara cerai paling cepat di Pengadilan Agama, pada akhirnya semua proses persidangan di pengadilan akan berjalan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.

Salam Hangat Advokat Kita .Com

Tentang AdvokatKita

Kini hadir di tengah-tengah anda untuk membantu memberikan Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami siap membantu anda menyelesaikan permasalah hukum anda seperti Masalah Perceraian, Hak-hak Bekas Istri, Nafkah, Hak Asuh Anak, Pembagian Harta Gono Gini, Waris, Izin Poligami, Itsbat Nikah, Dispensasi Nikah, Pembatalan Nikah, Wali Adhol, Sengketa Wakaf, Wasiat, Hibah, Sengketa Ekonomi Syariah dll.

Baca disini juga

Bagaimana Cara Mengajukan Gugat Cerai Tanpa Buku Nikah?

Banyak sekali yang bertanya kepada team advokatkita.com mengenai bagaimana cara mengajukanan gugatan cerai tanpa buku …

129 Komentar

  1. klo tergugat tidak datang apa hakim akan meminta mndatangkan saksi ?

  2. Sya penggugat sudah trus menerus datang sampai sidang yg kedua. Tpi sidang yg pertama dan yg kedua,tergugat tidak datang jg.

    Untuk alasan sya bercerai,saya di tuduh/di fitnah dan ia minta cerai. Yg jd pertanyaan,Apakah untuk sidang yg ketiga bisa dikabulkan permohonan sya untuk bercerai sesuai alasan sya?trmksh

  3. Klu surat nikah di tanggan termohon apakah pemohon bisa mendaftarkan percerai tanpa buku nikah..

  4. Dipengadilan agama mana utk mengajukan permohonan cerai

  5. Saya ingin bertanya. Kemarin saya mengajukan gugatan cerai kpd suami sy, apakah panggilan yg pertama saya harus membawa saksi? Berapa saksi yg harus sy bawa?? Terimakasih

  6. Saya memasukkan gugatan cerai 1 bulan yang lalu, apabila saya tidak bisa hadir dalam sidang dan suami saya juga tidak bs hadir, apakah bisa di dapat putusan cerai, dgn kasus sudah lama tidak pernah dinafkahi, pertengkaran yang terus menerus dan dia kabur 6 bulan yang lalu.

  7. Pak, saya mau tanya nih…saya ingin menggugat cerai istri saya..krna saya slalu dipermainkan, dibohongi, diselingkuhi dgn laki2 lain. Saya udh ga tahan krna saya slalu mengalah dan slalu bersabar… Menghadapi istri saya yg mempunyai sifat egois. jika saya melarang istri pasti’x diabaikan trus. Saya udh tahu smua kebusukan istri saya. Selingkuhan’x dia tmn krja’x…dan sering bohong jika minjam uang ga prnh konfirm ke suami. Stlh ada yg nagih ke saya tentang utang istri. Saya pun ga tau prmasalahan’x.. krna ke dua belah pihak ga ad konfirmasi ke saya. Dan yg paling saya benci jika pinjam uang ke rentenir alasan’x slalu bw2 nama.saya/saya jd dibikin jelek nama’x. sampai saya prnh ribut SM rentenir dan dikatain anjing oleh rentenir itu. Dan prnh juga saya dibilang oleh rentenir yg lain. saya ga prnh kasih uang blanja ke istri. Sakit hati banget pas denger’x. Padahal setiap hari slalu saya kasih uang untuk blanja. Kira2 alasan itu cukup kuat ga untuk menggugat cerai istri saya. Bls

  8. Maaf pak. Saya mau bertanya berapa lama peroses pengadilan cerai sapa keluar akte cerainya??

  9. Apakah istri berzina itumasih mendapatkan biaya iddah dan apakah seoeang istri itu bisa menuntut biaya hidip sedangkan sufminya masih dalam proes mencari nafkah ( USAHANYA BELUM ADA YG MENGHASILKAN

    • Apakah sudah ada bukti jika istri berzinah?

    • Malem pak saya mw tnya apa bisah beercrai tnpa buku nikah n saya gk mberikn buku nikah k istri saya allasan krna saya ingin memperthkn perkhn saya alasan ke dua gak mw bercerai krn gmn nasib anak saya nanti cooalyya dr balita umur 2 bln anak saya aku bwh n saya juga yng merawat ya hingga sekarngg berumur 4 thn ini n istri saya sekalipun ngk mw mnjenguk y gmn mnrut anda coal mslh yg saya alami ini n gmn solusi y

  10. saya mau tanya.
    saat sidang pertama pihak suami tidak hadir .
    dan saat akan sidang ke 2 . pihak suami akan datang dan akan melawan saya d pengadilan .
    yg saya mau tanyakan .. bagaimana cara melawan suami saya d pengadilan ?? sedangkan suami saya tidak mau bercerai .
    dan mengancam akan menggagalkan perceraian??

    • di sidang kedua nanti akan ada agenda mediasi, yaitu upaya untuk mendamaikan kedua belah pihak.
      Yang akan memutuskan putusnya perkawinan nanti adalah hakim, yang didasarkan pada kronologis serta bukti bukti saat persidangan.

  11. Mau tanya, jika suami sudah tidak menafkahi lahir atwpun batin istrinya , apa boleh istrinya mengajukan cerai ?

  12. assallammuallaikum wr wb

    saya ingin bertanya bagaimana cara mengetahui surat talak itu bakal keluar atau sudah ada surat talak

  13. Mau tanya pak, Saya sudah pisah hampir 6 tahun.Tanpa nafkah lahir bathin. Anak umur 8 tahun dengan saya. Apakah bisa proses cerainya cepat ya..
    Terimakasih…

  14. Saya mau tanya…saya mau gugat suami krna gk nafkai lahir batin.ap prosesnya bisa cepat..trus ap perlu pkai saksi…ap saya perlu datang juga

  15. Jika pakai advokat utk pengurusan cerai.
    Apakah pemohon dan termohon harus hadir di PN juga?

  16. Salam hormat’izin bertanya: siapakah yg dimaksud dengan atasan PNS sebagai tergugat dalam hal yg bertanda tangan pada surat keterangan atas pemberitahuan adanya surat gugatan perceraian,apakah Kasi,Sekdin/kepala dinas apakah BKD/Bupati?trima kasih

  17. Mohon maaf, saya ingin bertanya. Dalam proses gugatan, apabila penggugat tidak hadir sampai 2x apakah namanya akan blacklist otomatis oleh instansi terkait kemudian sudah tidak bisa mengajukan gugatan lg sampai kapanpun?
    Dalam hal ini proses belum sampai ke pengadilan tp di KUA (meminta surat pengantar) tp oleh pihak KUA disarankan untuk mediasi terlebih dahulu. Terima kasih

  18. Salam hormat. Mau tanya kalau alasan gugat cerai saya ke suani karna dia sudah sering bersikap kasar bahkan pernah pukul saya dan hingga saat ini saya sering di ancam untuk pukul saya. Kami sering bertengkar jadi saya merasa suami saya tidak benar-benar mencintai saya dan saya merasa tidak bahagia dengan pernikahan kami. Usia pernikahan kami 7th 10bln dan hingga saat ini kami tidak mempunyai anak. Apakah dengan alasan2 di atas bisa diterima majelis hakim?
    Mohon penjelasannya.. Terima kasih.

  19. Bok/Ibu tim advocate yg terhormat. Mohon penjelasannya. Saya menggugat cerai isteri atas dasar peselingjuhan/zinah. Bukti yg saya miliki chat antara isteri dan selingkuhan nya yang berisi tentang persetubuhan merekamereka berikut pengakuan isteri yang saya rekam dg smartphone. Saya juga memperjuangkan hak asuh anak. Apakah bukti saya tersebut memadai utk memenangkan gugatan., terimakasih atas kesediaan Bapak/Ibu menjawab pertanyaan Saya

  20. penggugat (istri) minta cerai alasannya mengada-ada, terjadi cekcok hebat, padahal kehidupannya biasa-biasa saja, jarang cek-cok. di telisik istri punya Pria Idaman Lain (PIL). bagaimana supaya suami bisa mempertahankan biduk rumah tangganya.

  21. dan sekarang istri sudah mengajukan Gugatan Cerai. upaya atau Tip-tip apa supaya bahtera rumah tangga tetap rukun

  22. saya mau nanya saya mau menggugat suami saya karna kdrt (kena pukul)
    bagaimana kalau saya tidak hadir hanya advokatnya saja
    lalu apa saja syarat untuk menggugat suami

  23. hallo selamat malam , maaf menganggu ^^ saya ingin bertanya soal perceraian yang sudah berlangsung lama tetapi tidak kunjung selesai , itu alasannya apa ya bosku ?

    begini masalahnya , kedua pihak sudah setuju untuk melakukan pengajuan ke pengadilan , sementara pihak laki2 yang memberikan biaya , dan benar pihak perempuan sudah mengajukan , namun sudah 3 bulan berjalan ,, pihak wnaita mengatakan mereka memilih proses sidang 4 bulan dan akan putus dalam 1 x sidang
    Tiffany
    namun itu tidak benar , kami sudah menunggu hingga 4 bulan , pihak wanita tidak ada kabar sama sekali , bahkan surat panggilan juga tidak kunjung datang ini sudah bulan ke 7 hal ini tak ada ujungnya ,, malah si pihak wanita di kabarkan telah pergi ke luar negri untuk bekerja
    sudah bulan ke 7 1 surat panggilan dari pengadilan tidak kunjung datang juga ke pihak laki laki
    pihak wanitya terbang ke luar negri seakan ingin memperlambat dan menunda hal ini
    tolong solusinya

    sementara kami sudah ke pengadilan dan bertanya jelas sudah terdaftar
    tetapi mengapa hal ini tidak ada ujungnya 🙁
    kedua pihak memang tidak pernah hadir ..
    mohon bantuannya bosku

  24. Agar tergugat tidak datang apa bisa..

  25. Apa bisa perempuan menggugat cerai suami alasan nya suami tidak memenuhi tanggung jawab dan saya sudah merasa tidak cocok… Makasih

  26. Saya mau tanya, saya sudah ditalak 1 sma suami , dan masa saidahnya sudah berakhir, dan saya mau ngurus suratnya, kebetulan ktp blm dirubah masih status lajang dan saya jg blm bikin kk karna saya blm pny anak. Pertanyaan saya mengurus suratnya apakah harus dipengadilan agama atau hanya bisa diKUA. Terimakasih

  27. selamat siang, sy mau tanya jika keluarga istri mempersulit memberikan surat nikah asli, apakah bisa suami lapor kehilangan supaya bisa ambil duplikat di KUA ?
    syarat lapor nya apakah harus di polsek yg se daerah dengan KUA ?

  28. Salam.pk
    Sy mau nanya,bisa kh ajukan gugatan cerai suami,dipengadilan agama daerah lain????misalnya nikahnya disamarinda,nah penggugat dimakassar..terima kasih

  29. Mohon maaf, saya mau tanya, saya dapat undangan sidang 2 x, saya tidak datang. Yg mengantar surat sidang adalah juru sita. Pada saat ke rumah saya yang menemui suami siri saya. Apa saat sidang akan di permasalahkan juga oleh hakim keberadaan suami siri saya? Sedangkan di dalil-dalil permohonan pemohonan hanya mengenai hutang piutang bukan karena pihak ketiga

  30. Ass
    Pa saya mau nanya kmren saya masukan gugatan cerai kepada suami saya,nah sidang pertama mediasi trus nanti sidang lagi tgl 6 saya tetap bersikukuh ingin bercerai karna sering selisih paham kira2 bakal brp kali sidang lagi ya pa

  31. Asalamuakaikum. Mohon bantuannya..
    Saya ingin menggugat cerai suami saya . Alasanya karna kami sering cecok sudah tidak sepaham segala hal jadi jalan kami bertengkar dia seorang pemabuk juga. Tapi sampai saat ini saya dan anak saya masih di beri nafkah hanya saja tidak tinggal bersama. Apakah jika seperti itu saya bisa tetap mengajukan gugatan cerai terhadap suami saya. Saya sudah sering kali kecewa dengan sikapnya . Perselingkuhan”nya. Saya ingin mulai hdup baru sendiri dengan anak saya. Dan jika bisa alasan apa yang mungkin saya ajukan?? Mohon bantuannya

  32. Pak gimana klo istri menggugat,dgn alasan yg gak sesuai fakta,seperti sudah d mediasi oleh pihak kluarga tp g berhasil,padahal blm sama sekali
    Sy d bilang sudah ikrar talak lebih dari 5kali
    Padahal sekalipun blm pernah mengikrarkn talak,mohon penjelasanya,terimakasih

  33. Assalamualaikum warohmatuwlohi wabarakatu
    Maaf pa saya Mau bertanya apa kah bisa perceraian di wakilkan oleh pihak keluarga ayah atau kakak2 laki2 saya .sedangkan saya posisi bekerja di luar negri suami sudah lama tak kasih saya napkah lahir batin bahkan dia sudah menikah lagi dengan wanita lain Maknya saya pergi ke luar negri

  34. Suami saya berulangkali selingkuh saya mengetahui dr sms dan pernah orabg tua si cewek datang juga kerumah, akan tetapi suami saya tdk terus saja selingkuh dengan bergantingan pasangan, suatu hari saya membaca oesan di wa dr si cewek kemudian saya foto, aoa foto chattingan itu bisa digunakan sbg bukti perselingkuhan jika saya mengajukan cerai ?

  35. Selamat sore,
    Maaf menggangu saya ada permasalahan tentang perceraian saya baru menikah tapi antara saya dan suami saya selalu selisih paham dan prinsip jadi dalam rumah tangga kami tidak ada ketenangan jadi kami memutuskan untuk bercerai atas keinginan saya dan suami saya meng iyakan bagaimana caranya agar kami bisa cepat menyelesaikan percerian dengan cepat kami baru menikah belum ada 2 bulan pernikahan kami

  36. maaf pak mw tny klo misalkn istri sbg penggugat dn suami sbg tergugat dn pd wkt persidangan kami berdua hadir apa sidangnya berlarut2?

  37. pa mau tanya,
    kalau sudah ketuk palu dan sah cerai di pengadilan. berapa lama saya tunggu akte cerai nya??

  38. Dengan hormat.. Saya ingin mengajukan perceraian tp krn berhubung lokasinya jauh dr tempat tinggal istri dan istripun tidak mau diceraikan padahal saya sudah tidak nyaman karena sekian tahun selama 10 tahun hidup berumah tangga tidak serumah dan sudah dicoba untuk diajak tapi istri kuu lebih senang tinggal di rumah ibunya atau daerahnya.. Yang ingin saya tanyakan apakah bisa dalam hal ini diserahkan langsung k advokat tanpa dihadiri penggugat?.

  39. pemisi, saya mau bertanya soal cerai talak. dalam proses di Pengadilan Agama jika mengajukan percraian, letak talak satu dan talak dua pada sidang keberapa ya ? soalnya tidak ada keterangan talak satu atau dua, saya hanya menemukan ucapan ikrar talak di akhir saat tidak dapat di damaikan.

  40. Saya mau bercerai dengan suami saya tapi saya binggung karna alasan yang kurang tepat. Saya nikah dengan suami saya karna terpaksa karna saya telah meminta uang 10 juta lebih sebelum menikah dan saya pinjamkan ke tante saya. Setelah beberapa bulan saya mnta uang nya di kembalikan tpi tante saya bilang gk ada utang sama sekali. Akhir nya saya terpaksa menikah dengan dia karna tidak bisa mengembalikan uang tersebut. Saya udah capek berbohong seperti inii.. Saya binggung apa yg harus saya lakukan…

  41. Sya mau tanya klo cerai nikah ya di salatiga dn skrg domisilin istri ikut suami di kota cerbo apa bisa pngajuan gugt/pngadilan cerbon mas….

  42. Berapa kira kira biaya yang dikeluarkan bagi penggugat untuk sewa advokat dalam proses perceraian biasanya ?

  43. Klau istri yg berselingkuh Dan Dia Pulaski yg pergi tinggalin saya suamix Dia lbh milih tnggal Di rmh orng tuax apkah kta msh wajib kita biayain n ap kah kta bs mnta hak asuh atas Anak2 sy sepenuhx???
    Terimakasih. Wassallam.

  44. Selamat pagi tim advokatkita, saya sudah ditinggal suami hampir 3 tahun, selama berumah tangga hanya diwarnai pertengkaran, beberapa bulan yg lalu dia mengirim surat talaq lewat email, tetapi isi surat talaqnya hanya ditanda tangani tanpa bermaterai, saya tidak tahu keberadaan dia. Kalau saya mau mengajukan gugatan cerai resmi ke pengadilan agama, proses yang paling cepat gimana ya? Dia wna, mohon penjelasannya. Terima kasih

  45. Assalamualaikum pak mau tanya kalau suami yg ajukan dengan alasan istri selingkuh,tdk plng krmh,trs alasan itu tdk diterima sama istri,karena yg selingkuh suami,istri bawah bukti2 .sedangkan yg salah suami dan bawah pengacara,apakah istri bisa meminta haknya,jg hak asuh anak gt terimakasih pak assalamualaikum

  46. Assalamualaikum pak mau tanya kalau suami yg ajukan dengan alasan istri selingkuh,tdk plng krmh,trs alasan itu tdk diterima sama istri,karena yg selingkuh suami,istri bawah bukti2 .sedangkan yg salah suami dan bawah pengacara,apakah istri bisa meminta haknya,jg hak asuh anak gt terimakasih pak assalamualaikum

  47. Maaf mau nanya..dalam sidang perceraian haruskah ada saksi…klo tidak ada saksi bagaimana ???bisa di putuskan atau tidak

  48. Saya mengajukan gugatan cerai… Gimana cara cepat tuk dapat keputusan… Istri saya selingkuh… Saya kerja sopir… Apakah bisa cepat prosesnya… Gimana cra cepat proses perceraian tersebut…

  49. Jika tergugat sdh tdk pernah hadir sejak sidang kedua atau stlh mediasi, apakah sdh pasti di verstek? dan apakah putusan verstek akan selalu memenangkan pihak penggugat? mohon bantuannya. terimakasih 🙂

  50. Saya mau tanya,
    Saya dibilang baru menikah, saya mendapati istri saya tidak perawan lagi pada saat mlm prtama. Jd saya meninggalkan istri saya, jd apa alasan saya yg pas untuk bisa diterima hakim . Mohon pencerahnya

  51. Pak saya sudah,lama menikah dalam pernikahan di awal2 suami saya ketahuan selingkuh dan pas saya hamil dia malah ber zinah dan menelatar saya sama anak saya dia lupa malah sama selingkuhan nya setelah anak saya besar pun masih sampe belum sadar2 punya anak yg ke 2 ini sekarang malah ngk jujur dalam ke uangan nya ngasih semau nya saya mau gugat cerai pak karna selalu ribut trus selama 12 tahun ini

  52. saya menggugat cerai suami saya,,,,karena kami selalu terjadi perselisihan dan pertengkaran,saya sudah tidak tahan hidup dengan dia,dia meminta saya yang mengurus semuanya,hampir setahun pisah rumah dan tidak dinafkahi lahir maupun batin,dari PA meminta Akte anak,tp ditahan sama suami,dan di persidangan yang pertama dia mau hadir dan mau mengacaukan semuanya/mempersulit,dia mau mengatakan bahwa gugatan saya tidak ada yang benar,kira2 langkah bagaemana yang harus saya lakukan agar jaksa tetap mengabulkan permohonan saya,terimakasih

  53. Mau tanya.. Jika suami dipenjara 15 thn.. Sdh berjalan hmpir 5 thn.. Apakah boleh mengajukan perceraian? Spy proses tdk berbelit2..krn sata yg mencari nafkah skr.. Apakah bisa cepat putusan turun.. Saya tdk mampu byr pengacara? Posis suami di sel kalimantan dan saya dijkt…harus mengajukan gugatan dimana? Trus kmi punya rmh atas n as ma berdua..bagaimana dgn rmh tsbt?

  54. Jika suami terbukti selingkuh dan saya tidak mau melanjutkan pernikahan kami,berarti kalo mau cepat pakai jasa advokat ya?

  55. Selamat pagi, saya ingin bertanya apakah saya bisa membuat surat cerai tanpa di hadiri pihak yg tergugat. Karena kami sudah lama berpisah surat cerai belum kami urus

  56. Asalamualaikum wr wb saya mau tanya pak untuk menggugat sebaiknya ke KUA atau pengadilan agama?

  57. Yth Bpk/ibu Advokat kita…sya ingin mengurus surat cerai,prosedur dan syarat2nya apa saja.kronologisnya pd thn 2013 sya menjatuhkan talak cerai kpda istri,seminggu kemudian si istri pergi diam2 tnpa kabar hingga thn 2018 meninggalkan sya dan anak yg pd saat itu berumur 1thn 6 bln….tnpa komiunikasi,tnpa kbr,tnpa ada pebicaraan antara pihak klrga istri. baru2 ini dpt kbr dr medsos bhwa istri sdh menikah sirih,yg saya pertanyakan apakah hakim akan memutuskan cerai dan apakah hak asuh anak akan tetap ke saya ( suami ) krna sejak istri pergi sya yg merawat anak. dan apakah proses percerai lsg terkabulkan..krna saya baru skrg bs urus surat perceraian utk kepentingan ke depaanya sang anak.terima kasih atas waktunya.

  58. Saya mau tanya saya inging menggugat suami sya persyaratannya apa saja ya

  59. Selamat siang pak,
    Saya mau tanya untuk proses perceraian yg sudah disetujui kedua belah pihak [22nya sudah sepakat untuk bercerai] bagaimana prosesnya
    Terima kasih

  60. Saya ingin nanya saya kan mau ceraikan istri tp istri saya di sleman jogja dan saya d magelang ,,apa saya bisa ngurus di magelang????

  61. Assalamuaikum..
    Saya mau bertanya.kemaren saya dapat surat pemberitahuan putusan.itu maksutnya apa..kalau tidak hadir bagaimana..dan sidang ke 1 ke 2 tidak hadir..apakah udah selsai ..tinggal tunggu surat panggilan untuk pengambilan surat cerai..kita sudah sepakat untuk cerai.dari pihak saya gak hadir.yang mengajukan pihak suami.apakah ini termasuk sudah selsai..terima kasih

  62. Mohon solusi pak, saya ingin mengajukan cerai tetapi di kota kami tidak Ada pengadilan Agama .Menurut bapak langkah apa yg harus saya ambil,

  63. Jalan kapuk muara RT 005/004. Jakarta Utara, penjaringan (sebelah bengkel muara motor)

  64. Saya mau tanya, saya dan anak saya sudah tdk dinafkahi selama 1 tahun oleh suami saya, padahal suami saya mampu. Lalu saya mendesak dia untuk mengurus cerai ke pengadilan, tapi dia takut saya minta hak uang masa Iddah dan hak nafkah yang layak untuk anaknya sendiri. Sekarang dia mau ngurus cerai tapi menggunakan (calo), pertanyaan saya pak, apakah jika suami saya mengurus menggunakan CALO saya tdk bisa mengambil hak uang masa Iddah saya, dan tdk bisa menuntut nafkah yang layak untuk anak saya? Dan apabila suami saya mengurus perceraian dengan cara yang instan, saya tdk akan dipanggil oleh pihak pengadilan untuk datang ke sidang tersebut? Dan bisakah suami saya menggugat saya tanpa sepengetahuan dan tanda tangan saya? Tolong bantu jawab, saya butuh bantuan agar bisa memperjuangkan hak nafkah dari suami saya untuk anak saya agar mendapatkan nafkah yang layak. Terimakasih.

  65. Saya mau tanya pak , saya digugat cerai oleh suami karna alasan kesalahan yg saya lakukan di 2 tahun laku sedangkan suami saya telah berselingkuh selama 1 tahun belakangan ini . Saya pernah buat perjanjian diatas materai jika dia berselingkuh lagi kita akan bercerai dan dia hrs menyerahkan sejumlah nominal uang utk kebutuhan anak2 . Nah apakah kalau dia yg mengajukan gugatan cerai , saya bisa menggugat balik dan apa yg ada disurat perjanjian tsb bisa terkabul ?

  66. Reka Kurnia safitri

    Assalamualaikum wr WB.maaf pak saya mau bertanya ,kalau suami sudah bilang (mulai sekarang kita udah gak ada hubungan lagi ) apa itu id termasuk dia mentalak saya.? Tapi dia gak mau mengurus surat-surat kami.apa yg harus saya lakukan.? Terima kasih.

  67. Apa kah jika pihak suami yg menggugat..tp Dy TDK hadir bsa selesai persidangan na

  68. .kalau memakai jasa pengacara itu sampai berapa kisaran ya ? Karna saya ingin mengajukan perceraian dengan bantuan pengacara

  69. Isteri mengajukan gugatan cerai kpd suami yg kt nya berselingkuh dan berzinah kejadiannya sdh 5 tahun yang lalu,krn si isteri sdh punya pacar dan akan menikah saat ini…bagaimana dengan gugatan tersebut?

  70. Mengapa akta cerai lama rampungnya hrs nunggu 3 bulanan emang susah yah bikin akta pdhl sdh ketuk palu 2 bln yg lalu …

  71. Selamat sore Bapak ..mohon info sy telah menikah dgn WNA prancis dan menikah di indonesia dan pernikahan kami jg telah di daftarkan ke negara prancis yg sy mau tanyakan apakah bisa suami sy yg mendaftarkan perceraian d negara prancis sedangkan waktu menikah dulu d kantor KUA dan apabila nanti sy telah mendapatkan akta cerai dr prancis apakah itu sah secara hukum indonesia ..trima kasih

  72. jl jatinegara timur no 92 depan holland bakery

  73. apabila ada orangtua yang ikut campur dan tidak membolehkan saya bertemu untuk menyelesaikan masalah ini bagaimana pak ? saya mau pertahankan

  74. Saya ingin tanya ,
    Adik ipar saya (cewe) ingin bercerai sama suaminya, karna sudah lama pisah ranjang dan gk pernah di nafkahin, permasalahan Pisah ranjang karna cekcok, dan sekarang adik ipar saya nikah sirih sama lelaki dan udah punya anak, yang ingin saya tanyakan, Bagaimana cara menceraikan suami ipar saya, yg gk mau bercerai, sedangkan nasib si anak (sirih) perlu identitas jelas( membuat akte) terhalang karna masih terganjal sama suami yg dulu (gk mau cerai) ??

  75. Ass,, sy mau bertanya pak/ ibu.. Sy mau mneggugat istri sy.. Sementara domisili kmi nikah dlu di kota batam.. Dan skrng istri sy tinggal di kota pangkal pinang. Tpi ktp nya msih domisi batam..dan sy jg skrng kerja di pangkal pinang.tpi ktp sy domisili kota batam, ke pengadilan mana sy harus ajukan gugatan cerai.. Ke pengadilan kota batam. Apa ke pengadilan pangkal pinang. Babel… Trimkasih

  76. Maaf sya mau tanya…jika saya sudah merasa tidak nyaman dgn suami sya krna dia tidak bisa memenuhi nafkah batin..dan juga sering terjadi cek cok…apakah sya bisa mengajukan gugat cerai di pengadilan?

  77. selamat mlm saya mau bertanya
    saya sdh berpisah secara agama dgn mantan suami selama 5thn dan mendapatkan surat keterangan cerai dari rt setempat
    sekarang saya ingin mengajukan gugatan secara sah apakah akan mudah proses nya bagi saya y
    alasan apa yg sebaik nya saya ajukan

  78. Selmat mlm… sya.Mau menceraikan istri yg sudah selingkuh..dan sya dh hidup masing2..selama 3 thun lebih…. ttpi sya tidak punya surat nikah dan dokumen lainya…bgaimana prossnya agar sya bisa bercerai ma istri sya…..dan di mna sya harus mendaftarkanya…trimaksih…

  79. Mohon petujuk sy istri sdh 4 bulan lebih pisang rancang dgn suami kami bertahan krna anak apakah sy sdh bisa mngajukan gugatan cerai. Mohin petuntuk

  80. Selamat sore…saya mau tanya suami sya mau menceraikan sya krna msalah kecil..dan mau menngajukan percereian…kta ny dg byar pengacara proses ny bisa cepat..sedang kan msalah hnya krna sy di bilang tidak menghargai suami sya..
    Mohon info ny apa ini bisa untuk d jadika alasan d perceraian…sedangkan sya g mau cerei..
    Terimakasih

  81. Saya ingin mengajukan gugatan cerai kepada suami krn dia selingkuh dan menikah lagi (secara agama dan negara) di Indramayu tanpa sepengetahuan saya. kemudian saya minta ditalak dan suami kemudian men talak saya melalui chat WA. Saya dan suami memiliki alamat yg sama di KTP kami (surabaya). Yg ingin saya tanyakan, ke alamat mana saya harus mengirimkan surat gugatan cerai pd suami mengingat dia jarang sekali pulang? Apakah bs ke alamat asal suami (madiun)? Terima kasih sebelumnya.

  82. Selamat pagi advokat kita.. saya mau nanya kalo sdh memasukkan berkas cerai tp sdh lebih 1 th belum ada panggilan dr pengadilan apa yg harus dilakukan? Padahal sdh sering di datangi pengadilannya sering hmpir setiap bulan bisa sampe 2-3 kali. Jawabannya antrian panjang. Benarkah demikian. Sedang Mnrt pasal yg saya baca di PP no 9 th 1975 ada disitu tertera pemeriksaan berkas gugat cerai oleh hakim selambat2nya 30hr stlh di masukkan berkas. Terimakasih

  83. Assalaamualaikum. Mohon penjelasan pak. Suami saya selingkuh sdh 4 th yg lalu. Saat itu Sy meminta dia untuk ceraikn sy tapi dia tidak mau. Kemudian dia sakit. Saya kasian untuk menggugat cerai. Saya maafkn dan terima dia kembali. Tapi kejadian perselingkuhan nya terus teringat oleh saya sehingga kami sering ribut sampai sekarang. Dgn kejadian itu apa alasan saya untuk menggungat cerai suami dgn alasan zina di terima karena kejadiannya sydah lama

  84. sya mau menggugat istri sya krena sya sudah tdak sanggup dengan sifat nya yg overoprotektif terhadap sya..kerana sifat nya itu kami selalu ribut dan bertengkar yg akhir nya timbul KDRT..yg sya tanyakan apakah bisa sya menggugatnya…

  85. Saya ingin mengajukan cerai kpd suami saya dgn pasal 116 kompilasi hukum islan jo pasal 19 PP no.9 th 1975, setelah mengajukan bukti dan saksi apakah dapat diputus pada sidang pertama…. trima kasih

  86. Saya digugat cerai istri saya dikarenakan sudah tidak bisa mempertahankan rumah tangga kami, kami menginginkan agar cepat selesai proses cerainya langkah apa saja yang harus saya lakukan ?

  87. ada permasalahan sebelum nikah kira2 H-3 hari pernikahan. sempat ingin membatalkan tp ada peetimbangan klrga besar. sampai akhirnya suami berjanji “max 1 thn pernikahan sy akan lepaskan km” skrg sy proses menagih janjinya agar dia yg memberi talak… tp sepertinya dia berbohong n mengelak. ini bisa dimasukkan tidak pak advokat kedalam point2 yg sudah disebutkan ? nantinya pada akhirnya jika sy yg harus buat gugatan cerai “bagaimana laporan yg tepat sy sebutkan dg gambaran kejadian ini” pak advokat ??
    mohon bantuannya. terimakasih

  88. met siang ijin bertanya saya digugat cerai dgn istri
    1.dalil permasalahan dunia/ ekonomi kurang terpenuhi dgn full
    2.dalil sifat egois saya yg g buat nyaman istri
    yang saya mau tanyakan kata 2 apa yg tepat tuk bela perkataan dalil ini sedangkan saya nikah aja baru 2 thn apa y suami langsung sempurna dengan keinginana istri
    saya dipanggil persidangan ini tgl 30 mei 2018 mohon minta pencerahaan y

  89. Assalamualaikum pak saya mau tanya nih saya sebagai suami di tingal kabur istri dan anak juga di tingal sudah hampir 17 tahun gak ada kabr tu proses cerainya gimana pak. Wassalam

  90. Mohon penjelasan nya, saya ingin menggugat cerai suami saya krn sdh berzinah. Kl hny dgn pengakuan dr suami saja apakah bs dikabulkan permohonan cerai nya??

  91. Permisi sya ingin bertanya sya ingin melapor kan bwa sya akan bwa istri ke pengadilan karna sya tidak ada kecocokan kan lagi dalem rmh tangga lagi apa dengan proses ini cepat pertanyaaan sya adalah kira2 buat ngurus surat cerai habis brpa pak terima kasih

  92. Saya nikah di kota kelahiran saya,, ap saya bisa mengajukan urus surat cerai dijakarta,, sekarang saya tinggal dijakarta, ktp kk sudah alamat Jakarta. Tolong bantuannya. Trimakasih

  93. jika dikatakan setelah tergugat dipanggil tapi tetap tidak hadir kemudian hakim memutus verstek, apakah sama artinya dengan saksi tidak wajib ada/hadir dalam persidangan perceraian verstek, begitu? terima kasih.

  94. Kalo untuk nasrani saya ingin mengajukan cerai ama suami saya kalo pakai jasa pengacara.. Kira2 brapa ya

  95. Berapa harga pengacara untuk ngurus sidang perceraian.. Untuk nasrani bagaimana prosesnya

  96. Pak, sidang karena perselingkuhan atau kdrt yg lebih cepat diputuskan hakim ?

  97. pak,saya ingin menggugat cerai suami saya,dengan alasan 1.3 bulan pernikahan kita sudah pernah pisah rumah selama 7bulan,sama sekali suami tidak memperdulikan istri,2.kebutuhan ekonomi yang selalu dibebankan kepada istri sementara dia kerja (tp gaji hanya untuk membayar hutang2nya),3. sering terjadi pertengkaran yg membuat saya tidak tahan dengan ulah suami seperti (mengadaikan barang2 istri dan berhutang setiap tidak ada uang),4.tidak pernah mencukupi kebutuhan rumah tangga,kira2 dengan pengajuan ini apa bisa disetujuin dan di peroses dengan cepat

  98. Saya mau tanya. Proses cerai dengan alasan perselingkuhan atau kdrt yg lebih cepat diputuskan hakim? Terima kasih

  99. erna rahmawati

    selamat siang,
    saya dulu sempat mengajukan perceraian ke pngadilan dan hanya ada surat dr pengadilan dan sidang pertama suami datang dan istri gak dateng. sidang ke dua si istri datang. dan sampai sekarang akte cerai belum keluar karna sidang tertunda sampai sekarang. dan dr pihak suami mau mengajukan cerai lagi dan suami punya buku nikahnya. mohon penjelasannya pak

  100. Saya sudah menikah dgn istri 6 tahun. Alasan pertama saya menikah dengan nya karena hamil duluan. 2 tahun setelah menikah saya tinggal di kota yg berbeda dgn istri. Saya menjalani pernikahan tsb dgn setengah hati, dan jg tidak pernah benar2 setia dgn istri. Saya sudah lama ingin mengajukan permohonan cerai tapi berat pertimbangan karena keluarga sayapun tidak mengizinkan. Diterimakah permohonan cerai saya dgn alasan tidak cinta?

  101. selamat sore pak…saya punya keponakan perempuan mau gugat cerai suaminya yang mana dia tidak mampu melayani nafkah batin, sedang suaminya mengancam apabila istri minta cerai, apakah bisa permohonan d limpahkan ke advokat dan penggugat tidak hadir dalam pesidangan karena demi keselamatan dari ancaman suaminya tsb terimakasih

  102. Apakah ada biaya yg di keluarkan jika mengajukan perceraian???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *