CARA MENDAPATKAN LAYANAN BANTUAN HUKUM GRATIS

CARA MENDAPATKAN LAYANAN BANTUAN HUKUM GRATIS

Banyak sekali yang bertanya kepada tim dari advokatkita.com mengenai Bagaimana cara mendapatkan layanan bantuan hukum gratis, terkhusus dari organisasi bantuan hukum? Berdasarkan Undang-undang RI Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum disana disebutkan secara tegas bahwa, Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang sedang menghadapi masalah hukum.

 

Lalu, ada yang bertanya lagi, “yang dikategorikan sebagai orang miskin itu yang seperti apa?” berikut adalah kategori orang atau kelompok orang miskin yang sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 16 Tahun 2011 Pasal 5  Tentang Bantuan Hukum:

  • Penerima Bantuan Hukum sebagaimana dimaksud meliputi setiap orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri.
  • Hak dasar sebagaimana dimaksud adalah hak atas pangan, sandang, layanan kesehatan, layanan pendidikan, pekerjaan dan berusaha, dan/atau perumahan.

 

Jadi dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan orang atau kelompok orang miskin adalah orang atau kelompok orang yang tidak dapat memenuhi hak dasarnya secara layak dan mandiri. Hak dasar ini meliputi hak atas pangan, sandang, layanan kesehatan, layanan pendidikan, pekerjaan dan berusaha, dan/atau perumahan. Orang atau kelompok orang miskin juga dapat diartikan sebagai orang atau kelompok orang yang secara ekonomis tidak mampu atau memiliki kriteria “miskin” sebagaimana yang telah ditentukan dalam Pasal 5 Undang-undang RI Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum.

 

Lalu, bagaimana syarat dan tata cara pemberian Bantuan Hukum tersebut? Untuk mendapatkan layanan bantuan hukum pemohon harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Pemohon harus mengajukan permohonan secara tertulis yang berisi mengenai identitas pemohon serta uraian singkat mengenai pokok persoalan yang akan dimohonkan bantuan hukum.
  2. Pemohon menyerahkan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan perkara. Baca juga: SYARAT-SYARAT MENGAJUKAN ITSBAT NIKAH
  3. Pemohon melampirkan surat keterangan miskin dari pejabat setempat, seperti lurah atau pejabat desa lainnya.
  4. Jika Pemohon bantuan hukum tidak mampu mengajukan permohonan secara tertulis,maka permohonan dapat diajukan juga secara lisan.

 

Pemberi Bantuan Hukum adalah lembaga bantuan hukum atau organisasi kemasyarakatan yang memberi layanan Bantuan Hukum berdasarkan Undang-Undang ini. Syarat untuk memberikan bantuan hukum berdasarkan undang-undang tersebut meliputi :

  1. berbadan hukum
  2. terakreditasi berdasarkan undang-undang ini
  3. memiliki kantor atau sekertariat yang tetap
  4. memiliki pengurus, dan
  5. memiliki program bantuan hukum.

 

Demikian informasi dari kami.

Salam hangat advokatkita.com

 

AdvokatKita

Kini hadir di tengah-tengah anda untuk membantu memberikan Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kami siap membantu anda menyelesaikan permasalah hukum anda seperti Masalah Perceraian, Hak-hak Bekas Istri, Nafkah, Hak Asuh Anak, Pembagian Harta Gono Gini, Waris, Izin Poligami, Itsbat Nikah, Dispensasi Nikah, Pembatalan Nikah, Wali Adhol, Sengketa Wakaf, Wasiat, Hibah, Sengketa Ekonomi Syariah dll.

This Post Has 7 Comments

  1. selamat malam, saya mau bantuan hukum istri saya yang di phk sepihak oleh perusahaan t4 bekerja, padahal sudah karyawan tetap tetapi disuruh dan diminta atasan menanda tangani surat pengunduran dirinya. Sehari sebelumnya baru menandatangani surat mutasi kerja dari finance ke hrd. Menurut saya istri saya di hipnotis ( phk sepihak ) oleh seorang atasannya yg mebawahi langsung istri secara jabatan. Mohon untuk bantuannya , karena kami tidak mampu membayar pengacara. Kami sudah membuat laporan dan pengaduan ke disnaker secara resmi tp belum ada jawaban. mohon bantuanya. terimakasih

    Salam
    081315750720

  2. Jika sy memgalami musibah tertipu hampir 144jt apakah LBH bs membantu saya? Sy sdh cb lapor polisi tp blm ada perkembangan sama sekali
    Mohon responnya

  3. Selamat sore rekan Advokatkita perkenalkan nama saya Lely. Saya menikah sudah 4tahun saya dikaruniai 1 anak laki². Tp masalh muncul di awal pernikahan dan mulai saat saya berusaha sabar kasih kesempatan. Tp sampe saat semakin seenaknya sendiri. Bisa bantu saya gak??? Saya mohon banget untuk dibantu…

  4. Selamat malam ,saya murni…apakah bisa minta bantuannya untuk mengesahkan pernikahan siri saya untuk mendapatkan akte kelahiran anak ? Termakasih

  5. Saya Jainudin saya mempunyai adik kandung seorang laki laki usia 25 tahun bekerja sdh 5 tahun sdh karyawan Tetap sepanjang perjalan dia bekerja adik saya di mamfaatkan oleh atasan untuk minta uang secara langsung dan pemberiaannya secara transfer dan diketahui oleh perusahaan Adik saya disuruh oleh perusahaa mengembalikan uang yg dipakai oleh Atasan Adik saya dan Adik saya yg dipakai,Uang tersebut sdh dipulangkan senilai 166 Jt akan tetapi proses masih berlangsung Adik saya dirumahkan tdk bekerja tidak di Gaji dan tidak ada surat Phk sedangkan motor Orang tua saya yang baru dipakai saat kejadian di Ambil sebagai Jaminan uang yg belum dikembalikan pada waktu itu senilai 166 jt ketika uang itu dikembalikan dengan cari dari mana saja sehingga terkumpul 166 jt dan diserahkan uang itu tetap motor tdk bisa diAmbil sedangkan motor tetsebut dipergunakan untuk mencari nafkah untuk membiayai pengobatan ibu yg sakit sakitan dimana saya harus mendapatkan ke Adilan sedangkan kalau sy menanyakan selalu jawaban tidak ada kepastian jawabannya nanti proses Audit sedang berlangsung sekarang sdh berjalan 4 bulan sedangkan motor tersebut untuk alat transfortasi ,pernah dari pihak dari manajemen menawarkan dengan Tukar Bpkb dimana harus menandatsngani Surat kuasa Menjual yg dimana surat itu tdk disetujui Oleh Ayah saya karena motor itu harta terakhir yg di punyai Ayah saya Demikianlah Saya membuat tulisan ini apabila ada bantuan hukum yg bisa membela keadaan keluarga saya dimana Rumah yg sdh terjual untuk mengganti uang yg sudah dipulangi dari nilai 166 jt jg keadaan motor yg tdk bisa dianbil sedangkan perjanjian motor tersebut bisa keluar apabila sudah dapat memulangkan uang senilai 166 jt apakah sy dapat bantuan hukum untuk Adik saya yg secara kepolosan dia yg dimamfaatkan oleh Atasannya telah merusak kehidupan dikeluarga kami…..Apakah orang yg dipecat tidak hormat yg telah mengelapkan uang perusahaan dipecat tdk dapat surat Phk walaupun uang tersebut sdh dibalikin atau dikembalikan apabila bisa atau dapat membantu kami mengenai konsultasi hukum kami menunggu jawaban untuk dapat dibantu agar kami bisa mendapkan hak kami ,Demikian apa yg kami tulis ini semoga dapat pembelaan agar kami tdk dapat disemena menakan oleh perusahaan MNC GROUP terimakasih.

  6. Selamat malam Advokat kita…
    Saya telah mengunjungi halaman situs Advokat kita untuk mencari bahan-bahan untuk mengajukan bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu.
    Hal ini kami sedang menghadapi masalah hukum ke depan dalam kasus penggelapan, pemalsuan surat terhadapbarang tidak bergerak (Tanah). Menggingat kuatnya dugaan pperbuatan ini dengan motif pemufakatan jahat Oleh oknum” kecamatan /PPAT, BPN dan induvidu (mengaku sebagai pembeli) sedangkan sebagai pihak penjuan orang tua kami (Almarhum).
    Berdasarkan Data, Fakta, Bukti” yg ada serta alibi kejadianya tidak benar jika orang tua kami benar-benar telah menjual tanahnya kepada siapapun.
    Demikian singkat cerita yang dapat kami sampaikan dulu, Terima kasih.

    Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menyertai kita selalu dalam mencari Kebenaran dan Keadilan. Wassalam…

    Hormat kami,

    DAYANUDDIN.S
    Penerima wasiat dan Kuasa Ahli Waris Almarhum

    Alamat : Kompleks Perumahan Unhalu Blok C No.06, Lahundape Kendari Barat, Kota Kendari.
    Propensi Sulawesi Tenggara 93121

Leave a Reply

Close Menu